SEGA Genesis Mini 2 Diumumkan, Wujud Mega Drive dalam Versi Kompak

Amerika Serikat, Gizmologi – penggunaan “kartu nostalgia” memang jadi strategi menarik bagi sejumlah perusahaan agar dapat menggaet para konsumennya. Tak hanya pada pasar ponsel saja seperti HMD dengan Nokia, konsol gim pun serupa. Kini giliran SEGA Genesis Mini 2 yang bakal jadi reinkarnasi terbaru gim konsol lawas.

Ya, ini bukanlah yang pertama bagi SEGA. Pada 2019 lalu, generasi pertama sudah diluncurkan sebagai wujud modern nan kompak dari Genesis pertama—rilis di Jepang sejak 1988. Tentunya, generasi kedua kali ini juga merupakan reinkarnasi untuk model kedua. Bakal punya jumlah gim yang lebih banyak.

Bila Gizmo friends tidak familiar dengan nama SEGA Genesis Mini 2, cukup wajar. Pasalnya, di luar Amerika Serikat, perangkat ini bakal membawa nama Sega Mega Drive Mini 2. Juga sudah diluncurkan lebih dulu beberapa pekan lalu untuk pasar Jepang. Namun kali ini akhirnya bisa tersedia di lebih banyak wilayah.

Baca juga: Playstation Studios Bawa Game Eksklusif ke Platform PC

Bakal Ada Judul Gim Baru dan Eksklusif

Seperti pada video di atas, terlihat bila secara desain memang dibuat sangat mirip. Baik dari bentuk konsol hingga alat kendalinya, yang dilengkapi dengan tombol navigasi dan enam tombol ekstra SEGA Genesis Mini 2, alias dua kali lebih banyak. Tampil dalam balutan warna biru, dan kontroler milik generasi pertama juga tetap bisa digunakan.

Menariknya, bakal ada lebih dari 50 judul gim klasik yang bisa dimainkan lewat SEGA Genesis Mini 2. Daftar gimnya sendiri mulai ditampilkan lewat situs resminya, mulai dari Sonic, After Burner, OutRun, Alien Soldier, dan masih banyak lagi. SEGA juga sebutkan bakal ada judul gim bonus yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Baca Juga :  Review Acer Aspire Vero National Geographic Edition: Laptop Ramah Lingkungan

SEGA Genesis Mini 2 juga kompatibel dengan sejumlah judul Sega CD, yang kabarnya dilengkapi dengan konten video bergerak dan pergerakan animasi lebih smooth dari jaman dulu. Bila Gizmo friends ingin kembali bernostalgia memainkan judul-judul lawas, tentu perangkat seperti ini bakal layak untuk dibeli maupun dikoleksi.

Harga SEGA Genesis Mini 2

Sega Genesis Mini 2

Lantas bagaimana cara membeli SEGA Genesis Mini 2? Sayangnya, perangkat ini bakal dijual secara eksklusif di Amerika Serikat melalui situs e-commerce milik Amazon. Ketersediaannya pun masih cukup lama, yakni 27 Oktober 2022 mendatang. Waktu yang pas mengingat pada bulan tersebut warga Amerika bakal merayakan Halloween. Bisa sebagai kado maupun hiburan anak-anak.

Harga SEGA Genesis Mini 2 sendiri bisa dibilang cukup mahal. Perangkatnya dibanderol sekitar USD102 atau Rp1,5 jutaan. Namun meski dibuat khusus regional AS, ongkos kirimnya cukup tinggi mencapai USD22 atau Rp300 ribuan. Hal tersebut karena perangkat ini bakal diimpor langsung dari pihak Sega di Jepang.

Situs Amazon juga menginformasikan lebih jauh terkait dimensi dan kelengkapan dari SEGA Genesis Mini 2. Ukurannya mencapai 120,8 mm x 32,3mm x 116,5 mm, alias memang cukup kecil. Dalam paket penjualannya, disertakan sebuah konsol dengan kontroler tersambung kabel, power adapter berjenis USB, serta kabel HDMI. Mendukung resolusi hingga 720p.