Spesifikasi & Desain ASUS Zenfone 9 Bocor, Bakal Segera Hadir Resmi?

Jakarta, Gizmologi – Setiap tahunnya, ASUS biasa meluncurkan dua seri smartphone premium untuk menyasar dua segmen berbeda. Tentunya seri ROG Phone dibuat khusus para gamer. Sementara untuk seri Zenfone lebih general. Kalau Zenfone 8 punya desain kompak, Zenfone 9 nampaknya bakal mengikuti jejak yang sama.

Tak seperti smartphone lain seperti Samsung dan Apple yang rumornya muncul sedikit demi sedikit, informasi terkait ASUS Zenfone 9 muncul secara penuh. Pasalnya, sebuah video yang dipercaya merupakan video iklan resmi dari ASUS, bocor di internet. Yang membuat para penontonnya bisa mengetahui sejumlah keunggulan utamanya.

Di Indonesia sendiri, kehadiran ASUS Zenfone 8 bisa dibilang cukup terlambat dibandingkan negara lainnya. Meski begitu, smartphone Android ASUS tersebut masih dapat menarik perhatian masyarakat Tanah Air. Pasalnya, tak semua smartphone flagship bisa hadir dalam bodi yang sangat kompak. Dengan chipset kencang plus harga yang juga terjangkau.

Baca juga: Bawa Spek Dewa, ASUS ROG Phone 6 dan 6 Pro Resmi Dirilis

Zenfone 9 Bakal Gunakan Snapdragon 8+ Gen 1

Sebuah situs berita TechGoing mengunggah sebuah video yang terlihat seperti video materi promo resmi atau iklan dari ASUS Zenfone 9. Pembukaan video tersebut secara langsung menyebutkan penggunaan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Bisa dimengerti bila kehadiran Zenfone 9 agak mundur, bila memang ingin menantikan cip yang lebih efisien daya satu ini.

Spesifikasi lain yang bisa ditemukan adalah kapasitas baterai Zenfone 9 yang mencapai 4,300 mAh, yang dilapisi oleh sejumlah sistem pendingin berbasis hardware. ASUS sendiri tak sebutkan kecepatan pengisian daya dalam video tersebut. Sementara di sektor kamera, bakal ada dua sensor pada bodi belakang. Di mana sensor utama kamera Zenfone 9 adopsi Sony IMX766 yang dipasangkan dengan stabilisasi gimbal OIS.

ASUS juga menyebutkan bila setup dua kamera belakangnya bakal meningkat jauh secara kualitas—sebuah klaim yang baru dapat kita buktikan bersama ketika produk sudah diluncurkan resmi. Pada tahap ini, barulah terlihat desain ASUS Zenfone 9 yang dibuat sepenuhnya baru, lebih “menyala” dari sebelumnya.

Didukung dengan Sejumlah Aksesori Menarik

ASUS Zenfone 9

Secara desain, bodi belakangnya dilengkapi sejumlah aksen teks khusus di sekitar kamera, dan modul kamera Zenfone 9 dibuat menonjol sangat besar dengan ring berwarna silver. Yang baru adalah hadirnya tombol Bernama ZenTouch, sederhananya mirip seperti tombol power yang berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari.

Bedanya, tombol ini memiliki fungsi swipe untuk menggulirkan tampilan aplikasi layar ke atas maupun bawah, sebagai alternatif cara navigasi. Dimensi layar Zenfone 9 sendiri masih tetap kompak di 5,9 inci, gunakan panel AMOLED Samsung dengan refresh rate 120Hz.

ASUS Zenfone 9

Menariknya lagi, ASUS siapkan sejumlah aksesori tambahan seperti backpack mount, serta case tambahan yang bisa dipasangkan dengan sejumlah aksesori seperti card holder, layaknya MagSafe versi ASUS. Dan tentu saja, jack audio 3,5mm masih bakal tetap hadir.

Hadir dalam empat warna berbeda, ASUS Zenfone 9 juga akhirnya mengantongi sertifikasi IP68 tahan debu dan air. Kalau sudah begini, artinya hanya perlu menanti kehadiran resminya saja, dan tentu harga jualnya di pasaran, termasuk di Indonesia.

Baca Juga :  Inilah Tiga Fitur Multitasking Baru Galaxy Z Fold4 5G, Produktivitas Makin Meningkat!