Indonesia Kini Punya 5 Registrar Domain Terakreditasi ICANN

Jakarta, Gizmologi – Qwords Group melalui anak perusahaannya, Aksara Data Digital, mengumumkan telah menyelesaikan akreditasi perusahaan yang dilakukan oleh ICANN. Hal ini membuat perusahaan web hosting tersebut kini menjadi registrar domain terakreditasi ICANN yang kelima di Indonesia.

Sebagai informasi, ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah lembaga internasional non profit berbasis di Amerika Serikat yang mengatur penomoran alamat internet. ICANN bertanggung jawab untuk menerbitkan serta mengatur tatanan nama domain di Internet guna menjamin pengoperasian jaringan lebih stabil dan aman.

Rendy Maulana Akbar, Direktur Utama Qwords Group sekaligus salah satu pengelola Aksara Data Digital mengatakan, dengan diberikan lisensi terakreditasi ICANN kepada Aksara Data Digital, diharapkan dapat membuat pengguna di Indonesia semakin mudah mendaftarkan nama domain Internasional dan Indonesia, karena PT Aksara Data Digital juga merupakan Registrar terakreditasi PANDI.

Baca juga: Lindungi Konsumen Domain (.id), PANDI Resmikan Indonesia Anti-Phising Data Exchange

“Peluang untuk pendaftaran nama domain Internasional di Indonesia masih memiliki market yang cukup besar dan terus tumbuh sekitar 25% setiap tahunnya. Pendaftaran nama domain Internasional di Indonesia masih didominasi oleh registrar asing, di luar dari 5 registrar lokal yang ada di Indonesia,” ujar Rendy dalam pernyataan resminya (2/8).

5 Registrar Domain Tersertifikasi ICANN dari Indonesia

ICANN Registrar Indonesia
Tangkapan layar website ICANN yang menampilkan registrar domain

Sebelum Aksara Data, empat a registrar domain lainnya dari Indonesia adalah Jogjacamp (IDwebhost), Rumahweb, Ardh Global Indonesia, dan Biznet Gio.

Rendy mengungkapkan, Aksara Data Digital untuk memperoleh sertifikasi registrar domain ICANN tersebut telah melakukan proses audit menyeluruh mulai dari sistem operasional. Termasuk juga dengan Business Continuity Plan yang telah teruji baik itu secara desain dan implementasi, dan saat terjadi bencana tidak terduga. “Proses Akreditasi ini dimulai dari penyesuaian sistem operasi Internal, software dan audit keamanan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tips Maksimalkan Komputer Kelas Bawah untuk Gaming

PT Aksara Data Digital mendapatkan nomor keanggotaan IANA Nomor 4029 (Internet Assigned Numbers Authority), menjadi registrar domain terakreditasi ICANN paling muda, sekaligus perusahaan Indonesia ke-5 yang terdaftar di akreditasi ICANN.

Saat ini, Aksara Data Digital menyediakan platform pendaftaran nama domain yang memungkinkan pengguna menyelenggarakan sistem multi level Reseller dan whitelabel. Semua pendaftaran nama domain dapat dilakukan instant oleh pengguna kapan saja secara otomatis dengan sistem deposit. Pengguna dapat melakukan pembayaran deposit dengan menggunakan metoda bayar yang cukup banyak mulai dari QRIS, Virtual Account, Transfer antar bank, Kartu kredit.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News