Jajaran Samsung Smart TV 2022 untuk Indonesia Makin Canggih, Estetik, dan Ramah Lingkungan

Jakarta, Gizmologi –  Smart TV terus berkembang tak lagi hanya menawarkan kecanggihan inovasi, tetapi juga nilai estetik dan fungsi yang serbaguna. Setidaknya, itulah yang terlihat dari jajaran Samsung smart TV 2022 yang baru saja diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meluncurkan rangkaian produk terbaru Neo QLED, The Frame, The Freestyle, dan Super Smart TV+. Menurut raksasa elektronik dari Korea Selatan tersebut, jajaran Samsung Smart TV 2022 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan hiburan yang tak tertandingi sekaligus dukungan untuk beragam gaya hidup modern.

Simon Lee, President, Samsung Electronics Indonesia, mengatakan diluncurkannya Samsung Smart TV 2022 ini sejalan dengan visi ‘Screens Everywhere, Screens for All’. Pada visi tersebut, perusahaan menghadirkan perspektif baru untuk kegunaan sebuah TV. Dari sebuah perangkat untuk ditonton, menjadi perangkat yang memberikan nilai bagi kehidupan kita sehari-hari, untuk hidup yang lebih penuh dan berdaya.

Baca juga: Samsung Bespoke Home 2022, Hadirkan Peralatan Dapur Berbasis AI

“Berbekal pengalaman dan kepemimpinan di industri, rangkaian Samsung Smart TV 2022 menawarkan pengalaman yang makin personal untuk menikmati serial dan film favorit, gaming, tutorial olahraga, video call, bahkan untuk mengelola smart device lain di rumah. Kami juga meneruskan upaya berkelanjutan dalam melestarikan planet ini demi generasi penerus kita di masa depan,” ujarnya.

Salah satu produknya, Neo QLED 8K 2022 juga telah meraih label ‘Reducing CO2’ dari Carbon Trust, yang menunjukkan jajaran produk Neo QLED semakin sadar lingkungan. Selain melanjutkan kemasan Eco-packaging, Neo QLED 8K kini sudah dilengkapi SolarCell Remote yang 88 persen lebih efisien dibandingkan model 2020 karena benar-benar bebas baterai dan diisi ulang dengan tenaga surya, cahaya lampu, charging via USB, maupun energi cadangan yang dipancarkan oleh router Wi-Fi.

Jajaran Samsung Smart TV 2022

Untuk bersaing dengan kompetitornya, Samsung langsung menggenjot jajaran Samsung Smart TV 2022 dengan varian produk yang cukup banyak. Samsung Neo QLED 8K tersedia dalam 2 tipe di Indonesia: QN900B (85 inci) dan QN700B (55, 65 dan 75 inci).

Baca Juga :  Cara Personalisasi Tampilan OPPO Reno7, Bisa Pajang Foto Sendiri Lewat Always-on Display

Neo QLED juga tersedia dalam resolusi 4K dengan keunggulan kualitas gambar, audio dan Smart TV khas Samsung melalui Neo Quantum Processor 4K, Quantum Matrix Technology, Object Tracking Sound, Motion Xcelerator Turbo+ dan Smart Hub dalam 2 tipe: QN90B (55, 65, 98 inci) dan QN85B (55 inci).

Sementara The Frame tersedia pada 4 pilihan ukuran sesuai kebutuhan hunian yaitu 43, 55, 65, hingga 75 inci. The Freestyle mampu menampilkan konten dari ukuran 32 hingga 100 inci lewat satu perangkat. Adapun Super Smart TV+ hadir dalam 3 tipe: Crystal UHD BU8000 43 dan 50 inci, T4500 32 inci, dan T6500 43 inci.

Di saat bersamaan, Pemerintah telah mengumumkan penghentian siaran TV analog (Analog Switch Off) sebelum 2 November 2022. Sehingga setelahnya, seluruh masyarakat Indonesia akan menikmati siaran TV digital. Untuk mendukung program ini, Samsung menghadirkan lini produk Super Smart TV+ untuk pengalaman menikmati program-program TV digital dalam resolusi terbaiknya, dengan gambar yang bersih dan suara yang jernih.

Neo QLED 8K

Timo Tjahjanto with Samsung Neo QLED 8KSamsung Neo QLED 8K di tahun ini hadir dengan Neural Quantum Processor 8K yang diperkuat 20 neural network dan kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis sumber konten dan melakukan upscaling dengan lebih cepat dan presisi. Pengguna bisa menikmati video-video lama yang ada di berbagai channel streaming langganan atau dari koleksi pribadi, dengan resolusi asli yang beragam, dan melakukan upscaling untuk menikmati konten tersebut pada resolusi setara 8K.

Quantum Matrix Technology Pro pada Neo QLED 8K pun meningkatkan level kontras gambar, sehingga visual yang ditayangkan lebih mendetail pada adegan gelap maupun terang. Teknologi ini didukung Shape Adaptive Light Control yang mengontrol kecerahan area gambar dengan presisi tanpa menyebabkan blooming. Diperkuat pula oleh 14-bit contrast mapping untuk menampilkan warna empat kali lebih presisi jika dibandingkan model tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Samsung Galaxy XCover6 Pro Pakai Cip Snapdragon 778G, Baterai Bisa Dilepas

Bagi yang menyukai marathon film dan serial, tidak perlu kuatir menikmati hiburan dalam waktu lama sebab Neo QLED 8K sudah dilengkapi oleh fitur EyeComfort Mode. Layar TV akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan cahaya yang terdeteksi di ruangan sekitar TV, menggunakan kombinasi sensor cahaya bawaan serta analisis data waktu matahari terbit dan terbenam di lokasi setempat, sehingga TV lebih nyaman bagi mata.

Dengan Neo QLED 8K terbaru, semua detail di area paling gelap sekalipun tetap bisa dibedakan dan dilihat mata penonton. Begitu juga audionya, dengan bantuan fitur Object Tracking Sound Pro dan True Dolby Atmos, mampu menghadirkan audio tiga dimensi yang lebih realistis, hidup, dan sinematik dalam menikmati film.

Terdapat fitur MultiView, layar Neo QLED 8K bisa menampilkan hingga empat area untuk menyaksikan konten dari empat sumber pada waktu yang sama, termasuk konten dari smartphone. Melalui aplikasi SmartThings, pengguna bisa mengelola berbagai smart device di rumah, seperti mesin cuci, dan kulkas, dari layar Neo QLED 8K. Antarmuka Smart Hub yang baru dan mudah digunakan membantu pengguna untuk menjelajahi berbagai konten dengan cepat, termasuk menjalankan fitur produktivitas remote PC, Microsoft 365, dan Samsung DeX.

The Frame untuk memajang karya seni

Samsung The Frame picture framePada jajaran Lifestyle TV, tahun ini Samsung memperbarui The Frame dengan panel layar matte display. Dengan panel ini, The Frame kini anti-pantulan cahaya, anti-noda, dan sidik jari, sehingga pengguna bisa menikmati berbagai karya seni dari koleksi lebih dari 1.600 karya dalam tampilan yang makin realistik, benar-benar seperti di museum.

The Frame edisi 2022 juga hadir dengan pembaruan pada fitur Art Mode, di mana fitur ini dilengkapi dengan aplikasi browser baru yang mengintegrasikan Ambient Mode, Art Mode, dan My Photo Mode ke dalam satu pengalaman yang seamless.

Samsung juga merancang The Frame terbaru untuk kompatibel dengan aksesori Auto-Rotation. Aksesori ini akan memutar The Frame dari horizontal ke vertikal (mode portrait) atau sebaliknya, tergantung konten yang hendak ditampilkan. Terdapat dua pilihan untuk memanfaatkan Auto Rotation, yaitu ketika The Frame diletakkan pada stand (Rotating Stand), maupun ketika dipasang di dinding hunian (Rotating Wall Mount). Ini memudahkan pengguna untuk menikmati berbagai karya seni digital yang aslinya berbentuk vertikal. Atau saat difungsikan sebagai smart TV, pengguna dapat menikmati konten-konten video vertikal seperti Instagram Reels atau TikTok.

Baca Juga :  Mengenal Opsi Mode Portrait OPPO Reno7, Mirip DSLR!

Samsung Super Smart TV+

Samsung Super Smart TV Home EntertainmentSamsung Super Smart TV+ memiliki pilihan resolusi layar HD, Full HD, hingga Ultra HD (4K) yang menghadirkan visual yang jernih dan mendetail dengan reproduksi warna yang menakjubkan. Tak hanya siaran TV digital, pengguna bisa menikmati konten-konten hiburan dari berbagai layanan OTT terkemuka yang sudah tersedia di smart TV ini. Pengguna pun dapat terhubung ke Internet dengan Built-in Wi-Fi dan bisa mengontrol TV dengan bantuan asisten suara Bixby.

Super Smart TV+ juga memiliki kualitas audio yang akan menghadirkan pengalaman menonton yang imersif. Pada tipe 4K (BU8000), TV ini pun dilengkapi fitur Object Tracking Sound Lite (OTS Lite) yang akan menghadirkan 3D surround sound dan Adaptive Sound, di mana TV secara pintar akan mengoptimalkan suara berdasarkan tipe konten dan analisis scene secara real-time.

Dengan fitur PC on TV, pengguna bisa menampilkan konten dari PC di layar TV yang lebih luas untuk kemudahan melakukan pekerjaan dan didukung pula oleh integrasi dengan Office 365 (cloud). Simpan file-file penting di Samsung Cloud atau ubah Super Smart TV+ menjadi sistem musik virtual. Dengan One Remote, pengguna bisa mengatur perangkat lain yang terhubung ke TV ini, seperti konsol game, driver USB, Soundbar, atau mengakses berbagai konten favorit di Smart Hub. Tipe BU8000 bahkan telah didukung oleh SolarCell Remote sehingga juga bebas baterai dan mudah diisi ulang dayanya dari cahaya ataupun charging.