Samsung Galaxy A23 5G Meluncur Diam-diam, Chipset Lebih Kencang

Korea, Gizmologi – Selain tengah menyiapkan smartphone layar lipat terbaru yang bakal rilis 10 Agustus mendatang, Samsung ternyata diam-diam menghadirkan smartphone 5G kelas terjangkau. Muncul di situs resmi Samsung Mobile Press, Galaxy A23 5G tampil dengan desain identik seperti versi 4G yang sudah rilis resmi di Tanah Air.

Ya, sudah umum bagi Samsung untuk merilis beberapa seri dengan penamaan angka yang sama. Galaxy A23 5G bisa disebut sebagai penerus seri A22 5G, sama seperti A23 4G dengan A22 4G. Vendor asal Korea Selatan ini ingin berikan opsi berbeda untuk para konsumennya, yakni ingin memaksimalkan hardware lain atau dukungan 5G.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A23: Sesuai Fungsi dan Kebutuhan Masa Kini

Yang biasanya terjadi, versi 5G punya spesifikasi lebih sederhana dari varian 4G, supaya harganya tidak terpaut terlalu jauh. Namun sepertinya tidak pada Galaxy A23 5G. Setidaknya secara desain, sama persis hingga ke dimensinya, selain memiliki bobot lebih berat 2 gram. Jumlah kamera belakang tetap sama, begitu pula desain waterdrop notch di depan.

Hadir Bawa Banyak Opsi RAM

Galaxy A23 5G

Membawa dukungan jaringan lebih future-proof, Samsung Galaxy A23 5G ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695, alias sama seperti OPPO Reno7 Z 5G. Cip tersebut dirilis bersamaan dengan Snapdragon 680 yang dijalankan Galaxy A23 4G, sama-sama punya fabrikasi 6nm yang tergolong efisien daya, namun dengan CPU inti Kryo terbaru.

Samsung sediakan opsi RAM 4/6/8GB, serta penyimpanan internal 64/128GB—umumnya, yang seperti ini bergantung dari kebijakan masing-masing negara untuk hadirkan salah satu maupun semua varian opsi memori. Ada slot kartu microSD yang bisa menampung memori tambahan hingga kapasitas 1TB. Sementara pada sektor software, sudah jalankan Android 12 dengan One UI 4.1.

Baca Juga :  Dell Latitude 9330, Laptop Bisnis Flagship dengan Fitur Khusus Rapat Virtual

Kapasitas baterai Galaxy A23 5G juga bakal cukup besar di 5,000 mAh. Pada halaman spesifikasi resminya, tak disebutkan kecepatan pengisi dayanya. Namun dari lembaga sertifikasi FCC yang mengunggah data mereka sekitar tiga pekan lalu, terindikasi sama seperti versi 4G. Yakni 25W fast charging, yang juga kemungkinan harus membeli adaptor sendiri.

Kamera Galaxy A23 5G Tetap Didukung OIS

Galaxy A23 5G

Untuk bagian tampilan depan, Galaxy A23 5G juga sama-sama mengusung panel layar LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi full HD+. Namun tak disebutkan seberapa tinggi nilai refresh rate-nya, apakah bakal turun ke 60Hz atau tetap 90Hz seperti versi 4G. Di dalam waterdrop notch, disematkan sensor kamera depan 5MP f/2.2.

Sementara di belakang, setup empat kamera Galaxy A23 5G benar-benar tidak diubah. Sensor utama 50MP sudah didukung dengan OIS untuk video yang lebih stabil, ditemani sensor ultra-wide 5MP, dan dua modul kamera 2MP—masing-masing untuk depth sensor serta makro. Sensornya cukup lengkap, termasuk sidik jari yang menyatu bersama tombol power.

Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G bakal hadir dalam empat opsi warna berbeda; Orange, Light Blue, White, dan Black. Hingga saat ini, Samsung belum menyebutkan secara resmi harga Galaxy A23 5G. Yang pasti, bakal mendekati atau lebih bakal dari generasi sebelumnya di Rp3,1 jutaan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News