Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022, Spesifikasi Tablet Harga Rp6 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Dua tahun yang lalu, Samsung merilis tablet Galaxy Tab S6 Lite sebagai versi murah dari flagship Galaxy Tab S6. Tak ada angin dan hujan, tiba-tiba saja raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut merilis Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022.

Tentu agak mengherankan sebuah pabrikan smartphone memperbarui produk yang usianya sudah terbilang uzur dua generasi ke belakang, alih-alih merilis produk versi murah semisal Galaxy Tab S8 Lite, Galaxy Tab S8 FE. Tapi tentu itu suka-suka produsen. Mereka pasti punya dalih atau alasan tetap merilis Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite: Hampir Sempurna di Kelasnya

Menurut Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, perusahaan menghadirkan kembali varian baru Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 dengan performa prosesor octa-core Snapdragon 720G yang lebih bertenaga.

Spesifikasi lainnya sama saja, seperti layar 10,4 inci yang luas dan jernih, S Pen untuk membantu pengolahan ide kapanpun, dan kamera dan audio yang mumpuni untuk video call meeting, sehingga aktivitas bekerja dan menikmati entertainment.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite y Tab S6 Lite 2022

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 hadir dengan chipset Snapdragon 720G yang dirancang dengan fabrikasi 8nm. Prosesor ini menghadirkan peningkatan performa CPU 1,5 kali dan GPU 1,6 kali dibandingkan Galaxy Tab S6 Lite 2020. Sebagai informasi, tablet S6 Lite 2020 memakai chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10nm.

Dengan performa yang semakin kuat, pengguna dapat menikmati berbagai fitur canggih di Galaxy Tab S6 Lite dengan nyaman dan lancar. Hal ini pun ditunjang layar 10,4 inci yang jernih dan kaya warna, membuat kegiatan produktif maupun aktivitas menikmati hiburan bisa dinikmati dengan nyaman. Terdapat pula fitur Split View yang memungkinkan membagi layar tablet yang luas ini untuk membuka dua aplikasi.

Baca Juga :  Rilis Global, Spesifikasi POCO M4 5G Lebih Sederhana Harga Murah

Terdapat S Pen dengan latensi rendah, desain yang ergonomis dan grip yang nyaman. Memanfaatkan S Pen dan aplikasi Samsung Notes, kita bisa memberi highlight pada teks, mencari file catatan dengan tag, serta mengunduh dan melakukan mark-up pada file PDF dengan mudah.

Performa juga ditopang oleh RAM 4GB dan internal storage sampai dengan 128GB, yang dapat diperbesar dengan microSD sampai dengan 1TB. Dengan kapasitas 1TB pengguna bisa menyimpan sekitar 250 ribu foto, atau 500 jam video, atau lebih dari 6 juta halaman dokumen.

Tablet ini dibekali dengan baterai berkapasitas 7.040mAh yang bisa dipakai menonton video sampai dengan 15 jam. Sayangnya, pengisian dayanya tidak ikut diupgrade, masih berkecepatan 15W yang tentu bakal butuh waktu cukup lama untuk mengisi daya baterai sebesar itu.

Berbasis One UI versi 4.0

Galaxy Tab S6 Lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 sudah menggunakan sistem operasi One UI versi 4.0 untuk tablet. Salah satu keunggulan sistem operasi terbaru ini adalah akses ke ekosistem Samsung dan aplikasi pihak ketiga untuk pengalaman mobile yang canggih.

Pengguna dapat melakukan copy & paste untuk teks maupun gambar dari smartphone ke tablet ataupun sebaliknya. Hal ini juga dapat dilakukan untuk Samsung Notes atau halaman web yang sedang dibuka di browser Internet.

Kerja sama Samsung dengan pihak ketiga, contohnya Google, juga membuat Galaxy Tab S6 Lite semakin serbaguna. Pengguna bisa melakukan video call dengan teman dan keluarga melalui aplikasi Google Duo untuk panggilan video berkualitas melalui kamera depan 5MP yang mendukung video beresolusi tinggi.

Untuk hiburan yang semakin lengkap, Samsung juga bermitra dengan Netflix dan Spotify sehingga bisa langsung menonton berbagai serial atau film yang sedang trending di Netflix. Nikmati juga track-track favorit di Spotify untuk menemani me time. Tablet ini sudah diperkuat dual-speaker berteknologi AKG untuk kualitas sound yang bertenaga.

Baca Juga :  Kadin Rangkul Huawei Bangun Zero Emmision Ekosistem di Indonesia

“Inovasi ini kami hadirkan agar pengguna semakin powerful dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan,” kata Annisa.

Wow! Pembaruan di bagian chipset ini inovatif sekali, ya.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Layar 10,4 inci, resolusi 1200×2000 (WUXGA+)
OS Android 12, One UI 4.0 
Warna Oxford Gray, Angora Blue
Dimensi & Bobot 244.5 x 154.3 x 7 mm, 467g (LTE)
Kamera Depan: 5 MP, video [email protected] Belakang: 8 MP (Wide), HDR, panorama, video [email protected]
Memori/ Penyimpanan 4GB RAM + 128GB, Micro SD (Up to 1TB)
Chipset Snapdragon 720G (8nm)
CPU Octa-core
Kapasitas Baterai 7.040mAh
Konektivitas GSM/HSPA/LTE, Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, VHT80 MIMO, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, A2DP, LE
Konektor Type C USB 2.0, 3.5mm Ear jack
Sensor Accelerometer, Proximity, Gyroscope
GPS GPS,Glonass,Beidou,Galileo,QZSS
Audio Dual stereo speakers, tuned by AKG
Harga Rp6.299.000