Sony ECM-B10 Diluncurkan, Mikrofon Shotgun Kompak dengan Noise Reduction

Jakarta, Gizmologi – Dalam menciptakan konten digital berupa video, tidak hanya visualnya saja yang penting, namun juga kualitas suara. Terutama untuk konten yang mementingkan audio maupun konten podcast sekalipun. Maka tak heran bila Sony merilis Sony ECM-B10 sebagai mikrofon shotgun terbaru, didukung dengan teknologi super fleksibel.

Tak seperti mikrofon nirkabel atau yang dipasangkan ke tubuh berupa klip, mikrofon shotgun bisa dibilang lebih praktis karena bisa terpasang langsung ke perangkat. Ukurannya pun dibuat ringkas, agar cocok untuk kamera mirrorless atau kamera saku Sony lainnya yang didukung oleh MI (multi-interface) shoe. Selain kompak, juga bisa tawarkan kualitas audio yang jernih.

Harga Sony ECM-B10 yang cukup premium juga diimbangi dengan fitur-fitur canggih dan praktis. Membawa teknologi pemrosesan sinyal digital dari Sony ECM-B1M, dibawa ke dalam unit yang punya desain lebih ringkas. Sehingga kamera bakal tetap aman meski sedang dipasangkan ke aksesori lainnya seperti sebuah gimbal maupun grip. Tidak mengganggu layar flip out atau akses baterai.

Baca juga: Bos Sony: 2024 Kamera Smartphone Akan Lebih Unggul dari SLR

Bisa Atur Arah Perekaman Sesuai Keperluan

Sony ECM-B10

Walaupun desainnya kompak, Sony ECM-B10 gunakan teknologi pemrosesan digital canggih, dikumpulkan dari total empat kapsul mikrofon yang ada di dalamnya. Lewat teknologi beamforming, perekaman suaranya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti tingkat sensitivitas. Bahkan ada tiga opsi arah perekaman berbeda yang bisa dipilih, dalam sebuah unit ringkas.

Mode super-direksional memungkinkan pengguna Sony ECM-B10 untuk merekam suara hanya dari arah depan saja dalam bidang sempit, sekaligus meredam suara dari arah lain. Tentu saja, mode ini cocok untuk video wawancara, atau saat menggunakannya dalam mode selfie. Mode kedua, yakni uni-direksional, bisa merekam suara dari sisi depan maupun belakang.

Baca Juga :  Kaspersky: Indonesia Digempur 11 Juta Serangan Siber di Q1 2022

Mode tersebut lebih cocok untuk merekam percakapan baik dari subyek di depan dan belakang kamera. Dan yang terakhir, mode omnidireksional, memanfaatkan semua sisi mikrofon untuk rekam dari segala arah. Cocok untuk menangkap suara lingkungan ketika sedang berlibur atau jenis konten lainnya menggunakan sebuah kamera dan mikrofon Sony ECM-B10.

Sony ECM-B10 Pas Digunakan di Luar Ruangan

Sony ECM-B10

Bagaimana dengan kualitas suaranya? Lewat teknologi noise reduction, hasil rekaman dari Sony ECM-B10 bisa memudahkan alur kerja kreator karena jadi minim edit dalam proses edit. Kamera dengan interface audio digital bisa langsung menangkap suara dari mikrofon ini tanpa degradasi. Didesain dengan peredam guncangan plus windscreen untuk minimalisir tingkat kebisingan lingkungan.

Ada tombol attenuator 0/10/20 dB, tombol filter, dial audio level (manual/otomatis) maupun tombol digital/analog untuk akses pengaturan cepat. Status pengaturan bisa dilihat langsung dari bagian belakang mikrofon Sony ECM-B10. Dan untuk penggunaan luar ruangan tanpa khawatir, desainnya sudah dirancang tahan dari debu dan kelembapan.

Mikrofon canggih Sony yang ringkas satu ini bakal tersedia secara resmi mulai bulan Agustus 2022. Harga Sony ECM-B10 dibanderol Rp3,999 juta. Sony juga mempublikasikan konten-konten yang direkam dari Sony ECM-B10 serta produk Sony lainnya yang bisa diakses pada halaman Alpha Universe.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News