realme Book Air Diluncurkan di China, Harga Lebih Murah Port Lebih Lengkap

China, Gizmologi – Di Indonesia, realme memang telah menghadirkan dua versi laptopnya yakni realme Book & realme Book Prime, di mana yang kedua lebih pas dianggap sebagai suksesor pengganti. Namun di China, realme baru saja hadirkan realme Book Air dengan penyegaran yang menarik.

Bila menilik dari penamaannya, realme Book Air seolah hadir sebagai generasi terbaru dengan spesifikasi yang ditingkatkan atau desain yang lebih tipis dan ringan. Nyatanya tidak begitu, karena spesifikasinya cenderung lebih sederhana, diikuti dengan banderol harga lebih murah. Bakal pas untuk hadir sebagai pelengkap opsi laptop Windows terbaru bagi konsumen.

Secara desain, terlihat hampir sama persis dengan realme Book pada umumnya, tampil membawa profil yang sangat tipis. realme Book Air juga tergolong portabel, memiliki bobot kisaran 1,3 kilogram saja. Perbedaan yang paling terlihat ada pada cover luarnya, di mana ada pola khusus menyerupai tablet realme terbaru.

Baca juga: Harga realme C30 Semakin Murah, Hadir Bersama realme GT 2 Pro Paper Green

Rasio Layar realme Book Air Dibuat Berbeda

realme Book AIr

Masuk ke bagian dalamnya, realme Book Air juga lagi-lagi terlihat sangat mirip dua seri laptop sebelumnya. Namun sejatinya, spesifikasi layar realme Book Air dibuat berbeda. Tak gunakan rasio 3:2 melainkan 16:10, sehingga bezel bawah lebih terlihat sedikit tebal. Resolusinya pun sedikit turun menjadi full HD+, namun tetap mendukung fitur DC Dimming.

Bagian keyboard juga terlihat identik, dengan tombol power yang dibuat menjadi persegi panjang, namun sama-sama terintegrasi dengan sensor sidik jari. Di bagian atas layar, realme Book Air dilengkapi sebuah kamera HD 720p, plus mikrofon ganda yang mampu meredam noise ketika melakukan panggilan suara maupun video. Menariknya, jumlah port justru lebih lengkap.

Baca Juga :  Dear Gamers, Western Digital Luncurkan SSD WD Black SN805X dan WD Black P40
realme Book AIr

Di sisi kiri, terdapat dua port USB-A 3.2 Gen 2, dengan jack audio 3,5mm. Sementara di sisi kanan, kini ada dua port USB-A 3.2 Gen 1, alias lebih banyak satu port dari generasi sebelumnya. Hal ini akan membuat realme Book Air lebih pas bagi konsumen yang tak ingin gunakan USB Hub untuk sekadar sambungkan aksesori.

Baterai Tahan Lama, Harga Mulai Rp6 Jutaan

realme Book AIr

Ketika diluncurkan, realme Book Air hanya tersedia dalam satu varian prosesor saja, yakni Intel Core i3 generasi ke-11 dengan TDP 28W. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM 8GB LPDDR4x dual-channel 4266mHz on-board, serta pilihan penyimpanan internal 256/512GB berjenis PCIe SSD. Sudah menjalankan sistem operasi Windows 11.

Untuk menjamin agar performa tetap kencang, disematkan teknologi vapor chamber khusus dengan dua bilah kipas, diklaim bisa berikan pendinginan lebih optimal sampai 29,8%. Performa hardware juga bisa diatur dengan tiga kecepatan utama; Quiet Mode, Smart Mode dan Flash Mode. Baterainya sendiri berukuran 54Whr, diklaim bisa digunakan hingga 13,5 jam.

Lewat adaptor charger 65W, baterai realme Book Air bisa diisi daya 50% dalam waktu 30 menit saja. Bahkan tetap bisa menggunakan adaptor charger berdaya 33W. Harga realme Book Air dibanderol mulai CNY2,999, atau sekitar Rp6,7 jutaan. Mulai bisa dipesan di negara asalnya mulai 19 Juli mendatang.