Review Samsung Galaxy A23: Sesuai Fungsi dan Kebutuhan Masa Kini

Hadirnya Samsung Galaxy A23 menambah daftar panjang deretan smartphone serie A dari pabrikan Korsel tersebut. Mudah diduga bahwa kehadiran smartphone ini untuk memperluas opsi bagi konsumen, agar lebih mudah menemukan produk spesifik untuk karakteristik mereka. Galaxy A23 pun sejatinya hanya mengusung sedikit perbedaan -tapi signifikan- dibandingkan saudara lainnya di seri yang sama.

Hadir dengan salah satu senjata andalan berupa fitur NFC (Near Field Communication), membuat Galaxy A23 dapat dengan mudah masuk radar beli konsumen. Maklum saja, semakin hari penggunaan uang digital berbasis kartu semakin masif. Maka keberadaan perangkat smartphone yang mendukung pengecekan saldo dan refill saldo semakin krusial.

Aktualisasi fitur pada smartphone juga terasa ketika melihat menu pengaturan memori RAM, dengan opsi tambahan virtual. Kebutuhan memori dari aplikasi yang semakin bengkak setiap selesai update, seperti tidak jadi masalah bagi Galaxy A23. Paling tidak sampai durasi waktu 2 – 3 tahun ke depan.

Seberapa jauh fitur-fitur tersebut mampu mendukung kinerja smartphone, tentu perlu experience lebih panjang. Namun paling tidak, pada ulasana kali ini, kami dapat memberi gambaran sejauh mana kemampuan Samsung Galaxy A23 pada tiap bagiannya.

Desain

desain samsung galaxy a23

Jika memerhatikan seluruh desain Galaxy tipe A kategori mid-end, maka kita dapat dengan mudah terkecoh dengan rincian tipenya. Sebab untuk seri A13 sampai A73 memiliki desain cover dan penempatan kamera sama persis. Meskipun pada kamera depan terdapat beberapa perbedaan signifikan.

Samsung Galaxy A23 sendiri tidak lepas dari desain serupa. Minimalis dan elegan. Ada tiga pilihan warna: Black, Blue, dan Peach. Warna Black (hitam) kami tempatkan pada prioritas pembelian. Sementara dua warna lain, pada satu titik, membuat kami ingin segera menyematkan pelindung bodi tambahan. Di sisi lain, kedua warna tersebut merupakan indikasi segmen yang diharapkan oleh Samsung, yakni pengguna muda.

Terlepas dari pilihan warna, kami menyarankan segera menggunakan pelindung bodi saat memiliki smartphone ini nantinya. Sebab cover smartphone berbahan plastik ini terasa licin dan kurang nyaman digenggam. Pada beberapa kesempatan, nyaris saja smartphone terlepas dari jemari saat asyik scrolling atau mengetik pesan.

Layar

Samsung Galaxy A23

Banyaknya produk memang mendorong opsi pembelian sesuai karakter pengguna. Opsi tersebut juga berarti, tidak seluruh fitur terbaik dapat ditemukan. Beda tipe, maka beda pula fitur yang dijejalkan. Terkadang kamera yang bagus di satu tipe, harus tereliminasi pada tipe lain, namun ditambal kehadiran fitur berbeda. Itulah yang dirasakan pada Samsung Galaxy A23.

Salah satu kemampuan yang ada di bawah saudaranya yang lain, ialah kualitas layar utama. Galaxy A23 ‘hanya’ dibekali layar berteknologi PLS TFT LCD. Itulah mengapa sajian visual pada smartphone ini tidak semenarik A33 5G misalnya, yang sudah menggunakan teknologi Super AMOLED. Faktor kontras tetap menjadi isu bagi layar berbasis teknologi LCD.

Baca Juga :  MSI Summit 14 Evo A12M, Laptop Kelas Bisnis Andalan dengan Fitur Keamanan Lengkap

Kekurangan di sektor teknologi display, berusaha ditambal dengan sajian dimensi layar sebesar 6,6 inci. Ukuran sebesar itu memang membuat tayangan video maupun foto terasa lega di mata. Hal itu membuat Galaxy A23 cocok bagi Gizmo friends yang senang menonton lewat smartphone, baik untuk melihat Youtube, Reels, TikTok, maupun Netflix dalam durasi yang panjang.

Sementara itu material Gorilla Glass 5 yang digunakan untuk layar utama, cukup menghilangkan kekhawatiran bahwa layar akan mudah tergores. Meski tentu saja, menggunakan pelindung tambahan jadi opsi menarik, sekaligus berjaga ketika smartphone terbentur benda keras atau terjatuh.

Kamera Samsung Galaxy A23

IMG20220425103633

Deretan kamera mentereng di cover belakang Galaxy A23 lumayan membuat optimis siapapun yang melihatnya. Optimisme yang dibarengi sajian fitur lensa berkemampuan 50 MP sebagai kamera utama. Ditambah dengan deretan lensa lain untuk sajian portrait, makro, dan panorama. 

Samsung sudah menyematkan fitur andalan OIS (Optical Image Stabilization) yang saat ini hanya ditemukan pada deretan smartphone di kelas mid-to-high milik Samsung. Fitur ini secara umum membantu menghasilkan hasil video maupun foto agar lebih maksimal dengan mengurangi efek getaran tangan. Sehingga meminimalisir foto blur maupun distorsi pada gambar.

Hasil foto dari Galaxy A23 terhitung cukup baik. Meski pada mode makro perlu diperhatikan secara tepat mengenai jarak dan pencahayaan agar hasil foto lebih maksimal. Sedangkan jika hendak mendapatkan hasil gambar dengan resolusi 50 MP, Gizmo friends perlu memindahkan skala terlebih dulu dari pengaturan awal. Pada tingkat resolusi terbaik, kapasitas memori yang digunakan pun besar, dapat mencapai kisaran 6MB per foto.

IMG20220425102601

Menu pengaturan kamera terhitung lengkap. Mulai dari scene optimizer, mode HEIF, preview swafoto, hingga metode pengambilan foto tersedia demi kemudahan pengguna.

Samsung juga menyematkan fitur Augmented Reality (AR) Zone dalam menu kamera. Guna fitur ini untuk membuat avatar, stiker, hingga gambar dekorasi dalam dunia virtual yang dibuat Samsung. Pengguna hanya perlu mengambil swafoto untuk kemudian hasilnya diolah menjadi avatar, yang masih dapat dikostumisasi.

Hasil foto Samsung Galaxy A23

Cv3VA6Mirix6UzLbQUDyJ6HwhQtJIFQzK8I fuM6IK51WYl0yY4ENdi0GabMmIJ2WlfEHfd6PsahVVumwSqpBLinxl MiZqQ tLYc1yE0eTgQyd41KOE57plrvHp1Xhl9pKXmlOrXKg=w2400
Menggunakan lensa ultra wide (zoom 0,5x)
QFUBySECzxd2KOLUU7oI3yG7LtTahzhzEcTZP6RXOsVQanYXZQvbDMGd9D37Ca6XTM7ujWUk7Amp4rdfuRLekkejX8thxa NugCOLhQuWELX OM8xYQTg9 He 8mSRgfbwfuM95Va 8=w2400
Lensa utama (zoom 1x)
xeSFuvSUGlNs vyNuUkOxSdwL1W6ghwp5qp5gW6BbGOQC7kaZQrFOy1 8se 3Y5LXOsdUgY BONizOtvVSrXeuLbEoNDR4QGC 9gLQ9FheKWswy4WKbQEOHOxtGQSj23Uk8 K4YArZw=w2400
Kamera dengan perbesaran 2x
y5Zl vVp1DDUc1oyERxN1LwH7O9rEI6WjcIj4Sh7E vG fuIxMPBhTABj4sWLovplUDnt92Z8ZZMIWwWjZWia7ENTWZoctSYpDKE01Nx2pMefS2lZeMWlreHWUigLbXk 213zZrCmHY=w2400
Hasil foto di dalam ruangan
SdUbsV810I8IypD6uUE81zOp G4X7mdfrwekFJKv MdLH6CPj5oi3Bq1POML TFa7B1BuaDEQFkK ab gcrVqlMrb28tVM4jPNr1M3avqLEGpRBCVPtAqVvdwnZum1Gs1KHcubpOzg=w2400

Hasil foto lainnya dari kamera Samsung Galaxy A23 bisa kamu cek di album foto berikut ini.

Fitur

Sudah disebutkan di atas bahwa Galaxy A23 dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC). Fitur ini relatif jadi favorit pengguna di era digital saat ini, selain juga memudahkan segala aktivitas terkait penggunaan uang digital. Selain tipe A13 ke bawah, tipe A23 dan seri A lainnya telah memiliki fitur ini dalam setiap produknya.

Baca Juga :  Microsoft Siapkan Update xCloud, Hadirkan Fitur Penggunaan Keyboard dan Mouse

Pada mode pengamanan, Gizmo friends akan menjumpai deretan mode pengaman sesuai karakter pengguna. Tapi ada satu yang tak boleh lupa, yakni fingerprint. Sementara kualitas layar kurang mumpuni untuk dijejalkan sensor sidik jari, Galaxy A23 menggunakan area tombol power untuk dipakai sebagai sensor. Hasilnya, proses verifikasi sidik jari terasa mudah dan cepat.

Satu lagi fitur menarik pada smartphone ini terkait pengaturan RAM. Meski sudah dijejali kapasitas RAM sebesar 6GB, namun tren virtual RAM – lungsuran dari mode pengaturan di sistem PC – turut diadopsi Galaxy A23. Fitur RAM Plus pada smartphone memiliki tiga opsi: 2GB, 4GB, dan 6GB. Pengguna dapat memilih tambahan RAM virtual yang diinginkan.

Meski demikian, keberadaan virtual RAM tidaklah meningkatkan kemampuan komputasi secara signifikan seperti halnya RAM fisik. RAM virtual hanya mendorong penggunaan aplikasi secara masif dalam satu waktu dapat lebih nyaman digunakan, atau multitasking jadi lebih mudah. Terutama di era kapasitas memori aplikasi gemuk saat ini.

Kinerja

galaxy a23

Bicara performa Galaxy A23, sudah cukup mumpuni. Dibekali chipset Snapdragon 680 berkecepatan hingga 2.4 GHz, 1.9 GHz. Serta dipadukan dengan memori RAM 6GB dan ROM 128 GB (dapat ditambahkan hingga 1TB lewat slot memori). Performa harian untuk penggunaan basic dalam mode multitasking juga tidak ada masalah sama sekali. Peralihan antar menu berlangsung smooth. 

Kombinasi yang cukup untuk mendorong smartphone ini digunakan sebagai perangkat gaming maupun editing video. Untuk gaming bervisual 3D yang sempat kami jajal, berjudul Endless Nightmare: Weird Hospital, memberikan dinamika kamera dan output audio yang nyaman. Untuk smartphone kelas menengah begini, urusan performa gaming memang sudah sangat baik, kok.

Dalam uji performa menggunakan Antutu Benchmark, hasil yang didapatkan untuk Galaxy A23 seperti prakiraan tidak akan sampai di ranking atas.

Baterai

Kapasitas daya baterai 5000mAh untuk saat ini memang sudah sangat mencukupi menyokong performa Galaxy A23. Juga untuk pengguna yang gemar menghabiskan waktu berlama-lama di depan smarpthone. Kapasitas tersebut pun mendapat dukungan daya pengisian lewat fitur fast charging untuk mengisi baterai secara cepat.

Pada kondisi idle, tidak terpakai, meski jaringan data terus dinyalakan tidak membuat baterai smartphone ini cepat drop. Saya sendiri sempat mendiamkan smartphone ini nyaris selama satu pekan, diselingi dengan aktivitas memotret, nyatanya tidak membuat kondisi baterai habis secara cepat. Pada saat digunakan kembali masih ada sisa sekitar 13% sebelum akhirnya saya kembali mengisi daya di tempat singgah.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A23 mungkin bukan yang terbaik dari seri A milik Samsung. Namun smartphone ini jelas layak jadi pilihan di kelas menengah. Beberapa fitur yang disematkan cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar masa kini. Seperti keberadaan NFC yang sangat bermanfaat saat hendak melakukan pengecekan maupun pengisian saldo uang digital Gizmo friends semua.

Baca Juga :  Inilah Harga POCO F4 Resmi Indonesia, Pengalaman Flagship Mulai Rp5 Jutaan!

Samsung membanderol produk ini di harga resmi Rp3.499.000,-. Harga yang relatif mampu bersaing dengan smartphone lain di kelas yang sama, namun dengan keunggulan berbeda. Selalu ada nilai plus dan minus dari setiap produk smartphone di kelas menengah. Maka prioritas pengguna akan menentukan smartphone mana yang akhirnya jadi pilihan utama.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23

Samsung Galaxy A23 Tampak Depan
Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
Samsung Galaxy A23 5G

Released
31 Maret, 2022

Status
Available

Price
Rp3499000 (6GB/128GB)

Platform


Chipset
Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)

CPU
Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver)

GPU
Adreno 610

RAM (Memory)
6 GB

Storage
128 GB

External Storage
microSD (dedicated)

Operating System
Android 12

User Interface
One UI 4.1

Design


Dimensions
164.5 x 76.9 x 8.4 mm

Weight
195 g

Design Features
Glass front (Gorilla Glass 5), plastic frame, plastic back
Colors: Black, White, Peach, Blue

Battery
Li-Po 5,000 mAh, non-removable
Fast charging 25W

Display


Screen Type
PLS LCD, 90Hz

Size and Resolution
6.6 inches, 1080 x 2408 pixels,

Touch Screen
capacitive touchscreen

Features
90Hz refresh rate
Infinity-U display
Gorilla Glass 5

Network


Network Frequency
GSM/ HSPA/ LTE

SIM
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF, OIS
5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/5″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)

Front
8 MP, f/2.2, (wide)

Flash
Yes

Video
4k 30fps, 1080p 30/60fps

Camera Features
LED flash, Panorama, HDR, Portrait, Night mode, Pro mode

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.1, A2DP, LE

USB
2.0, Type-C 1.0 reversible connector

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

HDMI
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
3.5mm jack,

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5, Google Chrome

Messaging
SMS, MMS, Instant Messaging

Sensors
Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, compass
Virtual proximity sensing

Selalu ada nilai plus dan minus dari setiap produk smartphone di kelas menengah. Maka prioritas pengguna akan menentukan apakah Samsung Galaxy A23 layak jadi pilihan.

  • Design

  • Display

  • Performance

  • Features

  • Battery