Samsung ISOCELL HP3, Sensor 200MP dengan Piksel Terkecil di Dunia

Korea, Gizmologi – Kini sudah semakin banyak smartphone Android dari berbagai segmen harga yang menggunakan sensor bikinan Samsung. Mulai dari sensor utama hingga ultra wide-angle, kini vendor asal Korea Selatan tersebut menghadirkan generasi sensor 200MP terbarunya. Lewat seri ISOCELL HP3 dengan dimensi mikronpiksel terkecil di dunia.

Kehadiran sensor Samsung ISOCELL HP3 sendiri merupakan sensor 200MP untuk kamera smartphone seri kedua yang dirilis—generasi pertamanya, ISOCELL HP1 diresmikan September 2021. Meski begitu, belum ada smartphone yang rilis komersil di pasaran yang mengusungnya. Kecuali yang juga dirilis bersamaan, yakni ISOCELL GN5 50MP.

Membawa ukuran mikronpiksel terkecil yakni 0,56um, dimensi sensor bisa dibuat lebih kompak. “Samsung akan mendorong untuk memberikan resolusi epik, melampaui tingkat profesional untuk pengguna kamera smartphone,” jelas JoonSeo Yim, Executive VP untuk Sensor Business Team, Samsung Electronics melalui rilis resminya, Kamis (23/6). Apa saja keunggulan yang dibawa sensor kamera Samsung terbaru satu ini?

Baca juga: Ungkap Kemampuan Sensor ISOCELL 200 MP, Samsung Pamer Foto Kucing Raksasa

Bisa Gabungkan 16 Piksel Individu Sekaligus

Samsung ISOCELL HP3

Lewat ukuran piksel individu yang lebih kecil, Samsung ISOCELL HP3 bisa membawa resolusi 200MP ke dalam format sensor 1/1,4 inci saja. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dimensi secara keseluruhan telah direduksi sebesar 20%. Artinya, vendor smartphone ke depannya bisa implementasikan sensor ini ke perangkat premium dengan profil atau dimensi fisik yang lebih tipis.

Sama seperti generasi sebelumnya, ISOCELL HP3 juga mendukung dua jenis pixel-binning atau yang mereka sebut dengan “Tetra2pixel”. Dalam kondisi pencahayaan cukup, sensor dapat menggabungkan empat piksel individu, hasilkan foto beresolusi 50MP dengan ukuran piksel 1,12um. Saat kondisi low-light, 16 piksel digabungkan menjadi ukuran piksel individu besar 2,24um, dalam foto resolusi 12,5MP.

Baca Juga :  Hati-hati! Trojan Mobile Banking Targetkan iOS & Android

Dengan begitu, smartphone bersensor Samsung terbaru ini bisa hasilkan foto berkualitas dalam berbagai kondisi pencahayaan. Juga disematkan teknologi Smart-ISO Pro bisa tangkap gambar dalam warna 14-bit. Digabungkan dengan HDR terbaru, hasil foto bisa memiliki rentang dinamis yang lebih lebar dari sebelumnya.

Samsung ISOCELL HP3 Mendukung Resolusi Video 8K

Samsung ISOCELL HP1

Selain kualitas foto, yang juga tak kalah penting adalah kemampuan fokus dalam suatu sensor. ISOCELL HP3 hadir dengan solusi fokus otomatis Super QPD. Semua piksel yang ada dalam sensor punya fungsi autofocus, jua menggunakan lensa tunggal di tiap empat piksel yang berdekatan. Untuk mendeteksi perbedaan fase dalam arah horizontal dan vertikal.

Mudahnya, teknologi tersebut bisa hasilkan sistem fokus yang lebih cepat nan akurat bagi pengguna smartphone. Dan dengan resolusi sangat tinggi, smartphone yang menggunakan sensor ISOCELL HP3 bisa tangkap video hingga resolusi 8K 30fps maupun 4K 120fps, tanpa cropping yang terlalu banyak. Bersama pengambilan fokus cepat, hasil video bisa lebih berkualitas.

Samsung ISOCELL HP3 sendiri saat ini sudah mulai diproduksi dalam bentuk sampel, sementara bentuk finalnya siap diproduksi secara massal mulai tahun ini. Belum ada informasi vendor mana saja yang bakal menggunakannya. Sebagai informasi, sensor ISOCELL GN5 yang rilis September lalu sudah digunakan di Galaxy S22, S22+ dan sejumlah smartphone rilisan iQOO.