Samsung Galaxy XCover6 Pro Pakai Cip Snapdragon 778G, Baterai Bisa Dilepas

Korea, Gizmologi – Vendor elektronik asal Korea Selatan, Samsung memang hadirkan beberapa lini smartphone setiap tahunnya. Yang paling populer tentu saja Galaxy A Series & S Series, meski sejatinya ada lini lainnya untuk penggunaan luar ruangan. Seperti Galaxy XCover6 Pro yang jadi opsi terbaru.

Di Indonesia sendiri, bisa dibilang cukup terlambat karena penawaran generasi sebelumnya, Galaxy XCover 5 baru diresmikan pada awal Februari lalu. Dengan harga resmi Rp4 jutaan, smartphone tersebut lebih diperuntukkan bagi pelanggan bisnis alias menyasar segmen B2B. Kemungkinan besar, Galaxy XCover6 Pro juga akan dipasarkan dengan metode serupa.

Seri angkanya naik, ditambah dengan imbuhan “Pro” pada nama produknya. Sehingga sudah jelas kalau Galaxy XCover6 Pro memiliki spesifikasi jauh lebih baik ketimbang sebelumnya. Bisa dianggap kalau smartphone terbaru Samsung satu ini bakal jadi pesaing kuat dari Nokia XR20, penawaran smartphone terbaru dan termahal dari HMD Global yang juga menyasar jenis pengguna serupa.

Baca juga: Hands-on Nokia XR20: Tahan Banting, Bawa Kamera ZEISS

Keunggulan Samsung Galaxy XCover6 Pro

Galaxy XCover6 Pro

Secara tampilan, desain Galaxy XCover6 Pro terlihat rugged dengan sisi sampingnya yang dipertebal bersama material karet. Smartphone ini telah mengantongi sejumlah sertifikasi yang dibutuhkan, sebut saja MIL-STD-810H dan IP68, membuatnya tahan dari debu, air, hingga penggunaan suhu ekstrem sekalipun. Ketebalannya mencapai hampir 10mm, dengan bobot kisaran 235 gram.

Pada bagian samping kiri dan atas, Samsung menyematkan dua tombol berwarna merah untuk Galaxy XCover6 Pro, di mana penggunanya bisa menyesuaikan masing-masing tombol untuk akses ke aplikasi tertentu. Sementara di bagian depan, terdapat layar besar 6,6 inci PLS LCD beresolusi full HD+ dan refresh rate tinggi 120Hz. Memiliki poni berjenis waterdrop atau Infinity-V display.

Baca Juga :  Lewat Tinder Explore, Obrolan Soal Makanan Bisa Bikin Lebih Dekat
Galaxy XCover6 Pro

Supaya lebih kuat dan mudah digunakan, layar Galaxy XCover6 Pro terlindungi dengan lapisan Gorilla Glass Victus+, dan diklaim tetap mudah dioperasikan meski basah atau dengan sarung tangan sekalipun. Di bagian atas, terdapat sebuah sensor kamera depan beresolusi 13MP f/2.2.

Beralih ke sisi belakang, ada dua sensor kamera Galaxy XCover6 Pro, masing-masing yakni sensor utama 50MP f/1.8 dan 8MP ultra-wide f/2.2, ditemani sebuah lampu kilat. Jalankan Android 12, Samsung sematkan chipset yang powerful.

Memori Lega, Baterai Dapat Dilepas

Galaxy XCover6 Pro

Meski tak disebutkan secara gamblang di halaman produknya, situs Sammobile sebutkan penggunaan cip Snapdragon 778G pada Galaxy XCover6 Pro seperti pada gambar resmi di atas, sudah mendukung 5G dan dipasangkan bersama RAM 6GB. Untuk penyimpanannya sendiri, ada memori internal 128GB plus slot kartu microSD hingga kapasitas 1TB.

Fitur kunci lainnya ada pada sistem baterai yang masih bisa dilepas, menambah nilai kepraktisan. Kapasitas baterai Galaxy XCover6 Pro sendiri 4,050 mAh. Mendukung fast charging 15W lewat port USB-C, atau gunakan POGO Pin khusus. Seperti seri lainnya, Samsung tak memberikan adaptor charger dalam paket penjualannya.

Perangkat yang mendukung fitur Samsung DeX ini bakal diluncurkan mulai bulan Juli 2022 ke sejumlah wilayah di Eropa, Asia dan Timur Tengah. Harga Galaxy XCover6 Pro sendiri belum diinformasikan, namun menurut rumor yang ada, bakal berkisar di 600 Euro atau sekitar Rp9,3 jutaan.