Ikuti Apple, Samsung Bakal Hadirkan Konektivitas Jaringan Satelit

Jakarta, Gizmologi – Beberapa waktu lalu, iPhone 14 menghadirkan fitur konektivitas darurat menggunakan jaringan satelit. Dengan bantuan fitur ini, pengguna iPhone dapat terkoneksi dengan satelit untuk melakukan panggilan darurat disaat tidak ada jangkauan sinyal seluler.

Menariknya penggunaan fitur konektivitas jaringan satelit itu mulai dipertimbangkan vendor smartphone Android. Setelah Huawei memperkenalkan fitur serupa pada seri Mate 50 mereka, Samsung dikabarkan akan membawa konektivitas satelit ke perangkat Galaxy mendatang.

Dilansir dari PhoneArena, Minggu (18/9), kabar kehadiran fitur panggilan darurat satelit Samsung pertama kali datang dari pembocor kenamaan, Ricciolo. Ia menyebutkan, Samsung akan menghadirkannya di perangkat Galaxy masa depan.

Fitur ini terdengar keren dan bekerja secara berbeda. Di mana Apple menjelaskan fitur konektivitas satelit di iPhone 14 yang bisa dipakai ketika dalam kondisi darurat.

Namun, perlu dicatat fitur itu baru terbatas ke pengguna di Amerika Serikat dan Kanada. Kendati, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Apple berencana untuk membawa fitur tersebut ke negara lain paling cepat akhir tahun ini.

Selain itu, fitur ini juga memerlukan kemitraan dengan perusahaan satelit. Oleh karenanya Apple telah menginvestasikan jutaan dolar pada perusahaan satelit Globalstar untuk menghadirkan fitur ini.

Perlu diketahui bahwa fitur konektivitas satelit baru sekadar rumor dan Samsung belum secara resmi mengkonfirmasi detail apa pun hingga sekarang. Tidak jelas apakah Samsung juga akan mengusung konsep serupa atau malah berbeda dibanding fitur panggilan darurat satelit milik iPhone.

Baca Juga: iPhone 14 Pro Resmi Bawa Sensor Kamera 48MP & Notch Baru

Android 14 Bakal Dukung Konektivitas Jaringan Satelit

Konektivitas Jaringan Satelit
Konektivitas Jaringan Satelit di iPhone 14

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya Apple bukanlah perusahaan pertama yang memperkenalkan fitur konektivitas satelit. SpaceX dan T-Mobile telah lebih dulu berupaya membawa konektivitas satelit langsung ke smartphone.

Melansir xda-developers, Google juga ikut-ikutan dan telah mengumumkan bahwa versi Android berikutnya, yaitu Android 14. Di mana pembaruan OS itu akan membawa dukungan untuk smartphone ke koneksi satelit.

Informasi ini berasal dari Wakil Presiden Senior Platform & Ekosistem Google, Hiroshi Lockheimer. Hiroshi men-tweet sesuatu yang menarik tentang apa yang dilakukan raksasa teknologi itu saat ini.

OS Android 14 direncanakan akan tiba pada pertengahan hingga akhir 2023. Hiroshi juga menambahkan dalam tweet bagaimana pengalaman akan berbeda dari koneksi LTE dan 5G biasa. Koneksi satelit pasti akan meningkatkan kecepatan, konektivitas, dan waktu interaksi,

Baca Juga :  KoinWorks NEO Inspire Libatkan Hampir 9 Ribu UKM di Indonesia