Redmi K50i 5G Rilis di India dengan Cip Dimensity 8100, Bakal Masuk Resmi ke Indonesia?

India, Gizmologi – Kalau di Indonesia baru saja diluncurkan jagoan selfie terbarunya, lain halnya dengan Redmi di India. Bersamaan dengan earphone TWS terjangkau, Xiaomi hadirkan Redmi K50i 5G yang mengutamakan performa. Sematkan chipset bertenaga sekaligus layar super responsif.

Nampak familiar dengan desainnya? Wajar saja, karena Xiaomi sudah meluncurkan smartphone ini dalam dua nama berbeda; Redmi Note 11T di China, dan POCO X4 GT yang sayangnya sudah dikonfirmasi tak bakal hadir resmi ke Tanah Air. Apakah kemudian bakal sambangi konsumen Indonesia dengan nama baru satu ini?

Yang jadi unggulan dari Redmi K Series memang ada di bagian performa. Dan lewat Redmi K50i 5G, chipset, baterai dan layar jadi nilai jual utama. Karena membawa spesifikasi hardware yang menyerupai flagship, namun dengan banderol harga sangat terjangkau. Apakah perangkat ini sesuai dengan yang baru saja muncul di situs sertifikasi TKDN Indonesia?

Baca juga: Xiaomi Smart Band 7 Punya Layar Lebih Besar, Fitur Kesehatan Lebih Lengkap

Redmi K50i 5G Punya Teknologi Layar FFS

Redmi K50i 5G

Membawa desain yang cukup kalem dan tak terlihat seperti perangkat dengan fokus gaming, layar Redmi K50i 5G bisa dibilang cukup spesial. Tak gunakan panel AMOLED, memang, namun jadi salah satu yang pertama dengan teknologi Fringe Field Switching (FFS), diklaim bisa lebih efisien daya dari panel IPS LCD biasa.

Dimensinya 6,6 inci dengan resolusi full HD+ dan mendukung refresh rate sampai 144Hz. Refresh rate tersebut bersifat adaptif, bisa berubah hingga 7 variabel berbeda, dan menjadi smartphone Redmi pertama yang mendukung sertifikasi Dolby Vision. Di bagian atas, terdapat sebuah kamera punch-hole beresolusi 16MP. Terlindungi oleh lapisan Gorilla Glass 5.

Baca Juga :  Ini dia kelebihan realme 9 4G yang akan rilis minggu depan

Tak terlalu mengunggulkan kemampuan fotografi, kamera Redmi K50i 5G gunakan sensor utama Samsung ISOCELL GW1 64MP. Dua sensor lainnya tergolong standar, yakni 8MP ultra wide-angle dan 2MP makro. Dipasangkan dengan setup speaker stereo, membuat Redmi K50i 5G juga cocok untuk konsumsi multimedia.

Sama dengan Xiaomi 12T?

Redmi K50i 5G

Keunggulan lainnya adalah penggunaan chipset MediaTek Dimensity 8100 5G yang tergolong bertenaga dan sekelas flagship. Selain gunakan fabrikasi modern, Redmi K50i 5G juga memasangkannya dengan sistem pendingin LiquidCool 2.0, opsi RAM sampai 8GB dan penyimpanan internal sampai 256GB. X-axis linear motor menambah efek imersif ketika bermain gim, dan pengguna bisa memakai earphone kabel favoritnya, berkat kehadiran jack audio 3,5mm.

Selain performa gaming yang diklaim memuaskan, Xiaomi juga berikan kapasitas baterai besar 5,080 mAh yang mendukung 67W fast charging—bisa terisi penuh dalam waktu 46 menit saja. Dari semua fitur flagship tersebut, harga Redmi K50i 5G tergolong murah, mulai dari INR25,999 saja, atau kisaran Rp4,8 jutaan.

Dalam bulan ini, Xiaomi Indonesia memang diketahui telah “meloloskan” sertifikasi sebuah smartphone baru yang belum diperkenalkan ke publik. Terbit 13 Juli lalu, perangkat tersebut memiliki kodenama Xiaomi 22071212AG, yang dipercaya sebagai Xiaomi 12T. Belum ada informasi terkait spesifikasinya. Apakah jadi nama lain dari Redmi K50i 5G, atau perangkat yang sepenuhnya berbeda? Kita nantikan saja beberapa pekan ke depan ya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News