Sony Rilis Walkman Berbodi Emas Seharga Rp50 Juta

Jepang, Gizmologi – Walkman tidak ada matinya. Berbanding terbalik dengan Apple yang mengubur iPod kebanggaannya, Sony justru meluncurkan Walkman terbaru dengan harga sultan.

Ya, Sony baru saja memutakhirkan generasi Signature Series Walkman-nya dengan dua model sekaligus. Untuk model NW-WM1AM2 dihargai US$1.400 atau sekitar Rp 20 juta dan WMZM2 yang memiliki harga fantastis, yakni US$3.700 atau sekitar Rp50 juta.

Dengan harganya tersebut, tentu saja Walkman terbaru Sony bukan untuk audiophile ecek-ecek. Apalagi untuk model WMZM2 memiliki bodi yang dibalut warna emas.

Sekedar informasi saja, ini bukan pertama kalinya Sony merilis Walkman dengan harga sultan. Di tahun 2016, perusahaan Jepang ini memulai debut Signature Walkman Series dengan dua model sekaligus yang masing-masing dibanderol seharga US$1.200 dan US$ 3.200.

Meskipun nama Walkman kadung generik sebagai pemutar kaset portable, tampaknya lewat produk signature terbarunya, Sony ingin menempatkan Walkman sebagai perangkat audio premium.

Sebagai perangkat kekinian, dua model Walkman terbaru ini berjalan di OS Android 11 yang membuatnya mampu menjalankan berbagai aplikasi streaming musik seperti Amazon Music, Apple Music, Tidal, Deezer, hingga Spotify.

Lalu apa bedanya Walkman terbaru dengan perangkat pemutar musik portabel lainnya? Sony mengkalim teknologi DSEE Ultimate terbaru memiliki algoritma yang memungkinkan musik terkompresi dengan baik. Bahkan secara optimal mampu meningkatkan kualitas audio sekelas CD dengan resolusi lebih tinggi.

Berbagai format lossy dan resolusi tinggi bisa berjalan di perangkat ini, seperti DSD, WAV, AIFF, FLAC, ALAC, MP3, WMA, AAC, HE-AAC, hingga MQA. Bahkan pada model sebelumnya juga memungkinkan pengguna mampu mendengarkan musik dengan kualitas tinggi pada Master collection di aplikasi Tidal.

Walkman Berkualitas Vinyl

Yang unik, Walkman terbaru ini juga memiliki fitur Vynil Processor yang diklaim mampu menghadirkan suara sehangat karakter vinyl dengan memproduksi resonansi dengan frekuensi rendah. Hanya saja, Sony telah menghapus dukungan aptX HD yang mampu memutar musik kualitas tinggi via perangkat Bluetooth.

Baca Juga :  Mirip YouTube Short, TikTok Now Resmi Hadir di Indonesia

Walkman Sony

Dari tampilan, perangkat Walkman ini mirip dengan ponsel dengan layar sentuh beresolusi 1.280 x 720 piksel dan memiliki bentang seluas 5 inci. Untuk durasi memutar musik, perangkat ini diklaim mampu stay tune hingga 40 jam dan 30 jam untuk pemutaran secara nirkabel.

Baca juga: Bos Sony: 2024 Kamera Smartphone Akan Lebih Unggul dari SLR

Hanya saja, dari sisi penyimpanan, tampaknya Sony tidak terlalu menggebu-gebu. Kedua perangkat Walkman anyarnya ini hanya memiliki kapasitas masing-masing 128GB dan 256GB, tidak jauh berbeda dari versi yang dirilis tahun 2016.

Sony mengumumkan jika perangkat terbarunya ini mulai tersedia di pasaran pada 13 Juni 2022. Tentu saja, dengan harganya yang tidak murah bukan ditujukan untuk kuping rakyat jelata.