Review realme C30: Smartphone Stylish & Ngebut Nggak Harus Mahal

Ada perbedaan utama yang bisa dirasakan ketika menggunakan smartphone flagship dan entry-level paling terjangkau. Untuk flagship, wajib dilengkapi fitur ekstra dengan skor sempurna. Sementara di entry-level, asal fitur utama bekerja baik sudah cukup. Bagaimana dengan realme C30 yang jadi penawaran terbaru di pertengahan tahun 2022 ini?

Hadir untuk bersaing dengan smartphone sejutaan lainnya, realme mencoba berikan produk terbarunya yang diklaim paling stylish di kelasnya, ketika penawaran yang ada di pasaran banyak yang terlihat membosankan. Apakah hanya desainnya saja yang bisa diunggulkan? Kabar baiknya, masih ada beberapa aspek lainnya.

Kombinasi spesifikasi hardware dan software yang dibawa oleh realme C30 tergolong pas untuk berikan pengalaman yang cukup baik bagi para penggunanya. Enak dilihat, juga nyaman digunakan berkat performa yang terjaga. Berikut ulasan lengkap dari realme C30.

Desain

realme C30

Kalau ada smartphone terjangkau yang bawa spesifikasi tinggi (di atas kertas), biasanya yang jadi “korban” adalah desainnya, jadi tampak seadanya atau tampil tebal, misalnya. Menariknya, desain realme C30 jauh dari hal normal tersebut. Jadi salah satu smartphone sejutaan paling stylish.

Secara dimensi, bobotnya mencapai 182 gram dan terasa sangat kokoh di genggaman. Ketebalannya juga hanya 8,5mm, dan dirancang flat baik sisi samping maupun belakangnya—membuatnya terlihat semakin modern. Nah, bodi belakang realme C30 bisa dibilang sederhana juga spesial.

Modul kameranya dibuat cukup simpel dengan satu kamera tanpa gimmick berlebih, serta rata dengan permukaan lainnya. Permukaan bodinya dibuat bertekstur ala koper, diturunkan dari seri realme GT Master Edition. Selain terlihat keren, juga tidak licin dan tidak mudah kotor di tangan. Opsi warnanya pun menarik, termasuk Bamboo Green yang terlihat seperti hijau yang sangat muda.

Perlu diketahui, tidak ada soft case dalam paket penjualan realme C30. Namun jangan khawatir—selama beberapa hari pemakaian, saya letakkan dengan serampangan bersama beberapa benda lain di dalam tas dan bodi tetap aman. Ketika saya coba putar dengan dua tangan, sama sekali tidak berubah alias benar-benar kokoh.

Layar

realme C30

Sekarang smartphone Android memang rata-rata punya dimensi ukuran layar yang sama. Mulai dari yang termurah sampai flagship premium, sama-sama memiliki dimensi layar besar yang pas untuk multimedia. Tak terkecuali layar realme C30 yang berukuran 6,5 inci, beresolusi HD+ dan refresh rate standar 60Hz.

Memang kalau di smartphone kelas entri, asal kualitas panelnya bagus saja sudah lebih dari cukup. Dan untuk realme C30, saturasi warnanya sudah tergolong baik—masih ada kompetitor lain yang lebih mahal dengan warna lebih pucat. Responsivitasnya standar saja, dan untuk penggunaan luar ruangan sekadar aman alias agak sedikit kurang terang.

Baca Juga :  Fitur Immersive View Bikin Tampilan Google Maps Jadi Lebih Nyata
realme C30

Yang bisa saya apresiasi adalah opsi untuk mengubah keseimbangan warna putih pada menu Settings, sementara untuk standar warnanya sendiri dibuat mendekati DCI-P3. Ada juga mode “video display enhancement” untuk membuat warna lebih cerah dan vivid dari sejumlah aplikasi seperti YouTube dan Google Photos.

Ketika menampilkan wallpaper dengan warna hitam, sejatinya panel layarnya bisa tampilkan hitam yang cukup gelap. Tapi entah kenapa, dark mode yang ada di realme C30 justru memilih tampilkan latar abu-abu. Akibatnya, backlight bleeding justru terlihat, alias cahaya cerah di pinggir layar. Wajar kok, tapi seharusnya bisa dihindari.

Gizmo friends juga harus lebih hati-hati saat menggunakan smartphone ini bila ingin kaca layar tetap mulus. Karena tak ada proteksi sama sekali, alias tanpa pelindung layar bawaan.

Kamera

realme C30

Terlihat dari eksteriornya, kamera realme C30 membawa setup yang sangat sederhana. Satu kamera di depan beresolusi 5MP, sementara di belakang ada sensor 8MP f/2.0 dengan dukungan AI dan bentuk fisik yang dibuat cukup besar. Tampilan antarmuka aplikasi kamera bawaannya pun lebih sederhana dari smartphone realme yang lebih mahal.

Jangan khawatir, fiturnya cukup lengkap kok. Tetap bisa hasilkan foto portrait dengan efek bokeh, plus mode profesional, AI Beauty, dan scene recognition juga masih bisa ditemukan. Bagaimana dengan kualitas foto kamera realme C30? Singkatnya, sudah sangat cukup untuk sekadar dibagikan ke platform kirim pesan maupun media sosial.

Dalam kondisi cahaya berlimpah, warnanya sedikit di atas rata-rata dan efek HDR-nya bekerja cukup baik di kelasnya. Shutter alias pengambilan foto juga cukup instan. Mode portrait juga bisa deteksi wajah instan, meski sedang menggunakan masker sekalipun. Ketika masuk ke pencahayaan indoor dan malam, seketika langsung lebih halus.

Memang disematkan mode malam khusus kamera belakang realme C30, dan bisa berikan bantuan pencahayaan ekstra. Overall, bukan yang terbaik, tapi juga bukan yang paling buruk. Hasil foto lengkapnya bisa kamu akses pada album berikut ini.

Ebd0sQJJFXiGgTjgJwFQuagQJ FzadmEZTnrR4aGjmQv6
KAS ZKg5 mJ LgAQwI3hFO8HG3qW0mkjc2YxWSl1GM97gayUV4pYuedIXYgAW5aLln
cam4tyH5 Pjgb2FkO0jIIdV2Dda0500tEtUDvdZ
k9L2bUfSNm9CF6yG4vr 6gUrssnNLqF3Z3iFzeIFBcqRuScC6FqGu9cQtiwEBGwRZj
nA2lG2J8qRKPy1pWaCP vIqTykGNrCqNla7glshGtAfHhTgzRribkA06Hl6rtzKcpvPqpA9KOsvRqUtdwHJgrTpwxvpw8BEyVkF6FnHoL n1Czm2rhX TPLHLp2ySbUGDcTJwprnLc0=w2400
PjdHZMfeDrISr8lV6BPyakOfFygmNMcYfkEDvYxHUMffB0lZYWtMpv c qmcas 7r 89vdpIjWl1y GywicOeSsjqwQuh10aY0fcY S0IHKou3a8Om irGIV2aVxG6sxl MtOzgFk=w2400
jCO5V5qVg7Dc6y jrxmAsNPe1SJjjOTtmTXAMfaQvXzlSQtL51CROJ

Seperti yang bisa dilihat di atas, tangkapan dari kamera depannya pun terlihat halus. Dan karena resolusinya agak rendah, perekaman video dari kamera depan realme C30 hanya bisa maksimum 720p 30fps (sementara kamera belakang hingga 1080p 30fps). Tentunya belum ada EIS, jadi harus gunakan alat tambahan atau pastikan pergerakan tangan cukup stabil.

Fitur

realme C30 - fitur

Smartphone ini menjalankan versi Android yang lebih sederhana, dengan tampilan antarmuka realme UI R Edition berbasis Android 11. Tidak banyak fitur ekstra yang disematkan, bahkan tidak diberikan opsi widget untuk dipajang di halaman depan. Tapi tenang, fitur esensial seperti screen record, opsi gestur dan USB OTG masih ada kok.

Baca Juga :  Telkomsel Matikan Jaringan 3G di 143 Kota dan Kabupaten

Serta opsi face unlock sebagai pengganti metode input PIN dan password, mengingat realme C30 belum dilengkapi dengan sensor sidik jari. Speaker mono yang ada di bawah cukup lantang, meski output terdengar agak tipis. Setidaknya cocok untuk memutar konten seperti podcast, dan tentunya ada opsi lain seperti menggunakan earphone kabel atau nirkabel.

Opsi split screen juga belum ada di realme C30, sehingga kamu tak bisa memanfaatkan layar besar untuk jalankan dua aplikasi. Nilai plusnya, bloatware hanya sedikit, jadi tidak memakan kapasitas penyimpanan internal terlalu banyak. Juga masih ada opsi ekspansi kartu microSD dengan slot khusus, hingga kapasitas 1TB. Tak perlu khawatir kehabisan memori terlalu cepat.

Performa

realme C30 benchmark

Salah satu nilai jual utama dari realme C30 selain dari desain, ada pada pemilihan chipset serta pelengkapnya. Gunakan cip Unisoc Tiger T612 octa-core 12nm, chipset ini membawa dua inti CPU Cortex-A75 yang kencang di kelasnya. Ditambah dengan jenis penyimpanan UFS 2.2, di mana banyak seri lain yang masih gunakan eMMC.

Dengan cip tersebut, sebenarnya realme C30 tak perlu membawa tampilan antarmuka yang lebih sederhana. Tapi memang tak ada salahnya, supaya performanya bisa tetap kencang dalam jangka panjang serta tak memberatkan kapasitas RAM yang hanya 2GB. Buka tutup aplikasi sudah terasa cukup gegas, kecepatan reload aplikasi (karena batasan RAM) juga terbantu dari chipset.

Kalau memang ingin memori lebih lega, opsi 4+64GB juga tersedia. Bagaimana saat digunakan untuk bermain gim? Ketika menjalankan Pokemon Unite, setting grafis default ada di medium – high, dan cukup stabil di kisaran 58-60 fps alias sudah sangat baik. Rasanya juga bakal masih sanggup untuk bermain gim yang lebih berat, asal oke saja dengan nilai fps turun atau setting grafis rendah.

Baterai

Membawa spesifikasi yang sederhana serta chipset yang sudah cukup efisien daya, tentu akan sangat pas kalau realme C30 dipasangkan dengan kapasitas baterai besar. Dengan baterai 5,000 mAh, realme C30 dengan mudah dapat digunakan hingga dua hari penuh untuk penggunaan sederhana seperti media sosial dan kirim pesan.

Karena untuk smartphone di kelasnya, dua kegiatan tersebut yang paling banyak dilakukan, bukan? Selain menonton video lewat platform seperti YouTube dan Netflix, yang membuatnya tetap bisa bertahan setidaknya seharian penuh. Yang perlu dimaklumi, realme C30 masih pakai port micro-USB dan belum mendukung fast charging. Sehingga pengisian dayanya bisa mencapai tiga jam.

Kesimpulan

realme C30

realme C30 hadir dengan racikan yang pas untuk sebuah smartphone sejutaan. Ketika smartphone di kelasnya bisa hadirkan fitur seperti layar besar dan baterai awet, smartphone ini berikan keunggulan lainnya seperti performa kencang dan desain yang stylish. Juga bodi yang terasa solid, berikan rasa aman tersendiri.

Baca Juga :  Flagship Huawei MateBook X Pro 2022 Resmi ke Indonesia, Berikut Harganya!

Hasil jepretan kameranya memang bukan yang terbaik. Begitu pula dengan jumlah fitur yang dibawa lewat realme UI versi sederhana. Namun dengan begitu, smartphone jadi tidak terbebani, dan performa bisa lebih terjaga untuk pemakaian dalam waktu yang lama. Overall, realme C30 bisa jadi pilihan terbaik di harga Rp1,4 jutaan.

Harga tersebut untuk varian dasar dengan memori 2+32GB, ya. Gizmo friends bisa mulai membelinya pada flash sale perdana yang berlangsung 7-14 Juli 2022 di realme.com, Shopee, Lazada, JD.ID, Tokopedia, Blibli, akulaku, dan TikTok Shop realme Indonesia. Nantinya juga bakal hadirkan opsi varian realme C30 lebih lega yang punya memori 4+64GB, bakal dibanderol seharga Rp1,749 juta.

Spesifikasi realme C30

realme C30
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
realme C30

Released
04 Juli, 2022

Status
Available

Price
Rp1.449.000 (2+32GB), Rp1.749.000 (4+64GB)

Platform


Chipset
Unisoc Tiger T612 (12 nm)

CPU
Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)

GPU
Mali-G57

RAM (Memory)
2GB

Storage
32GB UFS 2.2

External Storage
Up to 1TB (dedicated slot)

Operating System
Android 11

User Interface
realme UI R Edition

Design


Dimensions
164.1 x 75.6 x 8.5 mm

Weight
182 g

Design Features
Warna: Lake Blue, Bamboo Green, Denim Black
Vertical Stripe Design

Battery
Non-removable Li-Po 5000 mAh battery, 5V 2A charger

Display


Screen Type
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Size and Resolution
6.5 inches, HD+ 720 * 1600

Touch Screen
Capacitive Touchscreen

Features
Video color optimization
120Hz touch sampling rate

Network


Network Frequency
GSM/ HSPA / LTE

SIM
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Data Speed
HSPA 42.2/11.5 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/75 Mbps

Camera


Multi Camera
No

Rear
8 MP, f/2.0, (wide), 1/4. inch, 1.12µm, AF, 4P lens

Front
5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm, 3P lens

Flash
Yes

Video
720p / 1080p, 30fps Slo-Mo (120fps / 480p)

Camera Features
LED flash, HDR, Panorama, AI Beauty, Expert Mode, Night mode

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.0, A2DP, LE

USB
microUSB 2.0, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
Loudspeaker, Port Jack 3.5 mm

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5

Messaging
SMS, MMS, Online

Sensors
Light sensor, proximity Sensor. acceleration sensor