Samsung Galaxy M13 Series Hadirkan Teknologi 5G di Harga Rp2 Jutaan

India, Gizmologi – Vendor elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung kembali berikan penyegaran untuk seri smartphone-nya. Kali ini, giliran opsi yang lebih terjangkau pada Galaxy A Series. Dan tak hanya satu, hadir dua seri Galaxy M13 dengan spesifikasi yang dibuat sedikit berbeda.

Setidaknya sejak tahun lalu, Samsung tergolong rutin hadirkan dua opsi berbeda dalam nama produk yang sama. Yang dibedakan adalah adanya dukungan 5G, serta spesifikasi lain yang menyertainya. Samsung sendiri hadirkan Galaxy M13 Series di India untuk meneruskan lini yang menjadi paling populer di negaranya—telah terjual lebih dari 42 juta unit sejak 2019.

Keunggulan utama dari Galaxy M13 Series ada pada desainnya yang dibuat cukup minimalis, dengan tonjolan kamera individu di bagian belakang yang menyerupai Galaxy S22 Ultra. Juga dibekali dengan opsi RAM besar ekspansif, sekaligus kapasitas baterai lapang. Apa saja perbedaan dari Galaxy M13 & Galaxy M13 5G?

Baca juga: Samsung Kembangkan Chip 3nm Buat Penambang Bitcoin

Galaxy M13 5G Dibekali Layar 90Hz

Samsung Galaxy M13

Layaknya seri smartphone Samsung terjangkau sebelumnya, opsi 5G justru memiliki fitur lebih sederhana dari non-5G, yang mungkin ditujukan agar perbedaan harga tak terlampau jauh. Terlihat dari bodi belakang, yang justru memiliki dua kamera adalah Galaxy M13 5G, dengan sensor masing-masing 50MP dan 2MP sebagai penghasil efek portrait. Untuk versi 4G, ada tambahan sensor 5MP ultra wide-angle.

Keduanya sama-sama memiliki sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Sementara pada tampilan depan, memang terlihat identik karena sama-sama membawa desain Infinity-V display. Untuk Galaxy M13, dimensinya 6,6 inci dengan resolusi full HD. Versi 5G sedikit lebih kecil di 6,5 inci HD+, namun refresh rate naik ke 90Hz.

Baca Juga :  Tokopedia Hadirkan Modul Literasi Keuangan untuk Bantu UMKM

Tak seperti Galaxy M Series yang lebih mahal, keduanya masih dibekali dengan adaptor charger di dalam paket penjualan, mendukung fast charging 15W. Dengan dimensi yang sedikit lebih tipis dan ringan, versi 5G punya baterai 5,000 mAh. Sementara M13 biasa lebih besar, mencapai 6,000 mAh. Umumnya bisa bertahan hingga dua hari pemakaian.

Unggulkan Fitur Auto Data Switching

Samsung Galaxy M13

Untuk bisa menghadirkan dukungan jaringan 5G, Galaxy M13 5G ditenagai oleh chipset seri Dimensity 700 dari MediaTek, sementara M13 4G memakai cip Exynos 850. Sama-sama mendukung fitur RAM Plus, opsi RAM hingga 6GB bisa digandakan sampai 12GB untuk proses multitasking yang lebih lancar. Mengambil kapasitas memori internal 64/128GB.

Fitur lain yang diunggulkan lewat Galaxy M13 Series adalah Auto Data Switching. Pertama kali di segmen harganya, fitur inovatif ini memungkinkan smartphone untuk melakukan panggilan secara otomatis lewat jaringan data kartu SIM kedua, ketika SIM utama kehilangan koneksi internet tiba-tiba. Serta fitur AI pada baterai yang bisa hemat konsumsi daya.

Keduanya bakal mulai tersedia di India pada 23 Juli mendatang baik secara luring maupun daring. Harga Galaxy M13 5G varian termurah dibanderol mulai INR13,999, atau sekitar Rp2,6 jutaan. Sementara untuk versi 4G dengan baterai dan layar lebih besar, sedikit lebih murah di INR11,999 (Rp2,2 jutaan).