Fokus ke 4G, Sinyal 3G Telkomsel di DKI Jakarta & Wilayah Lain Sudah Mulai Dihapus

Jakarta, Gizmologi – Mengikuti imbauan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), penyedia operator seluler di Indonesia disarankan untuk sediakan (atau setidaknya lebih fokus) hadirkan jaringan 4G. Secara bertahap, sinyal 3G Telkomsel pun mulai “dilenyapkan”, termasuk di DKI Jakarta.

Informasi tersebut disediakan langsung oleh pihak resmi Telkomsel melalui situs resminya. Sementara rencana penghapusan jaringan generasi ketiga tersebut memang sudah dicanangkan sejak awal tahun ini. Infrastruktur yang digunakan untuk sinyal 3G Telkomsel, bakal dialihkan agar dapat berikan jaringan lebih optimal untuk 4G dan 5G nantinya.

Dengan begitu, jangan kaget bila Gizmo friends sudah jarang menemukan jaringan 3G pada smartphone Android maupun iPhone. Jaringan 5G Telkomsel sendiri sudah muncul di beberapa wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, iPhone 12 ke atas juga sudah “dinyalakan” dukungan 5G-nya. Di mana setelah itu, pengaturan penangkapan jaringan hanya tersedia 4G dan 5G saja, tak lagi ada opsi jaringan 3G.

Baca juga: Telkomsel Gandeng WeTV, Perkaya Konten Hiburan Digital di MAXstream

Sinyal 3G Telkomsel Lenyap di Jakarta Timur

Jaringan 3G Sinyal 3G Telkomsel

Rencana Telkomsel untuk menghapus atau migrasi sinyal 3G Telkomsel ke 4G sudah diumumkan sejak April kemarin. Di mana pada tahap awal, setidaknya ada 90 titik kota maupun kabupaten yang terdiri dari 766 kecamatan. Tahap awalnya sendiri dijadwalkan rampung sejak Mei 2022.

Lalu pada pembaruan jadwal yang diterbitkan 8 Juli 2022 kemarin, Telkomsel memunculkan daftar provinsi sekaligus kota/kabupaten dan kecamatan mana saja yang kebagian proses peningkatan sinyal 3G Telkomsel menjadi 4G. Untuk DKI Jakarta sendiri, tertulis Jakarta Timur sudah selesai upgrade ke 4G sejak 22 Juni lalu. Sementara untuk banyak wilayah Jawa Barat maupun Yogyakarta sudah sejak 31 Maret.

Baca Juga :  Perjalanan 25 Tahun Laptop ASUS ke Luar Angkasa, Rilis Edisi Standar Antariksa

Lebih banyak wilayah di Jawa Timur serta beberapa wilayah Jawa Tengah yang kebagian jadwal setidaknya pada 20 Juli 2022. Gizmo friends sendiri dapat mengakses table pelenyapan sinyal 3G Telkomsel pada halaman berikut ini. Bila tanggal sudah melewati jadwal yang ada, maka dipastikan sudah lebih fokus hadirkan jaringan 4G saja pada daerah tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penghapusan sinyal 3G Telkomsel tak semata untuk 4G saja, namun juga mendukung perluasan jaringan 5G. Menkominfo Johnny G. Plate juga memberikan alasan khusus mengapa sinyal 3G dimatikan lebih dulu dibandingkan jaringan 2G.

Menurutnya, jaringan 2G masih diperlukan untuk berikan layanan suara bagi masyarakat. Namun untuk kebutuhan lainnya seperti akses gambar dan video, jaringan 4G bakal jauh lebih kencang ketimbang 3G. Frekuensi yang sebelumnya digunakan untuk 3G bisa dikembangkan untuk peningkatan kualitas 4G & 5G.

Baca juga: Menkominfo: Migrasi Jaringan 3G ke 4G Dukung Transformasi Digital

Ganti Ke Kartu 4G Telkomsel Gratis

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Telkomsel

Selaras dengan dihapusnya sinyal 3G Telkomsel secara bertahap, operator seluler dengan logo berwarna merah satu ini juga secara aktif mengajak masyarakat yang masih pakai kartu SIM 3G untuk upgrade ke uSIM 4G. Caranya mudah, dan tentunya bisa dilakukan secara gratis.

Bila tak mau repot, pengguna bisa langsung mengunjungi GraPARI maupun booth Telkomsel terdekat. Dalam beberapa lokasi GraPARI tertentu, disediakan mesin kartu SIM yang bisa dengan cepat hadirkan uSIM 4G, hanya dengan verifikasi kartu identitas dan sidik jari saja, alias bisa dilakukan secara mandiri.

Ingin diantar langsung ke rumah? Bisa juga, dengan mengakses situs berikut ini langsung dari peramban atau smartphone yang kamu miliki. Nantinya, kartu 4G Telkomsel bakal dikirim langsung dari GraPARI terdekat. Untuk pengguna Telkomsel Halo, pastikan billing sudah terlunasi lebih dulu, dan pengguna PraBayar tidak melewati masa berlaku kartu.

Baca Juga :  Dituding Memihak Rusia, CEO Yandex Mengundurkan Diri