Samsung Kembangkan Chip 3nm Buat Penambang Bitcoin

Jakarta, Gizmologi – Samsung Electronics Co. dikabarkan telah memulai produksi massal chip semikonduktor dengan fabrikasi 3nm (nanometer). Disebutkan, chip ini juga dapat dipergunakan untuk proses menambang atau mining bitcoin.

Mengutip laporan Bitcoinist, perusahaan asal Korea Selatan ini pertama kali menyinggung hal itu saat laporan pendapatan kuartal pertama tahun 2022. Kapasitas Samsung untuk memproduksi chip yang disebut 3-nanometer kemungkinan akan meringankan beberapa kesulitan penambangan Bitcoin.

“Samsung telah berkembang pesat karena kami terus menunjukkan kepemimpinan dalam menerapkan teknologi generasi berikutnya untuk manufaktur,” kata president and head of Samsung’s foundry business Choi Si-young.

Chip 3nm yang merupakan salah satu teknologi termutakhir saat ini, dibangun dengan Gate-All-Around (GAA), yang menurut Samsung mampu memberikan kinerja 30% lebih tinggi dan konsumsi daya 50% lebih rendah, dibandingkan dengan proses FinFET yang ada.

Baca Juga: TSMC Siapkan Fabrikasi Chipset Ukuran 3 Nanometer

Teknologi pembuatan chip yang canggih diharapkan membawa Samsung sebagai pabrikan yang menawarkan banyak pelanggan dengan minat semikonduktor inovatif dan kuat yang akan memungkinkan produk teknologi lebih cepat dan lebih efisien.

“Kami akan terus mengembangkan teknologi inovatif dan bekerja untuk mengamankan proses teknologi yang matang dengan cepat,” tambah dia.

Fabrikasi Chip 3nm

Disebutkan, chip dengan fabrikasi 3nm ini dikabarkan mulai masuk tahap uji coba produksi. Chip application-specific integrated circuits (ASIC) ini adalah unit hardware yang lebih hemat energi.

Peluncuran chip AISC Samsung juga diklaim sudah banyak dinanti oleh para pemain teknologi di seluruh dunia. Perusahaan asal China, PanSemi, disebut akan menjadi pelanggan pertama yang membeli chip buatan Samsung.

Selain PanSemi, produsen chip asal AS Qualcomm juga tertarik untuk berkontribusi dari prosesor ASIC Samsung. Nantinya, prosesor baru Samsung ini akan menyaingi komponen yang diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Baca Juga :  Google Akhiri Proyek Cloud Gaming Stadia pada Januari 2023