realme 9i 5G Jadi Smartphone 5G Harga Rp2 Jutaan Terbaru, Bodi Paling Tipis

India, Gizmologi – Dalam peluncuran realme kemarin (18/8), ada sebuah perangkat yang sejatinya cukup menarik perhatian, namun agak disayangkan absen di Tanah Air. Ya, selain Indonesia, realme India juga menggelar acara sendiri, bawa realme 9i 5G yang jadi smartphone 5G termurahnya.

Dalam sesi wawancara eksklusif tim Gizmologi bersama Madhav Sheth pada gelaran Mobile World Congress 2022 di Barcelona, Februari lalu, ia memang menegaskan bila realme bakal terus berusaha untuk berikan perangkat 5G ke harga yang semakin murah. Salah satu perwujudan terbarunya adalah lewat realme 9i 5G, yang hadir dalam harga kurang dari USD200.

Baca juga: Wawancara Ekslusif dengan Bos realme, Madhav Sheth: Visi Smartphone Flagship, 5G Hingga AIoT

Disebut dengan “5G Rockstar”, slogan tersebut bukanlah tanpa alasan. Desain realme 9i 5G dirancang sepenuhnya baru dan tidak terlihat seperti seri-seri sebelumnya. Terinspirasi dari permukaan CD lawas, Laser Light Design pada realme 9i 5G membuat masing-masing sensor kamera seolah terintegrasi pada permukaan bodi belakang. Tampil dalam tiga warna berbeda.

Masing-masing memiliki permukaan yang dirancang tahan goresan dan memiliki kilauan khusus. realme juga berani mengklaim bila realme 9i 5G paling tipis di kelasnya, dengan ketebalan 8,1mm dan bobot 187 gram saja. Supaya tetap nyaman digunakan dengan satu tangan sekalipun.

Kamera realme 9i 5G Punya Mode Lengkap

realme 9i 5G

Beralih ke tampilan depan, layar realme 9i 5G terlihat cukup sederhana, karena masih gunakan desain layar waterdrop. Panel yang digunakan adalah IPS 6,6 inci, dengan resolusi full HD+ dan refresh rate 90Hz. Untuk responsivitas tinggi, hadir touch sampling rate 180Hz. Sementara sensor sidik jarinya disematkan ke bagian samping, menyatu dengan tombol power.

Baca Juga :  7 Tips Dongkrak Penjualan Saat Festival Belanja Online!

Disiapkan kamera 8MP berbasis AI untuk kualitas swafoto terbaik di kelasnya. Sementara pada bodi belakang, ada sensor utama kamera realme 9i 5G yang beresolusi 50MP. Ditambah dengan dua sensor terpisah lainnya, yakni 2MP depth sensor serta 2MP makro.

realme 9i 5G

Walaupun termasuk sebagai smartphone 5G kelas entri, realme masih bisa memberikan sejumlah mode kamera ekstra. Sebut saja mode pengambilan gambar dalam resolusi penuh 50MP, maupun Stree Photography Mode 2.0 yang memudahkan pengguna realme 9i 5G untuk akses beberapa parameter manual seperti fokus manual, serta besaran zoom dalam satuan mm.

Pakai Chipset Kencang dengan fitur DRE

realme 9i 5G

realme 9i 5G jalankan realme UI 3.0 berbasis Android 12. Untuk urusan dapur pacu, dipercayakan kepada cip MediaTek Dimensity 810 octa-core 6nm. Chipset ini tergolong kencang untuk sebuah smartphone Android Rp2 jutaan, karena bisa hasilkan skor benchmark Antutu sampai melebihi 385 ribu poin. Ditambah dengan teknologi Dynamic RAM Expansion hingga 5GB—membuat RAM bisa seluas 11GB.

Gunakan mekanisme triple slot, smartphone realme terbaru satu ini mendukung kartu microSD hingga kapasitas 1TB. Sementara untuk daya tahan baterainya, bakal cukup irit untuk seharian penuh. Mengingat baterai realme 9i 5G berukuran 5,000 mAh, dan mendukung pengisian daya cepat 18 watt.

Walaupun tipis, realme masih bisa berikan jack audio 3,5mm pada sisi perangkat. Rilis di India lebih dulu, harga realme 9i 5G dibanderol mulai INR14,999 alias Rp2,7 jutaan, untuk opsi memori 4+64GB. Penjualannya dimulai 24 Agustus mendatang dengan sistem pre-order. Semoga bisa segera hadir di Indonesia ya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News