Kelebihan Kekurangan Tablet Kompak Harga Rp2 Jutaan

Sejak pandemi berlangsung dari dua tahun lalu, tingkat kepopuleran perangkat kompak layar besar seperti tablet mulai terus naik. Adanya sistem kerja dan sekolah jarak jauh mendorong masyarakat untuk membutuhkan tablet, sampai saat ini. Maka kehadiran realme Pad mini bisa dibilang tepat.

Bukan yang 10 inci, melainkan yang lebih kecil. Meski membawa embel-embel “mini”, tablet pertama dari realme Indonesia yang satu ini masih bisa membawa dimensi layar cukup besar. Pas untuk akses konten multimedia, sampai edit dokumen dan panggilan video dari platform populer. Mudah dibawa untuk mendukung sistem kerja hybrid.

Dengan banderol harga yang sangat terjangkau, apakah realme berhasil berikan pilihan terbaik untuk para konsumennya? Berikut ulasan lengkap dari realme Pad mini.

Desain

realme Pad mini

Walaupun terjangkau, desain realme Pad mini menurut saya terlihat seperti sebuah tablet dengan kelas harga jauh lebih premium. Terlihat sangat modern dan, sesuai namanya, kompak. Meski punya layar yang tergolong besar.

Tablet pertama realme Indonesia ini memiliki ketebalan kurang dari 8mm—lebih tepatnya 7,6mm. Bobotnya juga hanya 372 gram, alias masih nyaman untuk dibawa dengan satu tangan. Sehingga pas untuk dipakai membaca buku digital sembari sedang berada di kendaraan umum seperti busway (pastikan juga selalu perhatian dengan sekitar, ya).

Warna biru yang saya gunakan terlihat pas, tidak terlalu dominan dan cukup cerah. Bodinya bahkan gunakan material aluminum alloy, dan memang terasa premium di tangan. Sayangnya, cukup licin dan kurang pas untuk saya yang memiliki telapak tangan cenderung mudah berkeringat.

Dimensinya membuat tablet realme Pad mini mudah diselipkan ke dalam berbagai tempat penyimpanan. Mulai dari tote bag kecil, termasuk sling bag, dan tidak akan terlalu memberatkan untuk dibawa sepanjang hari.

Layar

layar realme Pad mini

Meski disebut mini, ukuran layar realme Pad mini menurut saya cukup luas. Bentangnya mencapai 8,7 inci, dengan resolusi WXGA+ yang tergolong standar di kelasnya. Sudah cukup untuk akses situs dalam mode desktop tanpa harus zoom—asalkan dalam posisi landscape.

Kualitasnya juga oke, dengan saturasi yang pas dan tingkat hitam cukup pekat. Bezel kiri dan kanan juga sangat tipis, sementara atas dan bawah sedikit lebih tebal untuk alasan yang tepat—sebagai “pijakan” ibu jari saat menggenggamnya dengan dua tangan pada posisi landscape.

Baca Juga :  Koleksi Premium TV LG OLED evo 2022 Diperkuat AI dan Dolby

realme juga berikan fitur perlindungan mata supaya tidak membuat mata lelah saat menggunakannya secara berlama-lama seperti nonton film atau baca buku digital. Mode malamnya juga bisa berikan kecerahan minim, sampai 2 nits, supaya aman saat digunakan di pencahayaan gelap.

Kamera

kamera realme Pad mini

realme Pad mini dilengkapi dengan dua kamera, masing-masing satu untuk tiap sisi. Di depan, ada sebuah sensor 5MP yang disematkan ke bezel atasnya dalam posisi portrait. Kualitasnya sudah sangat cukup untuk sekadar panggilan video saja, atau sesekali swafoto dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Sementara kamera belakangnya punya resolusi 8MP dengan autofokus. Tanpa lampu kilat, juga tanpa mode malam, namun setidaknya ada mode portrait meski tidak ada depth sensor. Bahkan ada mode profesional dengan ISO dan shutter speed yang bisa disesuaikan secara manual.

oyf14RuCZ 06K4QjtGqZdyApksczrhUVSKmn0RpAQij7fQWxtN0 RRvq9UKvXpMR8TMEDjWRje5MjqLQO I6 klwkw2UHh9Rpl1GB5JC00uYsOCwOMScZqidES9qS3V7asLn8qzG8dg=w2400
rzDljuTMTfeCav8hha2R43 OXAXoBbayjRdodxjlzDT3KkXU699tS1DlWQ7Zy4LpyIrYa c8UtpkyvKORYPGBf Se36qTrp8 iOP1wAZEifownD vkQoo aqCHfnE7nIyGepzRdYkI=w2400
8 CrEz7WgGSHU5MAufmuY8pwoqJng9bgNCkEgSw9gFiybq aR3GaHPqUaMLVcddkFuPtAEy4mhH U myfTG07DO0OroQgt6ZfN21I nj6sN5h9gP yQYuW4 u1XPJwvZB tRwzm5KLA=w2400

Kualitas foto dari kamera realme Pad mini masih oke untuk penggunaan outdoor atau cahaya berlimpah. Dalam kondisi indoor juga masih oke, dengan noise yang masih bisa dimaklumi untuk sebuah tablet terjangkau.

Kamera belakang realme Pad mini bisa rekam video hingga resolusi 1080p 30fps, tanpa adanya EIS (dan 720p 30fps dari kamera depan). Lagi-lagi, untuk sebuah tablet terjangkau, sudah lebih dari cukup.

Fitur

multitasking realme Pad mini

Ketika pertama kali perangkat dinyalakan, realme Pad mini jalankan sistem operasi realme UI khusus Pad yang sayangnya berbasis Android 11. Saya pribadi tidak mempermasalahkan hal ini, asal bisa akses aplikasi dengan lancar. Tampilan antarmukanya pun cukup bersih, mendekati Android murni, sehingga mudah digunakan.

Dengan dimensi layar yang besar, kamu bisa jalankan dua aplikasi sekaligus lewat Multi-Window mode, bisa diakses secara mudah lewat menu multitasking. Tidak bisa lebih dari itu, tidak ada pula mode floating window—yang satu ini rasanya lebih pas untuk tablet dengan layar lebih besar.

realme Pad mini

Tanpa banyak kustomisasi, realme integrasikan Google Kids Space ke dalam realme Pad mini. Fitur tersebut mampu berikan orang tua kendali penuh terhadap aktivitas anak yang dilakukan di tablet. Mulai dari batas waktu akses aplikasi, daftar apa saja yang bisa diakses, dan berikan laporan ke smartphone secara langsung.

Meski dimensinya tipis nan kompak, setup speaker stereo milik realme Pad mini cukup lantang untuk memenuhi satu ruangan. Bukan yang terbaik secara kualitas, karena bass yang tergolong tipis. Setidaknya sudah pas untuk konten seperti film ataupun konten populer lainnya seperti podcast.

Performa

antutu realme Pad mini

Secara spesifikasi, chipset yang dibenamkan kepada realme Pad mini tergolong oke di kelasnya, dan dijuluki “The Most Powerful Mini Tablet in 2022”. Yakni Unisoc Tiger T616 dengan 8 inti CPU dan fabrikasi 12nm. Frekuensi CPU tertinggi dengan konfigurasi Cortex-A75 mencapai 2GHz, alias lebih kencang dari tablet sekelasnya.

Baca Juga :  Mengintip Ekosistem Blockchain TokoVerse Besutan Tokocrypto

Dipadukan dengan kapasitas RAM sampai 4GB dan penyimpanan internal berjenis UFS 2.1 sampai 64GB, performa realme Pad mini terbilang cukup. Untuk akses aplikasi media sosial, memilah tontonan di aplikasi seperti YouTube dan Netflix, membaca buku lewat Google Play Books masih sangat nyaman.

Namun sejujurnya saya berharap performanya bisa lebih gegas, karena chipset yang harusnya lebih responsif. Tablet ini kurang pas untuk bermain gim, kecuali judul yang sangat ringan. Mungkin masih perlu beberapa kali penyempurnaan lewat pembaruan perangkat lunak nantinya.

Baterai

realme Pad mini

Perangkat seperti tablet memang kebanyakan punya kapasitas baterai lebih besar dari smartphone. Termasuk baterai realme Pad mini yang sampai lebih besar dari tablet di kelasnya, yakni mencapai 6,400 mAh. Sudah sangat cukup untuk penggunaan harian.

Dengan intensitas yang lebih ringan dari menggunakan smartphone, bahkan baterai realme Pad mini bisa cukup untuk dua hari. Kecuali bila Gizmo friends gunakan perangkat ini untuk nonton serial televisi terus-menerus. Kalau sekadar browsing atau membaca buku digital, masih bisa lebih dari seharian.

Daya tarik lain dari realme Pad mini adalah dukungan fast charging 18W. Mengisi daya dari hampir habis sampai penuh memerlukan waktu lebih dari dua jam—terasa cukup lama, memang. Namun perlu diingat, ukurannya tak sama seperti smartphone, jadi masih wajar kalau belum kurang dari dua jam.

Kesimpulan

kelengkapan realme Pad mini

Jadi tablet pertama dengan harga yang terjangkau, bisa dibilang realme berhasil untuk meracik sebuah perangkat yang pas untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Tidak sempurna, memang, dengan sejumlah kekurangan yang bisa dianggap minor. Setidaknya bisa mencukupi kebutuhan atau fungsi esensial.

Dan membawa sejumlah nilai plus yang tak kalah menarik, seperti desain premium serta baterai awet. realme Pad mini hadir di Indonesia dalam konfigurasi Wi-Fi only maupun dukungan kartu SIM 4G LTE. Sehingga bisa sasar target konsumen yang lebih presisi.

realme Pad mini yang dipasarkan di Indonesia sendiri tersedia dalam dua versi yaitu Wi-Fi dan LTE. Varian WiFi tersedia dalam pilihan storage 3+32GB dan 4+64GB. Sementara versi LTE pun hadir dalam pilihan storage yang sama yaitu 3+32GB dan 4+64GB.

Baca Juga :  Erajaya Gelontorkan 20 Produk Ekosistem IT Smart Home

realme Pad mini versi WiFi (3+32GB) dibanderol dengan harga khusus selama masa flash sale dari tanggal tanggal 23 – 31 Agustus 2022, setiap jam 10:00 WIB melalui official e-commerce partner realme di Shopee dan Tokopedia yaitu Rp1.999.000. Sedangkan realme Pad mini versi WiFi (4GB+64GB) dilepas dengan harga khusus yaitu Rp2.499.000 dengan periode flash sale yang sama di official e-commerce partner realme di Lazada dan Tokopedia.

Selain official e-commerce partner realme, semua varian realme Pad mini WiFi sudah tersedia secara online di situs resmi realme Indonesia.

Untuk realme Pad mini versi LTE (3GB+32GB) dipasarkan dengan harga Rp2.699.000. Sementara versi Pad mini versi LTE (4GB+64GB) dijual dengan harga Rp2.999.000. Keduanya bisa didapatkan secara offline di seluruh realme Brand Store mulai tanggal 26 Agustus 2022.

Spesifikasi realme Pad mini

realme Pad mini
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Tablet

Model / Series
realme Pad mini

Released
18 Agustus, 2022

Status
Available

Price
IDR1.999.000 (3/32GB), IDR2.499.000 (4/64GB), IDR2.699.000 (3/32GB LTE), IDR2.999.000 (4/64GB LTE)

Platform


Chipset
Unisoc Tiger T616 (12 nm)

CPU
Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)

GPU
Mali-G57 MP1

RAM (Memory)
3/4GB

Storage
32/64GB UFS 2.1

External Storage
micro SD sampai 1TB

Operating System
Android 11

User Interface
realme UI R Edition

Design


Dimensions
211.8 x 124.5 x 7.6 mm

Weight
372 gram

Design Features
Colors:
Grey, Blue

Battery
6400 mAh
mendukung fast charging 18W

Display


Screen Type
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Size and Resolution
8.7” 1340 x 800 (WXGA+) IPS LCD

Touch Screen
Yes

Features
84,59% screen to body ratio
360 nits max brightness
Sunlight Mode

Network


Network Frequency
GSM / HSPA / LTE

SIM
Nano-SIM

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat13 400/50 Mbps

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.0, A2DP, LE

USB
USB Type-C 2.0,

GPS
Yes, with A-GPS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
Loudspeaker with stereo speakers
3.5mm jack

FM Radio
No

Web Browser
HTML5, Google Chrome

Messaging
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM

Sensors
Accelerometer, proximity, gyro, light sensor, magnetic sensor

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News