Samsung Galaxy A04 Rilis Diam-diam, Bawa Sensor Kamera Utama 50MP

Jakarta, Gizmologi – Bukanlah kali pertama, vendor elektronik raksasa asal Korea Selatan satu ini menampilkan produk terbarunya secara penuh lewat situs resminya tanpa pemberitahuan. Kali ini, giliran Samsung Galaxy A04 yang sempat bocor spesifikasinya beberapa hari terakhir. Sudah bisa ditemukan lewat halaman Samsung Mobile Press Global.

Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung Galaxy A Series memang hadir dengan lebih banyak varian smartphone. Mulai dari segmen premium mendekati flagship, sampai kelas harga Rp1 jutaan. Di Indonesia sendiri, Samsung baru saja memperbarui tiga varian smartphone termurahnya yang masih ke dalam Galaxy A03 Series. Semuanya hadir membawa memori lebih besar.

Generasi sebelumnya, Galaxy A03, termasuk jagoan Samsung untuk harga sejutaan. Mei lalu, smartphone Samsung terjangkau satu ini ditingkatkan kapasitas penyimpanan internalnya menjadi 128GB, dijual seharga kurang dari Rp2 juta. Bila dilihat secara spesifikasi, Galaxy A04 bakal jadi suksesor yang pas. Karena perbedaan antara keduanya tergolong tipis.

Baca juga: 3 Pilihan Warna Samsung Galaxy A03 Core: Makin Stylish, Harga Sejutaan

Kamera Galaxy A04 Lebih Mirip Flagship

Samsung Galaxy A04

Secara tampilan maupun dimensi, Galaxy A04 masih kurang lebih sama, punya ketebalan yang sama persis di 9,1mm. Hanya saja, 4 gram lebih ringan alias 192 gram. Dan bila dilihat lebih dekat, desain modul kamera belakangnya dibuat berbeda—tak memiliki tonjolan modul khusus, masing-masing dari kedua sensor dibuat terintegrasi, menyerupai Galaxy S22 Ultra.

Dalam daftar sensor, tidak tertulis kalau smartphone ini didukung dengan sensor sidik jari untuk fitur keamanannya. Juga tidak ada foto pada bagian sisi bawah, namun Gizmochina menuliskan kalau akhirnya Galaxy A04 sudah menggunakan jenis port USB-C yang lebih modern. Meninggalkan port micro-USB yang sejatinya masih lumrah untuk smartphone sejutaan.

Baca Juga :  KoinWorks NEO Inspire Libatkan Hampir 9 Ribu UKM di Indonesia

Tampilan depan Galaxy A04 sendiri masih persis, memiliki layar yang cukup luas di 6,5 inci dengan waterdrop notch dan resolusi HD+. Belum gunakan refresh rate tinggi, sementara sensor kamera depannya juga masih sama yakni 5MP f/2.2. Sedikit perbedaan ada pada spesifikasi kamera Galaxy A04 di sisi belakangnya.

Generasi sebelumnya membawa setup dua sensor terpisah, dengan sensor utama 48MP yang dibantu dengan modul depth sensor 2MP. Penerusnya kali ini mengusung sensor dengan resolusi lebih tinggi, yakni 50MP f/1.8. Tak disebutkan jenis sensornya, namun Samsung cukup terkenal untuk gunakan Samsung JN1 pada beberapa seri entry level-nya.

Jalankan Android 12, Harga Galaxy A04 Lebih Mahal

Samsung Galaxy A04

Meski sudah tampil di situs resminya, tak disebutkan secara spesifik jenis chipset yang disematkan. Diperkirakan bila Galaxy A04 mengusung cip Exynos 850 octa-core. Sementara opsi RAM-nya cukup fleksibel di 4GB/6GB/8GB, dengan penyimpanan internal sampai 128GB. Masih bisa ditambah lewat kartu microSD, yang mendukung kapasitas sampai 1TB.

Kapasitas baterai Galaxy A04 berukuran 5,000 mAh, belum mendukung fast charging. Smartphone ini bakal menjalankan sistem operasi berbasis Android 12, dengan tampilan antarmuka One UI Core 4.1. Karena masih berada dalam kelas entri, wajar kalau jack audio 3,5mm masih bisa ditemukan, bersama dengan opsi dua kartu SIM.

Walaupun spesifikasi kuncinya sudah ditampilkan secara resmi, Samsung belum memajang harga Galaxy A04 secara blak-blakan. Dari rumor yang ada, bakal dibanderol mulai EUR169, atau sekitar Rp2,4 jutaan. Tentu terasa jauh lebih mahal dari Galaxy A03, namun perlu diingat, harga dengan kurs Euro memang selisih cukup jauh lebih mahal.