Ungkap Kemampuan Sensor ISOCELL 200 MP, Samsung Pamer Foto Kucing Raksasa

Jakarta, Gizmologi – Samsung memamerkan kemampuan sensor kamera ISOCELL 200 MP HP1 terbarunya yang diluncurkan pada September 2021 lalu. Tak tanggung-tanggung, perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu memasang billboard foto kucing berukuran raksasa.

Dalam video demonstrasinya, Samsung ingin menunjukkan bagaimana sensor ISOCELL 200 MP bisa menangkap foto dengan detail dan definisi yang fantastis. Samsung menjelaskan bahwa sensor tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Hasil jepretan itu dicetak di kanvas berukuran 28 x 22 meter yang terdiri dari dua belas potongan terpisah sepanjang 2,3 meter yang “dijahit” menjadi satu dan digantung pada sebuah bangunan.

“Saya selalu membayangkan seberapa besar Anda bisa mencetak gambar 200 MP,” kata engineer dari tim System LSI Business Samsung Lee Minhyuk, seperti dikutip dari Android Authority.

Tentu hasil itu telah dioptimalkan dan disesuaikan oleh fotografer di belakang layar pembuatan. Namun pesan yang ingin disampaikan adalah sensor kamera itu dapat memungkinkan seseorang memperbesar atau memotong gambar sesuai kebutuhan tanpa kehilangan detilnya.

Sensor ISOCELL 200 MP

Samsung ISOCELL 200 MP

Lantaran masih dalam tahap pengembangan, sensor kamera tersebut belum dipasangkan di ponsel. Sebagai gantinya, Samsung membuat rig khusus yang terdiri dari layar eksternal dan test board untuk menanam sensor kamera 200 MP.

Adapun sensor Samsung ISOCELL HP1 dengan resolusi 200 MP ini akan menggunakan teknologi pixel binning ChameleonCell yang bisa menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel berukuran besar. Konfigurasi ini bisa menghasilkan foto 12,5 MP dengan 2,56μm, 50 MP (1,28μm) atau 200 MP (0,64μm).

Mengutip laporan dari Sam Mobile, sensor kamera 200 MP ini akan disematkkan pada hadir pada smartphone flagship Motorola pada Juli mendatang. Tentunya kehadiran sensor kamera ini akan membuat pasar smartphone semakin bergairah.

Baca Juga :  Grab Teken MoU dengan BSSN, Perkuat Keamanan Siber Mitra dan Merchant

Mengingat beberapa vendor asal china telah menjalin kerja sama dengan pabrikan lensa kamera. Sebut saja Xiaomi yang kini menjalin kerja sama dengan Leica, kemudian ada Oppo dan hasselblad, serta Vivo yang kini menggandeng carl zeis untuk menghadirkan kualitas gambar yang memukau.