Razer Kishi V2 Rilis Bawa Desain Baru, Gaming Controller Untuk Flagship

California, Gizmologi – Vendor yang sudah sangat dikenal dengan aksesori gaming maupun lini laptop gaming premiumnya, Razer baru saja perkenalkan generasi kedua dari gaming controller khusus smartphone. Dinamakan Razer Kishi V2, perangkat satu ini tampil dengan desain yang sudah diperbaiki dari generasi sebelumnya.

Isu dari Kishi generasi pertama adalah mekanisme pemasangannya yang tidak fleksibel, membuat kompabilitas dari alat pengendali tersebut sangat minim. Alhasil, banyak smartphone Android yang tidak bisa menggunakannya. Kini dengan model bridge baru, Razer Kishi V2 dirancang lebih cocok untuk smartphone yang makin ke sini punya dimensi lebih besar.

Dalam rilis resminya, Razer sendiri menyebutkan bila kehadiran Razer Kishi V2 cukup penting bagi portofolio aksesorinya. Dengan berkembangnya teknologi cloud gaming, kini lebih banyak gamer yang main gim secara praktis dari smartphone. Alhasil mereka membutuhkan alat kendali yang lebih pas untuk mendampingi smartphone, supaya tetap kompetitif saat bermain gim judul AAA.

Baca juga: Razer Leviathan V2, Soundbar Gaming RGB Harga Rp 4 Jutaan

Bisa Digunakan Untuk Galaxy S22 Ultra

Razer Kishi V2

Unggulkan sisi ergonomis, desain dan peletakan tombol pada Razer Kishi V2 diperbarui agar lebih nyaman digunakan. Aksesori serupa gamepad ini memiliki  bobot kisaran 280 gram dengan ketebalan 33,9mm, sudah termasuk bridge atau penghubung controller bagian kanan dan kiri yang bisa di-ekspansi hingga cukup lebar.

Supaya punya kompabilitas yang lebih baik, bagian karet di dalamnya pun bisa dilepas. Fungsinya agar pengguna smartphone Android dengan aksesori seperti case tak perlu melepasnya. Razer sendiri menuliskan daftar perangkat seperti flagship Samsung sampai S22 Series, semua lini Pixel mulai Pixel 2, Razer Phone atau perangkat dengan dimensi ketebalan maksimum 11,5mm dan lebar 170mm.

Baca Juga :  Erajaya Gelontorkan 20 Produk Ekosistem IT Smart Home

Razer Kishi V2

Selain dimensi, Razer Kishi V2 juga hanya mendukung smartphone yang jalankan sistem operasi Android 9 Pie ke atas—versi iOS sendiri dikabarkan bakal menyusul pada musim gugur tahun ini, jadi sementara Razer hadirkan versi Android lebih dulu. Versi OS tersebut diperlukan karena ada aplikasi pendukung yang sangat membantu proses bermain gim.

Yaitu Razer Nexus yang mungkinkan pengguna untuk akses gim, streaming YouTube maupun Facebook, melihat daftar gim yang kompatibel dengan Razer Kishi V2 maupun lakukan software update secara langsung. Pintasan untuk akses aplikasi ini juga sudah diberikan tombol khusus.

Razer Kishi V2 Punya Tombol Share Khusus

Razer Kishi V2

Berbicara soal tombol, ada cukup banyak yang bisa dimanfaatkan dan dikustomisasi sesuai keinginan pengguna Razer Kishi V2. Selain dua analog, ada d-pad mekanikal yang pakai microswitch control milik Wolverine V2. Plus dua triger, dua bumper dan dua tombol multifungsi lainnya. Juga ada tombol share yang mungkinkan pemain untuk bagikan screenshot maupun video secara instan.

Perangkat ini tidak dilengkapi dengan baterai, sementara sambungannya sendiri memanfaatkan port USB-C yang dicolok ke smartphone. Pada bagian luar Razer Kishi V2, terdapat port USB-C tambahan yang berfungsi sebagai pass-through charging. Supaya bisa tetap bermain sembari mengisi daya sekaligus.

Harga Razer Kishi V2 dibanderol USD99 atau sekitar Rp1,4 jutaan, dan mulai dijual pada 8 Juni 2022 kemarin. Belum ada informasi terkait kehadirannya di Indonesia. Setidaknya, generasi sebelumnya sudah hadir resmi dengan kisaran harga sedikit lebih murah di Rp1 jutaan.