ROG Phone 6 Jadi Ponsel Pertama yang Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1

Taiwan, Gizmologi – Qualcomm baru saja meluncurkan secara resmi chipset teranyarnya untuk ponsel flagship, yakni Snapdragon 8+ Gen 1 dan sekaligus menjadi debut untuk ROG Phone 6.

Ya, ponsel gaming ini diklaim sebagai yang pertama menggunakan chipset tersebut. Hal ini seperti dideklarasikan akun @ASUS_ROG melalui postingannya, Jumat (20/5/2022):

Bersiaplah! Ponsel gaming pertama dengan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 segera datang.

Meskipun mengklaim dirinya sebagai yang pertama, akun tersebut tidak memuat kapan waktu peluncurannya. Tapi paling tidak, sudah ada sinyal bahwa ponsel ROG dipastikan bakal hadir dengan chipset terssebut.

Selain ASUS ROG, ada sebanyak 15 brand ponsel lainnya yanng dikonfirmasi menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1 mulai kuartal III 2022. Bahkan Sky Li, CEO dan Founder realme telah mengumumkan bahwa realme GT 2 Master Explorer Edition akan menjadi salah satu ponsel pertama yang berjalan di chipset tersebut.

“Memperkenalkan #realmeGT2MasterExplorerEdition di China, salah satu ponsel pertama dengan fitur tercanggih Snapdragon 8+ Gen 1. Sebuah pasangan yang sempurna,” kicau Sky Li melalui akun Twitter-nya.

Hanya saja tidak diketahui apakah ponsel tersebut bakal diluncurkan secara global, mengingat GT Master Explorer Edition yang ditenagai chipset Snapdragon 870 hanya dijual secara ekslusif di China.

Kelebihan Chipset Snapdragon 8+ Gen 1

Sementara itu, pada peluncurannya, Snapdragon 8+ Gen 1 diklaim Qualcomm tidak hanya menawarkan peningkatan untuk CPU dan GPU saja, tetapi juga Spectra ISP, Snapdragon Sound, dan efisiensi untuk komputasi NPU. Chipset ini 10% lebih kencang untuk performa CPU dan 10% untuk GPU, dan 30% lebih efisien untuk konsumsi baterai.

Baca Juga :  YouTube Ajak UMKM Berkresi #SambilCuan Bikin Short Video

Asus ROG Phone 6

Baca juga: Lenovo Legion Y90 Siap Bertarung di Arena Ponsel Gaming

Pengembangan pada Spectra ISP memungkinkan pengambilan video berkualitas 8K HDR, termasuk efek Bokeh, dan Face tracking secara bersamaan. Format HDR yang didukung adalah HDR+ dengan warna 10-bit.