Samsung Galaxy M13 Resmi Diam-diam, Bawa Setup Tiga Kamera 50MP

Jakarta, Gizmologi – Samsung cukup banyak rilis produk smartphone dan rutin diperbarui sejak awal tahun 2022. Kali ini, giliran Galaxy M Series yang kedatangan tipe baru. Yakni Samsung Galaxy M13 yang rumornya sendiri sudah mulai bermunculan dalam beberapa waktu terakhir.

Kemunculan Samsung Galaxy M13 sendiri bisa dibilang agak diam-diam, seperti sejumlah seri yang juga “dipamerkan” oleh vendor asal Korea Selatan tersebut. Tidak melalui rilisan pers atau laman produk resmi, tapi spesifikasinya dijabarkan secara penuh. Lengkap dengan foto dari berbagai sisi yang sudah diunggah lewat situs Samsung Mobile Press.

Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy M12, Samsung Galaxy M13 terlihat lebih modern dengan setup kamera belakang sejajar yang lebih mirip Galaxy M23. Opsi warnanya pun lebih menarik, dengan hijau gelap dan dua pilihan warna lain lebih terang. Pada sektor spesifikasi, ada yang masih dibuat sama, ada pula yang ditingkatkan.

Punya Resolusi Layar Lebih Tinggi

Samsung Galaxy M13

Masih dalam bagian desain Galaxy M13, yang masih tetap sama adalah pemanfaatan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power, serta waterdrop notch pada tampilan depannya. Setup layar Galaxy M13 juga dibuat berbeda. Tidak lagi punya refresh rate tinggi, namun resolusinya meningkat menjadi full HD+. Dengan dimensi sedikit lebih besar mencapai 6,6 inci.

Chipset yang digunakan pun masih sama, yakni Samsung Exynos 850 octa-core yang sudah cukup hemat daya dengan proses fabrikasi 8nm. Terdapat pilihan penyimpanan memori internal 64GB/128GB, sementara opsi RAM hanya 4GB saja. Masih bisa ditambah dengan kartu microSD yang dapat menampung hingga kapasitas besar 1TB.

Kapasitas baterai Galaxy M13 juga tetap sama-sama besar di 5,000 mAh. Meski halaman spesifikasinya tidak menyebutkan kecepatan charging, SamMobile menginformasikan kalau perangkat ini sudah lolos sertifikasi dari FCC dan TUV Rheinland. Di mana tertulis pada basis data kalau smartphone Samsung baru ini mendukung hingga 15W fast charging.

Baca Juga :  Qualcomm Pamerkan Perkembangan Modem Snapdragon X70 5G, Siap Kembangkan Robot Otonom

Kamera Samsung Galaxy M13 Beresolusi Lebih Tinggi

Samsung Galaxy M13

Perbedaan selain pada desain adalah dimensinya yang lebih tipis dan ringan, masing-masing punya nilai 8,4mm dan 192 gram, sehingga tidak terlalu bongsor seperti pendahulunya. Lalu pada sektor kamera, kamera belakang Galaxy M13 memang berkurang satu alias tanpa sensor makro. Namun sensor utamanya naik kelas, kini beresolusi 50MP dengan diafragma sebesar f/1.8.

Dua sensor lainnya masih sama, yakni 5MP ultra wide-angle dan 2MP depth sensor. Karena ini adalah perangkat yang lebih baru, tentunya Samsung Galaxy M13 sudah menjalankan Android 12 yang lebih kekinian dengan One UI Core 4.1. “Core” diartikan kalau fiturnya tidak sebanyak versi standarnya. Dan belum ada informasi apakah smartphone ini bakal mendukung fitur seperti RAM Plus, yang banyak tersedia di Galaxy A Series murah sekalipun.

Meski spesifikasi Galaxy M13 sudah ditampilkan secara lengkap, Samsung masih belum mengungkapkan harga jual dari smartphone Android terbarunya satu ini. Di Indonesia sendiri, Galaxy M12 sudah mengalami penurunan harga dari Rp2,099 juta menjadi Rp1,999 juta. Seharusnya bakal tak jauh berbeda, mengingat spesifikasi masih relatif serupa.