Review HP Victus 16 (d0107TX): Performa Gaming Ngebut Cocok Juga Buat Konten Kreator

Sama seperti laptop Victus varian lainnya, laptop dari Hewlett Packard atau HP Victus 16 ini punya desain yang simpel untuk kelas gaming di Indonesia. Bisa dilihat di bagian cover belakangnya hanya terdapat logo Victus berbentuk V tanpa corak yang aneh-aneh, membuatnya semakin eye catching ketika dibawa nongski.

Apalagi laptop gaming keluaran tahun 2021 ini sudah ditenagai prosesor Intel Core i7-11800H generasi 11 atau Tiger Lake H45 yang ditandemkan dengan grafis Nvidia GeForce RTX 3060. Berbekal spesifikasi ini tentu masih kuat melibas game kekinian dengan grafis optimal.

Dibanderol dengan harga Rp20 jutaan, apa saja yang bisa Gizmo friends dapatkan dari sebuah laptop gaming simple berwarna hitam glossy ini? Berikut ulasan lengkap HP Victus 16 (d0107TX).

Desain

Laptop ini punya size cukup bongsor dengan panjang 37cm dan lebar 26cm serta ketebalannya 2.46cm untuk sebuah perangkat gaming yang membawa nama Victus. Jadi jangan tanyakan soal bobotnya yang berada di kisaran angka 2,46Kg, bila ditambah dengan charger maka berat keseluruhan laptop ini mencapai 3Kg.

Jelas, bukan laptop portabel yang nyaman buat dibawa ke mana-mana atau dimasukkan ke backpack 14 inci bersamaan dengan barang lainnya. Meski begitu, laptop Victus 16 punya material cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari.

Bahasa desain yang sama seperti saudara kandungnya OMEN atau Pavilion berbahan polikarbonat, membuatnya tidak mudah baret atau goresan halus. Namun sesekali, laptop ini dibersihkan dari noda bekas sidik jari dengan tissue sekali usap saat pemakaian.

Bagian Belakang HP Victus 16
Detail HP Victus 16

Kalaupun ada keluhan, kami merasa bagian cover layar HP Victus 16 terlalu “wobble” sehingga tidak terlihat kokoh dan mudah untuk digoyangkan, baik disengaja maupun tidak. Memang tidak mengganggu performa, tapi rasanya ketika digunakan pada meja portable, membuat saya harus ekstra hati-hati ketika menggunakan laptop ini.

Layar

Terlepas dari masalah cover laptop yang wobble, HP Victus 16 d0107TX dibekali dengan layar berukuran 16.1 inci full HD menggunakan panel IPS beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan tingkat kecerahan 250 nits yang mampu menghasilkan sudut pandang lebih luas dan kaya warna 45% NTSC color gamut.

Menawarkan refresh rate 144Hz yang smooth. Ukuran layar 16 inci saat ini memang menjadi tren dan telah diadopsi oleh beberapa vendor laptop karena menawarkan pengalaman visual yang lebih lega dan imersif.

Baca Juga :  Amazon IVS PoPs Bantu Konten Live Streaming Lebih Lancar

Bezel atas, kiri dan kanan sudah tergolong tipis menjadikan HP Victus sebuah laptop gaming all-rounder juga cocok digunakan oleh kreator konten maupun pengguna kasual yang membutuhkan performa kencang. Ditambah HP membekali layar HP Victus 16 fitur anti-glare dan Low Blue Light agar mata tak lekas lelah saat bermain game dalam waktu lama.

Port dan Konektivitas

Port HP Victus 16
Kelengkapan Port di HP Victus 16

Konektivitas laptop gaming HP Victus 16 d0107TX ini terbilang lengkap. Di sebelah kanan ada dua Port USB 3.2 Gen 2. Lalu di sebelah kiri ada satu port USB 3.2 Gen2 Type-C (5 Gb/s signaling rate, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge, Port HDMI 2.1 card reader, dan port combo audio.

Sementara untuk konektivitas internet, laptop ini sudah mendukung Wi-Fi 6 dengan Intel AX 201 (2×2), dan dukungan Bluetooth 5.0 yang lebih hemat daya dengan cakupan luas. Tidak ketinggalan port LAN 10/100/1000 GbE.

Di sisi audio, HP Victus 16 d0107TX mengandalkan dukungan dua buah speaker buatan Bang & Olufsen Play atau B&O Play yang ditandemkan dengan HP Audio Boost. Sehingga dapat menghasilkan suara jernih dan kaya detail untuk memanjakan telinga gamer saat bermain game atau menikmati konten multimedia.

Performa

Bisa dibilang, varian yang saya ulas ini punya performa yang cukup powerful di kelasnya. Mengingat kelebihan utama yang ditawarkan oleh laptop gaming ini adalah dukungan prosesor Intel Core i7-11800H octa-core (16 thread) Tiger Lake H45 yang berlari dengan kecepatan standar 2,3GHz dan TurboBoost hingga 4,6GHz. Chipset ini ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 16GB jenis DDR4 dengan kecepatan 3200MHz dual-channel yang upgradable hingga 32GB.

Menggunakan laptop ini untuk kebutuhan browsing, membuka aplikasi Office, hingga Xbox PC Pass dalam satu waktu bisa dilakukan secara lancar. Suhu permukaan laptop ini pun cukup terjaga, dan suara kipas yang cenderung senyap, dan tidak terlalu meraung ketika digunakan saat dalam kondisi full load.

Buat sisi grafis, laptop ini mengandalkan dua graphics card yang terdiri dari Intel UHD Graphics Xe 750 (32 EUs) dan ditandemkan diskrit kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060. Performa grafis Intel UHD Graphics Xe 750 ini terbilang standar dan memadai untuk menangani komputasi sehari-hari.

Baca Juga :  Bertemu Jokowi di Space X, Elon Musk Siap ke Indonesia Bahas Proyek Masa Depan

Namun ketika digunakan untuk menjalankan game kompetitif seperti Valorant dan Genshin Impact, mendapat pengaturan grafis default high. Di mana laptop ini akan mengalihkannya ke GPU Nvidia GeForce RTX 3060 yang berbasis chip GA106 yang dikombinasikan dengan memori VRAM 6GB GDDR6 berkecepatan 14Gbps. Sudah barang tentu bakal lancar untuk bermain gim AAA lainnya.

HP juga sediakan aplikasi khusus bernama HP CoolSense. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur kinerja CPU serta putaran kipas, saat laptop sedang dibawa-bawa atau diletakkan dalam posisi yang tidak tetap atau stationary seperti di atas meja. Total ada dua kipas di bagian bawah, yang bisa keluarkan angin lewat lubang khusus di bodi belakangnya.

Fitur Lainnya

Spek HP Victus 16
Jeroan HP Victus 16

Tidak ada fitur gaming khusus pada HP Victus 16, selain aplikasi OMEN Gaming Hub yang sama dengan saudara-saudaranya. Aplikasi ini secara otomatis mengkurasi game-game yang sudah dipasang di laptop.

Beralih ke keyboard, HP Victus 16 hanya memiliki single white backlit. Kendati bukan RGB atau warna lain, kehadiran lampu backlit cukup nyaman digunakan saat bermain game atau mengetik dalam kondisi kurang cahaya. Laptop ini juga dibekali dengan numeric keypad yang mendukung teknologi 26-Key Rollover Anti-Ghosting Key untuk kenyamanan bermain.

Baterai

Hewlett Packard membekali laptop ini dengan baterai berkapasitas 4-cell 70 Whrs Lithium ion polymer. Meski ukurannya terbilang besar, sayangnya kebutuhan daya untuk gamer hanya mampu bertahan hingga 7 jam 15 menit untuk penggunaan komputasi standar.

Dalam pengujian saya tergolong ringan, membuka beberapa tab browser dari Opera Browser, Xbox dan streaming Youtube. Dengan mode battery saver dan kecerahan 75-85%, hanya mencapai maksimum 4 jam. Dan untuk mengisi daya, butuh waktu sedikit lebih dari 2 jam untuk capai 100%, atau -+40% dalam waktu 30 menit pengisian.

Kesimpulan

Logo HP Victus 16
Logo V di HP Victus 16

Seri HP Victus 16 yang satu ini kami rasa bisa jadi opsi menarik buat kalian para gamers yang butuh laptop tangguh, elegan dan punya performa kencang di kelasnya. Intel Core i7-11800H dan NVIDIA GeForce RTX 3060 sangat mumpuni untuk menemani aktivitas gaming dengan real time ray tracing yang memukau.

Pabrikan Amerika Serikat ini juga membekali laptopnya dengan sistem operasi Windows 10 Home x64 dan Microsoft Office Home & Student 2019 asli besutan Microsoft yang terinstal di dalamnya. HP Victus 16 bisa jadi pilihan terbaik buat gamer maupun konten kreator dengan harga ritelnya sekitar Rp20,999 jutaan.

Baca Juga :  Veeka, Aplikasi Kencan Pesaing Tinder dengan Fitur Multi-video

Melihat spesifikasi, harga yang ditawarkan cukup menarik dan membuat laptop gaming ini tak hanya cocok untuk gamer, tetapi juga kreator konten dan pengguna kasual. Kendati demikian, ada sedikit catatan, beberapa kekurangannya selain cover layar yang wobble, daya tahan baterai serta dimensinya yang memang relatif bongsor.

Namun lagi-lagi, namanya juga laptop gaming. Situasi tersebut sangat umum dan wajar ditemukan pada produk kompetitor. Jadi kalau memang bukan masalah untuk Gizmo friends, silakan jadikan laptop ini sebagai konsiderasi utama.

Spesifikasi HP Victus 16 (d0107TX)

HP Victus 16 - APS
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Laptop

Model / Series
HP Victus 16 2021

Released
26 Juli, 2021

Status
Available

Price
Rp20.999.000

Platform


Processor
Intel® Core™ i7-11800H (2.3 GHz base frequency, up to 4.6 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 24 MB L3 cache, 8 cores, 16 threads)

VGA (Graphic Card)
NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 with Max-Q design (6 GB GDDR6 dedicated)

RAM (Memory)
16 GB DDR4-3200 SDRAM (upgradeable to 32GB DDR4)

Storage
512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD (upgradeble 1 slot M.2 NVMe)

Operating System
Windows 10 Home

Body


Dimensions
37 x 26 x 2.35 cm, 2,46kg

Display
40.9 cm (16.1″) diagonal FHD, 144 Hz, IPS, anti-glare, micro-edge, WLED-backlit, 250 nits, 45% NTSC (1920 x 1080)

Battery
4-cell, 70 Wh Li-ion, up to 9 hours video playback, 200W smart AC power adapter

Connectivity


Webcam
HD WideView Vision Camera

Bluetooth
5.0

Wi-fi
802.11 ax

NFC

I/O Interface
1 SuperSpeed USB Type-C® 10Gbps signaling rate (USB Power Delivery, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge); 1 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate (HP Sleep and Charge); 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 2.0; 1 RJ-45; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo; 1 multi-format SD media card reader

Other


Audio
Audio by B&O; Dual speakers; HP Audio Boost 1.0

Features
Full island with white backlit keyboard, 26-Key Rollover Anti-Ghosting Key technology, numeric keypad

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News