Snapdragon Sound Hadirkan Suara Berkualitas Tinggi di Berbagai Perangkat

Jakarta, Gizmologi – Qualcomm mengklaim Snapdragon Sound menjadi jawaban atas kebutuhan para pendengar musik dan gamers akan suara yang berkualitas tinggi dari perangkat yang digunakan. Apa saja keunggulan dari teknologi?

Harus diakui, kualitas suara merupakan bagian terpenting dari penggunaan ponsel. Meskipun agak dikesampingkan para pembuat ponsel yang lebih jor-joran menghadirkan teknologi fotografi, nyatanya kebutuhan akan suara berkualitas tinggi tidak boleh diremehkan.

Ya, berdasarkan Snapdragon of Sound Report in 2021, ditemukan fakta bahwa kualitas suara merupakan sesuatu yang sangat dicari konsumen pengguna gadget. Sebanyak 50% responden menyatakan ingin kualitas suara yang tinggi, 68% kalangan gamers ingin kualitas suara yang baik, dan 31% merupakan pengguna earbuds.

Harus diakui, penggunaan airbuds membuat momen penggunaan fitur multimedia menjadi lebih personal. Sayangnya, berdasarkan laporan di atas, ditemukan pain point dalam penggunaan earbuds.

Di tengah tingginya kebutuhan orang terhadap music player, ternyata earbuds masih dianggap kekurangan, di mana kualitas suaranya buruk, pairing yang sulit, dan baterai yang boros. Kekurangan ini tentunya juga jadi masalah bagi para gamers, terutama adanya suara yang delay.

Dengan adanya kendala tersebut Qualcomm menghadirkan Snapdragon Sound yang menyatukan audio, konektivitas, dan inovasi seluler untuk beragam perangkat, mulai dari ponsel pintar, perangkat audio TWS (true wireless stereo), dan headphone yang diklaim mampu menghadirkan musik berkualitas tinggi dan panggilan suara yang jernih. Bagi para gamers, teknologi ini membuat suara anti nge-lag.

Perangkat yang Dibenamkan Teknologi Snapdragon Sound

Bagi penggemar musik, Snapdragon Sound bakal memanjakan telinga karena mampu menghadirkan suara berkualitas master, beresolusi tinggi mencapai 24-bit 96kHz dengan teknologi codec audio aptX Lossless. Diklaim, teknologi ini mampu menghadirkan suara super wideband dibandingkan narrowband dan wideband.

Baca Juga :  Matrixport: Dual Currency Solana Lebih Baik Dibanding Ethereum
Qualcomm Sound
Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia.

“Dengan kemampuan superwideband voice, suara percakapan bisa terdengar lebih baik lagi saat pembicaraan melalui telepon karena mampu menangkap frekuensi yang lebih tinggi. Sehingga kualitas suara menjadi lebih baik,” ujar Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Selain teknologi aptX Lossless yang disematkan dalam perangkat audio, Snapdragon Sound juga terdapat pada perangkat ponsel Android yang ditenagai chipset Snapdragon seri 8. Adapun perangkat-perangkat tersebut didominasi oleh Xiaomi, yakni Xiaomi Mi 11 Ultra, Xiaomi Mi 11 Pro, Xiaomi Mi 11, hingga Xiaomi Redmi K40 Pro.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon W5 & W5+ Gen 1, Chipset Smartwatch Canggih & Hemat Daya

Sementara dari perangkat earbuds dan headphone, ada Xiaomi Flipbuds Pro, Goertek ROX, Cleer Ally Plus II, AVIOTTE-BD21j-ltd, ODDICT TWIG Pro, BlackShark JoyBuds Pro, QCY T18 MeloBuds, dan Edifier Stax Spirit S3. Yang disayangkan, sebagian besar produk ini terbilang “gaib” di Indonesia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News