Sukses Kuasai Pasar Smartphone 5G, Oppo Perbanyak Lini Mid-Range

Jakarta, Gizmologi – Oppo sukses menggeser Samsung dan menguasai pasar smartphone 5G dalam negeri. Hal ini diketahui dari laporan firma IDC pada kuartal kedua (Q2) tahun 2022.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, menilai laporan yang dicatatkan firma IDC ini selaras dengan data internal Oppo. Ia menuturkan, data internal menunjukkan ada kenaikan pangsa pasar 5G berkat kehadiran lini Reno7 yang memiliki dua model HP 5G.

“Apa yang dicatatkan firma IDC sangat selaras dengan data internal kami, memang kami melihat adanya kenaikan market share perangkat 5G berkat kehadiran lini seri Reno7, di mana ada dua perangkat 5G pada lini seri ini,” ujar Aryo dikutip dari keterangannya, Rabu (21/9).

Dari laporan tersebut, secara keseluruhan di kuartal kedua 2022, Oppo tercatat sebagai penguasa pangsa pasar Indonesia dengan pangsa pasar 20,6% atau naik 1,5% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun lalu.

“Segmen kelas menengah memang menjadi salah kontribusi terbesar OPPO di pasar smartphone tanah air, memberikan sekitar 30-40% kontribusi,” lanjutnya.

Baca Juga: IDC: Pasar Smartphone Masih Lesu, OPPO Jadi Vendor Nomor 1 di Indonesia

Oppo Perbanyak Lini Smartphone 5G Indonesia

Selain lini Reno7, Oppo A96 juga memberikan kontribusi pangsa pasar yang cukup tinggi. Banyaknya portofolio kelas menengah yang tersedia disebut menjadi faktor pendukung kenaikan pangsa pasar Oppo di kuartal kedua tahun ini

Oppo bahkan cukup kuat menguasai pasar perangkat di rentang harga Rp 2,9 juta hingga Rp 5,9 juta. Dari laporan IDC, 46,9 persen total pengiriman HP Oppo pada 2022 ada di segmen ini.

Jumlah pilihan perangkat yang lebih banyak dari generasi sebelumnya diharapkan semakin dapat mengisi kebutuhan masyarakat di pasar menengah tersebut. Terlebih, Reno8 hadir dengan tiga model 5G, yakni Reno8 5G, Reno8 Z 5G, dan Reno8 Pro 5G.

Baca Juga :  Kelebihan Kekurangan Tablet Kompak Harga Rp2 Jutaan

“Selain itu untuk memperkuat pasar pada kuartal mendatang, OPPO siap menghadirkan beberapa kelas menengah yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” tutup Aryo.

Di sisi lain, Oppo juga menghadirkan perangkat 5G lewat lini Reno8 di Indonesia, Oppo juga berencana menghadirkan sejumlah perangkat IoT baru untuk mendukung ekosistem. Setelah Oppo Enco Buds2 dan Enco Air2 Pro, perusahaan akan meluncurkan Oppo Band 2 dan Oppo Pad Air.