Daftar Merchant ShopeeFood & ShopeePay Kini Bisa Langsung dari Aplikasi!

Jakarta, Gizmologi – Bagi para pelaku UMKM yang ingin perluas cakupan produknya ke lebih banyak orang, kini ada kabar baik. Diresmikan pada 17 Mei 2022, Shopee hadirkan fitur Registrasi Mandiri ke dalam aplikasi Shopee Partner. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut memungkinkan pemilik usaha untuk bergabung ke dalam platform ekosistem Shopee.

Lebih tepatnya yakni ShopeeFood dan ShopeePay, dua entitas penting yang berperan banyak terutama selama pandemi yang telah berlangsung lebih dari dua tahun ini. Kehadiran fitur Registrasi Mandiri ditujukan untuk permudah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM.

Di luar dari komitmen perusahaan, fitur anyar dari Shopee kali ini bakal jadi salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap percepatan akselerasi pertumbuhan ekonomi digital nasional. Pemerintah Indonesia sendiri targetkan setidaknya 30 juta UMKM terdaftar ke dalam ekosistem digital, setidaknya pada tahun 2024 mendatang.

Dalam peresmian fitur Registrasi Mandiri, ShopeeFood juga menggandeng komunitas wirausaha terbesar di Indonesia yakni Tangan di Atas (TDA). Sekaligus umumkan program untuk tingkatkan keterampilan digital para UMKM lokal.

Dorong UMKM Masuk ke Ekosistem Digital

ShopeePay Mid Year Deals

“Di era transformasi digital sekarang ini, adaptasi teknologi menjadi kunci utama bagi para pelaku bisnis untuk dapat bertahan di tengah kompetisi pasar yang semakin ketat,” jelas Andreas Christadi, Brand Marketing Manager ShopeeFood lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (17/5). Pihaknya bakal terus mengupayakan agar lebih banyak pelaku UMKM bisa menikmati benefit dari ekonomi digital, termasuk jangkauan pasar lebih luas.

Pihak komunitas TDA pun menyambut antusias kehadiran fitur Registrasi Mandiri. Ibrahim M. Bafagih selaku Presiden TDA 7.0 menyebutkan kalau masih banyak pelaku UMKM yang tak paham proses atau akses yang harus dilalui saat ingin gabung ke ekosistem digital. Untuk itu, seluruh pelaku bisnis dan anggota komunitas TDA diajak untuk memanfaatkan fitur dan layanan digital yang ada.

Baca Juga :  Spesifikasi Huawei Watch Fit 2, Siap Rilis Resmi 10 Juni

Berkomitmen untuk jadi kawan dari perjalanan jutaan UMKM di Indonesia, Shopee juga bakal tingkatkan keterampilan digital para pemilik bisnis lewat sejumlah program khusus. Beberapa di antaranya termasuk Bimbel Shopee dan Kampus UMKM Shopee, yang sudah tersedia di 9 kota dan tersebar di seluruh Indonesia. Melatih lebih dari puluhan ribu UMKM lokal.

Cara Gunakan Fitur Registrasi Mandiri di Shopee

Foto 1 - Permudah Digitalisasi Jutaan UMKM, Shopee Perkenalkan Fitur Registrasi Mandiri dalam Aplikasi Shopee Partner

Ingin bergabung ke dalam ekosistem ShopeeFood dan ShopeePay? Caranya sangat mudah. Lewat fitur Registrasi Mandiri yang sudah diluncurkan, prosesnya hanya memakan waktu kisaran 1 – 5 hari kerja saja. Mulai dari proses submit data milik pelaku usaha, hingga verifikasi dan aktivasi merchant.

Bila belum mengunduh aplikasi Shopee Partner, bisa mencarinya baik di Apple App Store maupun Google Play. Setelah itu, buat akun baru dan ikuti saja alur pengisian data untuk Registrasi Mandiri. Beberapa di antaranya seperti foto KTP, verifikasi wajah, informasi kontak dan alamat merchant, sampai akun bank untuk keperluan pencairan saldo.

Setelah input data, kamu bisa memilih apakah ingin join ke dalam ShopeeFood, ShopeePay atau keduanya sekaligus. Bila sudah, hanya perlu menunggu informasi lebih lanjut dari pihak resmi terkait status aktivasinya. Selamat mencoba!