5 Alasan realme Pad mini Bisa Jadi Alternatif iPad mini yang Super Terjangkau!

Jakarta, Gizmologi – Berbicara tentang tablet mungil yang portabel, tentu Gizmo friends sudah familiar dengan iPad mini. Sudah masuk rilisan keenam, tablet tersebut memang punya spesifikasi menarik, namun dibanderol dengan harga yang tinggi pula. Nah, bagaimana kalau dibandingkan dengan realme Pad mini?

Ya, tablet pertama dari realme Indonesia satu ini memang hadir pada waktu yang tepat, ketika masyarakat kini lebih banyak mencari perangkat layar besar portabel yang bisa dibawa ke mana-mana untuk menunjang beraga aktivitas. Apa saja? Misalnya, melakukan panggilan video lewat Zoom, nonton serial televisi, baca buku digital di perjalanan, sampai media hiburan anak.

Dari sejumlah skenario di atas, realme Pad mini bisa hadir berikan pengalaman yang tidak kalah berkualitas. Bisa jadi alternatif yang pas, mengingat harganya tak sampai 1/4 dari iPad mini terbaru yang dijual di pasaran saat ini. Berikut lima alasan yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan untuk membeli salah satu di antara kedua tablet kompak tersebut.

Baca juga: Review realme Pad mini: Tablet Ringkas, Cocok Untuk Hiburan & Keluarga

Punya Desain Premium nan Ramping

realme Pad mini

Secara dimensi, keduanya memang sama-sama bisa dianggap pas sebagai tablet portabel agar mudah dibawa ke mana-mana, termasuk digunakan dengan satu tangan. Namun secara dimensi dan material, realme Pad mini tak jauh tertinggal kok. Bahkan sedikit lebih ramping dari iPad mini terbaru.

Ya, secara dimensi, tablet realme satu ini memang sedikit lebih tinggi, namun lebarnya “menyusut” sekitar 10mm. Hal ini membuat penggunanya bisa menggenggamnya satu tangan dalam mode portrait lebih mudah, tanpa harus peregangan yang membuat tangan lelah. Dengan ketebalan 7,6mm dan bobot 372 gram, juga masih nyaman dibawa satu tangan dan masuk ke tas kecil.

Baca Juga :  Menanti RUU PDP Disahkan? - Gizmologi

Jauh lebih murah, apakah lantas menjadi lebih ringkih? Tidak juga, karena bodi belakang realme Pad mini gunakan material aluminium logam matte, sehingga tidak kalah premium secara tampilan maupun daya tahannya.

Juga Cocok Sebagai Media Hiburan

Layar realme Pad mini

Tidak seperti smartphone, umumnya perangkat seperti tablet digunakan untuk perangkat hiburan. Mulai dari mendengarkan podcast, membawa buku digital (e-book), maupun menonton film atau serial televisi favorit. Otomatis kualitas layar, audio, serta daya tahan baterai menjadi penting. iPad mini terbaru punya layar 8,3 inci dengan resolusi tinggi, speaker stereo, serta kapasitas baterai 5,124 mAh.

Bagaimana dengan realme Pad mini? Layarnya justru sedikit lebih besar di 8,7 inci, dengan rasio 5:3 yang lebih pas untuk nonton serial televisi. Secara resolusi memang tertinggal, tapi selama Gizmo friends tidak mencoba untuk akses dokumen atau membaca e-book dengan ukuran font sangat kecil, tidak masalah, kok. Speaker stereo yang masing-masing berada di sisi kiri dan kanan perangkat (saat landscape) juga tak kalah lantang.

Dengan dimensi yang sama-sama ringkas, baterai realme Pad mini juga dibuat lebih besar, mencapai 6,400 mAh. Selain membuatnya awet, realme juga tidak lupa sematkan teknologi fast charging 18W, lengkap bersama adaptor charger di dalam paket penjualan. Sementara untuk iPad, kamu harus membeli adaptor khusus dengan harga yang juga tidak murah.

Cocok Untuk Pendamping Anak

Google Kids Space
ilustrasi Google Kids Space

Ingin membeli sebuah tablet yang digunakan untuk sekolah daring atau sekadar media hiburan? Bisa jadi, realme Pad mini bakal jadi opsi yang lebih pas. Bekerja sama dengan Google, disematkan sejumlah aplikasi khusus untuk membantu orang tua melakukan pemantauan sampai membatasi jenis konten. Salah satunya adalah Google Kids Space yang tersedia secara bawaan.

Baca Juga :  Gandeng PBESI, Tri Gelar Turnamen H3RO Esports 3.0 Berhadiah Total Rp300 Juta

Tak sekadar batasi aplikasi apa saja yang bisa diakses, orang tua bisa lakukan pemantauan secara penuh, bahkan pengendalian jarak jauh dari smartphone mereka. Terintegrasi dengan akun Google, durasi penggunaan setiap aplikasi bisa diatur sesuai keinginan. Sehingga orang tua bisa benar-benar memberikan tablet tersebut dengan benar-benar aman.

Buat Kerja? Eits, Bisa Juga

Kalau iPad mini 2021 jalankan chipset rancangan sendiri dengan CPU hexa-core, realme Pad mini juga tidak kalah ngebut membawa cip Unisoc Tiger T616 octa-core. Untuk pengguna yang utamakan multitasking dan butuh memori lega, tersedia opsi RAM hingga 4GB serta penyimpanan internal hingga 64GB—tentunya bisa ditambah dengan kartu microSD untuk kemudahan simpan file. Tak seperti iPad yang harus tentukan ukuran storage, tanpa slot memori eksternal.

Kedua tablet kompak ini juga hadir dengan opsi Wi-Fi only maupun dengan slot kartu SIM. Juga sama-sama bisa jalankan dua aplikasi sekaligus lewat mode split-screen—untuk yang satu ini, pengguna realme Pad mini bakal terasa sedikit lebih nyaman, berkat dimensi layar yang sedikit lebih besar.

Harga Jauh Lebih Murah

kamera realme Pad mini

Ya, tentu saja ini bisa jadi salah satu alasan yang paling ampuh. Kalau dicek di salah satu penjual resmi produk Apple di Indonesia, harga iPad mini terbaru dibanderol Mulai Rp9 jutaan, untuk varian paling murah tanpa dukungan kartu SIM. Bagaimana dengan realme Pad mini? Pada periode peluncurannya, bisa dibeli dengan harga mulai Rp1,999 juta!

Ya, alias lebih dari 1/4 lebih murah dibandingkan dengan iPad mini. Gizmo friends bisa mendapatkan sebuah tablet yang nggak kalah berkualitas, dengan fungsi yang kurang lebih sama. Kalau memang ingin menghemat budget dalam membeli tablet, tak memerlukan fitur ekstra seperti Apple Pencil dan tidak harus “terjun” ke ekosistem milik Apple, ini bisa jadi alternatif yang lebih pas.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Realme C35 Resmi Dirilis

Dengan harga yang jauh lebih murah, keluarga juga bisa membeli lebih dari satu perangkat dan masih terhitung lebih murah. Untuk mengetahui kualitas realme Pad mini secara lebih jauh, pastikan Gizmo friends sudah membaca ulasan lengkapnya ya!