Seperti Sediakala, Film Pendek yang Direkam Sepenuhnya Lewat Galaxy S22 Ultra 5G

Jakarta, Gizmologi – Selain jumlah sensor, kualitas dari tiap sensor di kamera smartphone saat ini semakin mumpuni. Tak hanya untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto, namun juga saat merekam video. Salah satu karya terbaru dari sineas Indonesia, Seperti Sediakala, direkam lewat Galaxy S22 Ultra 5G.

Setiap tahunnya, Samsung Electronics Indonesia secara rutin mengajak para sineas Tanah Air untuk berlomba hasilkan karya terbaiknya lewat Galaxy Movie Studio, kemudian menghasilkan sebuah film pendek lewat perangkat terbaiknya. Kalau tahun lalu sudah ada karya menggunakan kamera Galaxy S21 Ultra 5G, kini giliran generasi penerusnya yang tentu membawa kamera lebih superior.

Sementara film Seperti Sediakala sendiri merupakan karya dari Serangkai Films, pemenang kategori Director’s Choice dalam kompetisi film pendek Galaxy Movie Studio 2022. Sebelumnya, mereka telah membuat film pendek berjudul Soulmate is a Strange Concept. Namun kali ini didukung oleh mentor serta aktor berkelas, meningkatkan kualitas film secara keseluruhan.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S22 Ultra: Flagship Tanpa Lawan

Seperti Sediakala Memerlukan Waktu 24 Jam

(2) Galaxy Movie Studio 2022: Seperti Sediakala – Filmed #withGalaxy S22 Ultra 5G | Samsung Indonesia – YouTube

Selama pembuatannya, Anggita Puri selaku sutradara dari Seperti Sediakala serta co-founder Serangkai Films bekerja langsung dengan sutradara kenamaan, Angga Dwimas Sasongko. Sementara dua bintang utama dalam film adalah Reza Rahadian dan Pevita Pearce. Memerankan cerita yang secara keseluruhan termasuk dalam genre romansa, namun dengan beberapa kejutan menarik di bagian akhir cerita.

“Proses shooting film pendek Seperti Sediakala pakai smartphone ini jadi pengalaman baru yang exciting banget buat kami, ini benar-benar mengubah pandangan kami terhadap smartphone karena Galaxy S22 Ultra 5G menjadi smartphone yang mampu membuat konten profesional dengan hasil yang epic,” jelas Puri dalam sebuah kesempatan luring di Jakarta, Senin (13/6).

Baca Juga :  imoo Z1 Harga Rp1 Jutaan! Watch Phone Canggih untuk Anak

Seperti Sediakala - Galaxy Movie Studio

Pada kesempatan yang sama, Andi Airin, Head of MX Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia menambahkan bila pihaknya bangga bisa meluncurkan Seperti Sediakala, diharap bisa menginspirasi banyak talenta muda untuk mendobrak batasan dalam membuat video hanya lewat kamera smartphone.

Pengerjaan film pendek Seperti Sediakala sendiri membutuhkan waktu hanya satu hari saja untuk proses ambil gambar alias shooting. Sementara proses yang lebih lama ada pada post-production, di mana Puri menyebutkan waktu sekitar 1 minggu. Meski begitu, ia menambahkan kalau tak terlalu banyak tahap editing yang harus dilakukan, karena hasil video yang sudah berkualitas dari Galaxy S22 Ultra 5G.

Unjuk Kemampuan Kamera Galaxy S22 Ultra 5G

Seperti Sediakala - Galaxy Movie Studio

Terkait kemampuan kamera flagship Samsung yang digunakan untuk merekam Seperti Sediakala, Puri menjelaskan tiga fitur unggulan utama yang menurutnya berkontribusi besar dalam prosesnya hasilkan video terbaik. Yang pertama adalah fitur Nightography, di mana film yang ia buat memiliki banyak scene dalam kondisi malam hari. Tidak memerlukan banyak tambahan pencahayaan eksternal.

Fitur kedua adalah Cinematic Camera Movement yang membuat pergerakan kamera Galaxy S22 Ultra 5G tetap stabil meski tanpa alat bantu. Dan yang terakhir adalah Pro Mode, di mana videografer bisa benar-benar hasilkan video dengan warna dan kecerahan yang diinginkan secara presisi, sekaligus mengatur mood video di scene tertentu.

“Dengan bentuknya yang compact, ringan, dan fleksibel, kami bisa eksplor banyak angle dan pengambilan scene selama proses shooting, kami jadi lebih leluasa untuk mengeksplorasi kreativitas kami,” tambah Puri. Galaxy S22 Ultra 5G sendiri didukung oleh sensor utama 108MP yang bisa rekam video hingga resolusi 8K. Serta fitur khusus malam hari seperti auto framerate agar video yang dihasilkan lebih cerah.

Baca Juga :  Kemenkes Gandeng MGI Tech Bangun Proyek Genom Nasional