Review realme GT NEO 3 150W: Flagship Kencang, Trendsetter Teknologi Fast Charging

Sudah biasa bagi sebuah vendor smartphone untuk unjuk gigi tampilkan konsep teknologi terbaru. Namun yang lebih penting dari itu, adalah bagaimana teknologi tersebut bisa direalisasikan dengan cepat. Kehadiran realme GT NEO 3 150W jadi jawaban dari realme Indonesia atas hal tersebut.

Ya, realme GT NEO 3 150W adalah sebuah perwujudan final dari sebuah teknologi pengisian daya tercepat di dunia yang sempat dipamerkan dalam ajang Mobile World Congress 2022 di Barcelona, akhir Februari lalu. Selang kurang lebih tiga bulan saja, konsumen di Indonesia sudah bisa merasakan teknologi tersebut dalam sebuah smartphone yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Tak hanya teknologi pengisian dayanya yang membuat smartphone ini layak beli. Kombinasi desain tipis nan ringan, chipset kencang, layar superior serta sensor kamera flagship membuat realme GT NEO 3 150W tergolong pas sebagai affordable flagship all-rounder. Sebelum memutuskan untuk membeli, berikut kelebihan serta kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Desain

realme GT NEO 3 150W

Awalnya saya mengira kalau smartphone terbaru realme satu ini bakal tampil sedikit bongsor atau berat, mengingat teknologi pengisian dayanya mencapai 150W. Nyatanya malah lebih ramping dan lebih ringan dari generasi sebelumnya, masing-masing memiliki nilai 8,2mm & 188 gram saja. Terasa nyaman di genggaman dan mudah masuk ke saku celana.

realme GT NEO 3 150W gunakan material kaca depan belakang, sementara bagian frame terbuat dari plastik polikarbonat. Warna Nitro Blue satu ini cocok untuk Gizmo friends yang ingin tampil beda, dengan biru yang cenderung keunguan. Permukaan anti-glare membuatnya tidak mudah kotor, sehingga terus terlihat stylish, walaupun sedikit licin terutama saat tangan berkeringat.

Modul kameranya dibuat cukup besar dengan permukaan glossy yang berikan efek kontras. Pada bagian atas dan bawah, terdapat racing stripe yang cukup tebal, lengkap dengan logo dan slogan realme. Selain Nitro Blue, juga tersedia opsi warna Sprint White yang kombinasikan warna putih dan hitam. Keduanya sama-sama dilengkapi soft case berwarna abu-abu.

Lengkungan pada sisi kiri dan kanan bodi belakang membuat realme GT NEO 3  150W terasa semakin tipis. Sementara detail kecil seperti tombol power yang diberikan tekstur kasar menambah nilai tersendiri. Overall, bisa mencerminkan statusnya sebagai smartphone kelas flagship.

Layar

Layar realme GT NEO 3 150W

Bisa dibilang, layar realme GT NEO 3  150W merupakan salah satu (kalau bukan) yang terbaik di kelasnya. Membawa resolusi full HD+, panel yang digunakan adalah AMOLED 120Hz dengan rasio kontras tinggi, cakupan warna 10-bit, standar 100% DCI-P3 plus bisa menyala sangat cerah di bawah sinar matahari.

Nah, menariknya, dimensi layar smartphone realme terbaru satu ini cukup besar di 6,7 inci, padahal bodinya tergolong kompak. Kok bisa? Ternyata realme GT NEO 3 150W gunakan teknologi “COP packaging process” generasi baru yang membuat keempat bezel, termasuk bezel bawah, jadi sangat tipis. Sehingga tampak depannya benar-benar terlihat seperti flagship premium.

Layar realme GT NEO 3 150W

Lubang kamera punch-hole diletakkan di bagian tengah atas. Sementara sensor sidik jari in-display pada realme GT NEO 3 150W bekerja instan dan optimal. Bisa digunakan untuk membaca denyut jantung, sayangnya menurut saya posisinya agak sedikit terlalu di bawah. Karena bodi smartphone ramping, jadi sedikit sulit untuk menurunkan ibu jari saya.

Selain panel superior dan bezel tipis, realme juga sematkan Display Processor khusus. Tujuannya? Interpolasi frame pada gim supaya fps bisa lebih tinggi, serta meringankan kinerja GPU dari chipset. Dengan kata lain, bisa membuat konsumsi daya baterai lebih efisien, selain refresh rate yang bisa dibuat adaptif.

Kamera

Kamera realme GT NEO 3 150W

Fokus pada performa tidak lantas membuat realme mengesampingkan kualitas kamera realme GT NEO 3 150W. Sensor utamanya sendiri menggunakan Sony IMX766 50MP yang cukup superior, lengkap dengan solusi ProLight Imaging Technology. Sementara dua sensor lain di bawahnya adalah 8MP ultra-wide & 2MP makro.

Baca Juga :  realme Pad X Meluncur dengan Snapdragon 695, Harga Rp2 Jutaan

Apakah hasil tangkapan kamera realme GT NEO 3 150W sama seperti seri lain dengan sensor sama? Nyatanya tidak. Dalam kondisi pencahayaan berlimpah, hasil foto terlihat tajam dengan reproduksi warna cukup akurat dan dynamic range lebar. Namun begitu masuk ke kondisi indoor, hasil foto terlihat lebih kontras dari aslinya.

Kamera realme GT NEO 3 150W

Bila diperhatikan lebih dalam, realme GT NEO 3 150W cenderung berikan shadow yang under-exposure alias lebih gelap. Saya cukup yakin ini perkara software yang belum matang saja, mengingat sensor dan ISP dari chipset harusnya sudah bagus. Hasil tangkapan foto malamnya pun cukup baik di kelasnya, dengan pengambilan shutter relatif instan pada mode malam.

Ada banyak mode kamera yang bisa dicoba mulai dari tilt-shift, Pro untuk parameter foto manual, Movie untuk video manual, sampai mode Street yang pas untuk jenis foto sesuai namanya. Hasil foto dari kamera realme GT NEO 3 150W bisa kamu akses pada album berikut ini.

tVyvKRJBwLb0UbTUE 65 0E0 SIk8HItC4jscbQ9dI9Tb sN6VFz lqw9a7WeMMoIYtvRW3p bvrhO3568UD34KKsopozfnmiNZPaoAiaM 5i O9mYaOzV42I4F2dhJfUjuQa71Mx9s=w1024 h576 p k

GGUHypIWfalM ua2dL2LgfEcf u4FvR TBSSYGMs923VEgk8uqxoOg2ApJW6y6uRnK5YZtqGJEkh0X9ObdB15A6ecQKjIFunY UPKXW4DMr fzJo5Glwn0ZlEpx E6cRJ4vNhedG3q8=w1024 h576 p k

UhI 5pxc AXt4zTo0taO RNEYFvzOxu099MxZ9NM1SDeZZ0 gI2uMacVyHER7qQrF99TPGL0oMfE0kC1VBqThR9B59BQVGPjjDFmhvCMl2r71b9 Jac9Kma cgBedZPrZDJR6oPROH8=w1024 h576 p k

cAfddGy2pewfuRRfjXLLSq3kbmN8QVe QOezikGOcEMM5jUS3 StTOJigoLo 548wQl1THxSiYiiEylrsy796AxpVZAtUEYp6IuT O72841TjMfQEFqY7C uKF0HqWA2DuKvG3bdmQc=w1024 h576 p k

urlDXLRYIb R4sf3tPL45Hido3NlWVCyfGDCzo9Z2NTxJvdAuOMiktjOprdTEQ41LSXm9ONQcXkW1WzuMrbCL4CYH3NgwKlb72CEJ1hxMYP YPJRfFb5O5ZA2OC661 d2ZP5awWsylE=w1024 h576 p k

seVk1mUtMjRp4LecUJCoF30T7PEPOUJBB 5cSt5go10 mUkFcRr7tJKUCCJTUSTr87vixV4PisQntvJBuWMmTC1KCgEqoHJaLrnXaJjdLiuAdy6glQl9KB57Xv8FbVEuH9p0qijkX g=w1024 h576 p k

dv5VuH43LKIlv1TfAUMtEOd9MaACBuBVSq1wZOAeIlr0Ny4XWqWmWTCTaubSaBaX7ZarXNVQHb3ItSAglRw41PBm4JgefCx8ZW3EeDlZFAPB CMrRFpRqta7tIOpkdtvkFXGceRT0Pk=w1024 h768 p k

Sensor utama dari realme GT NEO 3 150W bisa digunakan untuk rekam video hingga resolusi 4K 60fps. Dalam resolusi tertinggi, OIS tentu bakal aktif. Namun bila ingin hasil yang lebih stabil, bisa rekam video dalam resolusi 1080p yang memanfaatkan dual stabilization (OIS + EIS).

AI Highlight Video bisa diaktifkan untuk kondisi perekaman video saat backlight atau kondisi low-light. Menariknya lagi, disematkan fitur portrait video yang bekerja pada resolusi 1080p, baik kamera depan maupun belakang, dengan stabilisasi tetap aktif.

Fitur

Multi Screen Connect realme GT NEO 3 150W

Sudah pakai versi realme UI 3.0 terbaru, realme GT NEO 3 150W tentu saja sudah menggunakan basis Android 12. Kalau Gizmo friends sudah pernah menjajal smartphone realme sebelumnya, tentu bakal familiar dengan tampilan antarmuka yang cukup clean namun juga punya banyak opsi kustomisasi.

Bagi kamu para multitasker atau yang biasa menjalankan dua aplikasi sekaligus, bisa memanfaatkan fitur split screen atau floating window agar aplikasi seperti Telegram bisa berjalan dalam jendela kecil di atas aplikasi lainnya. Menggunakan perangkat Windows PC? realme GT NEO 3 150W bisa tersambung secara nirkabel lewat fitur Multi-Screen Connect.

Dengan fitur tersebut, notifikasi di smartphone bisa langsung muncul ke PC, bahkan kamu bisa berinteraksi langsung maupun drag and drop file secara mudah. Walaupun tanpa slot kartu microSD, tak perlu khawatir penuh, karena penyimpanan internal realme GT NEO 3 150W sudah sangat luas di 256GB (UFS 3.1). Rasanya ini keputusan realme untuk memastikan performa terbaik, menggunakan jenis storage yang benar-benar kencang.

Smartphone realme satu ini didukung oleh speaker stereo yang kualitasnya terbilang jempolan, meski memang bukan yang paling kencang, namun output yang dihasilkan berkualitas dan hampir seimbang. Begitu pula dengan vibration motor yang presisi, nyaman untuk ketik-ketik maupun bermain gim. Yang sedikit saya sayangkan, dalam opsi dark mode, tidak ada pilihan untuk gunakan latar hitam pekat.

Seperti flagship kekinian, lubang audio jack absen di realme GT NEO 3. Namun, Gizmo friends bisa menggunakan TWS untuk tetap menikmati audio tanpa terganggu dengan kabel.

realme Buds Air 3 Nitro Blue realme GT NEO 3 150W

Nah bersamaan dengan peluncurannya, realme juga memboyong varian warna terbaru dari realme Buds Air 3 dengan varian Nitro Blue. Dari sisi spesifikasi sama, tetap menawarkan 42dB ANC yang tersertifikasi oleh TUV Rheinland. Yang berbeda hanya desain yang sama dengan realme GT NEO 3 varian Nitro Blue dengan warna dominan biru dan dua garis putih serta tulisan Dare to Leap.

Oh ya, bagi kamu yang cukup rutin top-up saldo kartu e-Money, bakal terbantu dengan sistem antena canggih pada realme GT NEO 3 150W. Dengan antenna NFC 360 derajat, kamu tak perlu susah-susah menemukan sensor di bodi belakang. Bahkan bisa menempelkan kartu pada bagian atas layar depan, alias lebih leluasa.

Baca Juga :  Indonesia Kini Punya 5 Registrar Domain Terakreditasi ICANN

Performa

Antutu realme GT NEO 3 150W

Meningkat cukup jauh dari generasi sebelumnya, realme GT NEO 3 150W membawa chipset Dimensity 8100 5G dari MediaTek. Bila Gizmo friends belum tahu, cip satu ini umumnya dibandingkan dengan Snapdragon 888. Karena lebih baru, jauh lebih efisien daya dengan fabrikasi 5nm.

Dipasangkan dengan RAM 12GB LPDDR5 yang bisa di-ekspansi oleh virtual RAM sampai +7GB, menggunakan realme GT NEO 3 150W benar-benar terasa kencang. Buka tutup aplikasi sudah pasti, tapi juga ketika menjalankan gim dari awal, atau proses instal aplikasi baru yang juga berjalan instan. Dikombinasikan dengan dukungan 5G, jadi terasa serba instan.

Sistem pendingin pada realme GT NEO 3 150W juga diklaim yang paling luas cakupannya—naik lebih dari 120% dari sebelumnya. Kurang lebih ada 10 jenis material berbeda yang digabungkan untuk berikan pendinginan terbaik. Dan untuk sebuah smartphone yang sangat tipis dengan chipset powerful, suhunya tergolong stabil dan dingin.

Saya sempat menguji realme GT NEO 3 150W dengan menjalankan gim seperti Real Racing 3 dan Apex Legends, mengaktifkan GT Mode dan tanpa koneksi Wi-Fi. Setelah kurang lebih 30 menit penggunaan, hanya terasa hangat saja. Namun memang frame-rate belum bisa melewati 60fps, setidaknya dua judul gim tersebut berjalan sangat lancar.

Baterai

150W UltraDart realme GT NEO 3 150W

realme GT NEO 3 150W dibekali kapasitas baterai yang cukup besar untuk sebuah smartphone tipis dan ringan. Dengan kapasitas 4,500 mAh, saya masih bisa menggunakannya seharian penuh tanpa harus isi daya lebih dulu menjelang malam.

Sistem pendingin yang optimal serta chipset yang efisien nampaknya berperan besar pada bagian ini. Disebut sebagai Triple-Chip Full-speed Flagship, realme GT NEO 3 ini juga sudah terpasang dedicated chip untuk pengamanan isi daya. Triple Chip-nya terbagi atas dedicated display processor untuk layar dan dual chip UltraDart Charge untuk memastikan kecepatan dan keamanan fast charging.

Tentunya, yang menjadi bagian paling revolusioner pada realme GT NEO 3 150W, ada di sistem 150W UltraDart Charge. Dari sebuah purwarupa (prototype) di MWC 2022, kini bisa hadir ke konsumen dalam rentang waktu yang tergolong singkat. Membuktikan kalau realme benar-benar berusaha implementasikan teknologi terbaru mereka untuk para realme Fans, tak sekadar konsep saja.

Dengan mengaktifkan mode Rapid charging, pengisian daya dari hampir habis ke 50% membutuhkan waktu kisaran 6-7 menit. Sementara untuk mencapai 100% hanya memerlukan waktu sekitar 16 menit saja. Waktu yang sangat singkat tersebut bakal mengubah kebiasaan isi daya smartphone. Dari yang mungkin awalnya isi saat mandi pagi, berubah ke beberapa menit sebelum berangkat kerja, misalnya.

Bila mode Rapid charging dinonaktifkan, proses pengisiannya bakal sedikit lebih lama, namun tetap lebih kencang dari solusi fast charging yang ada di smartphone lain—setidaknya pada segmen harga yang sama. Sertifikasi dari TUV Rheinland, DxOMark, teknologi Smart MCU, plus 38 lapisan perlindungan keamanan memastikan proses pengisian daya realme GT NEO 3 150W berjalan aman.

Suhunya tetap terjaga, kok, nggak jadi panas banget alias masih sama saja seperti solusi fast charging pada umumnya walaupun arusnya bisa mencapai 150W. realme juga memastikan kalau kapasitas baterai realme GT NEO 3 150W bakal tetap berada setidaknya di 80%, meski sudah melalui 1,600 kali siklus pengisian.

Kesimpulan

Kelengkapan realme GT NEO 3 150W

Untuk sebuah smartphone dengan kisaran harga Rp 7 jutaan, ada banyak hal menarik yang dapat ditemukan di realme GT NEO 3 150W. Smartphone ini cocok bagi kamu yang ingin tampil bold atau beda, termasuk para gamer yang idamkan performa kencang, atau para fotografer mobile yang ingin hasilkan konten foto dan video berkualitas.

Baca Juga :  Situs PSE Kominfo Kok Sulit Diakses

Juga teknologi 150W UltraDart yang diusung oleh smartphone ini bisa mengubah kebiasaan pengguna smartphone menjadi lebih produktif. Meski jadi yang pertama, serangkaian fitur keamanan turut disertakan, membuat pengalaman penggunaan cukup memuaskan.

Gizmo friends ingin jadi yang pertama mencicipi fast charging 150W tercepat se-Indonesia? Sabar, karena realme membuka sesi pre-order untuk realme GT NEO 3 varian 150W di Shopee, Tokopedia, Akulaku, dan realme.com/id dengan harga khusus yaitu Rp7.799.000 serta Gratis Starter Pack XL 120GB.

Namun, realme GT NEO 3 varian 80W sudah dapat dibeli melalui flash sale pada hari ini, 7 Juni 2022 jam 18:00 WIB di platform yang sama seharga Rp6.799.000.


Spesifikasi realme GT NEO 3 150W

realme GT Neo3 150W
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series realme GT Neo3 150W
Released 06 Juni, 2022
Status Available
Price Rp7.x99.000

Platform

Chipset MediaTek Dimensity 8100 (5 nm)
CPU Octa-core (4×2.85 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G610 MC6
RAM (Memory) 12GB (LPDDR5)
Storage 256 GB (UFS 3.1)
External Storage
Operating System Android 12
User Interface realme UI 3.0

Design

Dimensions 163.3 x 75.6 x 8.2 mm
Weight 188 gram
Design Features Warna: Sprint White, Nitro Blue
Glass front (Gorilla Glass 5), Glass back, Polycarbonate side
Battery 4,500 mAh
150W UltraDart Charge

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, B1 colors, 120Hz refresh rate
Size and Resolution 6.7 inch, 2412×1080 pixels
Touch Screen Yes
Features 394 PPI
Corning Gorilla Glass 5
120Hz refresh rate
1000Hz touch sampling rate
In-display fingerprint scanner w/ heart rate detection
Dedicated Display Processor
100% DCI-P3

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
5G
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed 5G

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50MP f/1.8 Sony IMX766 w/ OIS, 8MP f/2.2 ultra wide-angle, 2MP Macro Lens (4cm)
Front 16MP f/2.45, 1/3.0″, 1.0um
Flash Yes
Video 4K, 30/60fps; 1080P, 30/60fps; 720P, 30/60/960fps; EIS
Camera Features AI Beauty
UIS Video Stabilization
Video Bokeh
AI Scene Detection
Ultra Nightscape
Starry Mode
Expert Mode
Portrait Mode
HDR
Pro mode
Movie mode
Tilt Shift
Timelapse tilt-shift
Starry time-lapse video
Dual View Video
Stree Photography Mode 2.0

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 6
Bluetooth v5.3, A2DP, LE, aptX HD
USB USB Type C
GPS GPS, aGPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features – MP4/H.264/FLAC player
– MP3/eAAC+/WAV player
– Document viewer
– Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Sensor Magnetic, induction sensor, Sensor cahaya, Sensor Proximity, Gyro-meter, Sensor Acceleration, Sensor Hall, Sensor Ultra-fast in-display fingerprint, Sensor 360°NFC
Other Isi kotak: realme GT NEO 3 150W, Power Adapter, USB Type-C Cable, Informasi Produk Penting (Termasuk Kartu Garansi), Panduan Cepat, Pelontar Kartu SIM, Lapisan pelindung layar, Cover pelindung

Review realme GT NEO 3 150W

Selain teknologi pengisian daya, performa dan respon layarnya juga sama-sama kencang. Didukung dengan desain yang stylish dan berkarakter, cocok untuk konsumen yang ingin tampil beda.

  • Design

  • Display

  • Camera

  • Features

  • Performance

  • Battery