Sony Xperia 5 IV Diresmikan, Bawa Kamera Depan 4K HDR & Baterai Lebih Besar

Eropa, Gizmologi – Meski varian smartphone yang dihadirkan tiap tahunnya tak banyak, tidak sedikit pula para peminat teknologi terutama smartphone kamera yang menantikan seri Xperia terbaru. Menuju akhir tahun 2022, Sony Xperia 5 IV diresmikan sebagai opsi yang lebih kompak.

Meski dari tampilan luar tidak jauh berbeda, ada cukup banyak peningkatan yang diberikan oleh Sony terhadap smartphone kompak premium terbarunya satu ini. Ketersediaan smartphone layar kompak juga kian sedikit saat ini—selain ASUS Zenfone 9, iPhone tak lagi hadirkan opsi layar mini lewat iPhone 14 Series nantinya. Justru digantikan opsi lebih premium.

Meski terlihat mirip, secara desain Sony Xperia 5 IV dirancang lebih ramping dan lebih pendek masing-masing 1mm, namun lebih berat 4 gram. Dengan alasan yang masih bisa dimengerti, karena kapasitas baterainya signifikan lebih besar. Ditambah dengan sensor kamera yang semakin powerful, plus proteksi Gorilla Glass Victus baik pada kaca depan maupun belakang.

Baca juga: Bos Sony: 2024 Kamera Smartphone Akan Lebih Unggul dari SLR

Punya Empat Kamera 12MP dengan OIS Ganda

Sony Xperia 5 IV

Sony Xperia 5 IV memiliki layar yang cukup kompak yakni 6,1 inci, bakal terasa sangat ramping di tangan berkat rasio layar 21:9. Panel yang digunakan berjenis HDR OLED, dan diklaim 50% lebih cerah dari generasi sebelumnya, sehingga aman untuk penggunaan luar ruangan. Bagian atas dan bawah masih memiliki bezel yang sedikit tebal.

Sony tetap menggunakan setup speaker stereo di bagian depan perangkat, dengan desain yang diperbarui agar bisa berikan output lebih jernih termasuk pada frekuensi rendah. Sensor kamera depan yang umumnya jadi kelemahan Xperia, juga diperbaiki. Di mana Sony Xperia 5 IV mengusung sensor 12MP dengan dimensi fisik lebih besar.

Baca Juga :  Inilah Fitur-Fitur Baru iOS 16, Kompatibel Untuk iPhone 8 ke Atas
Sony Xperia 5 IV

Kamera depan Sony Xperia 5 IV bisa rekam video hingga resolusi 4K HDR, sementara setup kamera belakang lebih bertenaga lagi. Masing-masing memiliki resolusi 12MP dan dukungan Real-Time autofocus tracking baik sensor ultra-wide, wide dan telephoto 60mm-nya. Khusus dua sensor terakhir, juga sudah didukung oleh OIS alias stabilisasi berbasis hardware.

Harga Sony Xperia 5 IV Setara iPhone 13 Pro

Sony Xperia 5 IV

Tak menggunakan chipset paling baru, Sony Xperia 5 IV mengusung cip Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm, dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Yang menarik, Sony masih bisa menyertakan beragam opsi yang sudah jarang ditemui pada smartphone flagship, seperti slot kartu microSD dan jack audio 3,5mm. Mendukung Hi-Res Audio sampai 360 Reality Audio.

Di dalam bodi yang tersertifikasi IP68 tahan air dan debu, Sony Xperia 5 IV juga membawa kapasitas baterai yang tergolong besar untuk ukuran bodinya, mencapai 5,000 mAh. Ditambah dengan dukungan 30W PD fast charging, bisa terisi hingga 50% dalam 30 menit. Namun konsumen harus menggunakan adaptor sendiri, karena di dalam paket penjualannya, Sony tak sertakan plastik maupun aksesori sama sekali.

Dengan fitur yang serba lengkap untuk sebuah smartphone kompak, harga Sony Xperia 5 IV cukup premium, mencapai USD999 atau sekitar Rp14,6 jutaan. Mulai dijual pertengahan September, konsumen Indonesia tentu saja harus membelinya di negara tetangga. Mengingat Sony Indonesia sudah cukup lama mundur dari industri smartphone.