POCO C40 Resmi di Vietnam, Pakai Chipset JR510 Harga Rp2 Jutaan

Vietnam, Gizmologi – Setelah hadirkan sejumlah opsi smartphone 4G dan 5G yang cukup terjangkau, brand POCO yang masih sangat dekat dengan Xiaomi dikabarkan tengah siap merilis seri POCO C40 pada 16 Juni mendatang. Namun ternyata, smartphone murah tersebut sudah rilis lebih dulu di Asia, lebih tepatnya Vietnam.

Ya, ini merupakan perangkat ketiga dari POCO yang masuk dalam C Series, yakni seri yang paling terjangkau. Di India sendiri, terakhir ada seri POCO C31. Sementara di Indonesia tidak ada—secara otomatis membuat POCO M3 jadi opsi yang paling murah yang bisa dibeli oleh konsumen saat ini.

Secara desain, POCO C40 masih terlihat identik dengan beberapa seri lain, termasuk POCO M4 Pro yang sudah tim Gizmologi ulas sebelumnya. Ada modul kamera yang dibuat besar dengan warna hitam dari ujung ke ujung, mendominasi bagian belakang atas. Di dalamnya, disematkan beberapa sensor kamera, logo POCO, serta sensor sidik jari sebagai fitur keamanan utama.

Baca juga: Harga POCO M3 Pro 5G Turun, Jadi Semakin Menggoda

Punya layar Besar dengan Gorilla Glass

POCO C40

Termasuk bongsor, bodi POCO C40 memiliki ketebalan hampir mencapai 9,2mm, dengan bobot 204 gram. Dimensi ini hadir bukan tanpa alasan, karena kapasitas baterai yang tergolong besar. Hadir dalam tiga opsi warna, desain POCO C40 mencoba replikasi permukaan kulit. Meski sejatinya terbuat dari material plastik polikarbonat.

Mengingat kelasnya yang masuk segmen entry-level, wajar bila layar POCO C40 masih gunakan desain waterdrop yang punya bezel tebal. Dimensinya cukup besar mencapai 6,7 inci, dengan resolusi HD+, refresh rate 60Hz dan panel IPS yang bisa berikan kecerahan hingga 400 nits. Menariknya, POCO masih bisa sematkan proteksi Corning Gorilla Glass pada kaca depan smartphone.

Baca Juga :  Spesifikasi realme GT NEO 3T, Performa Kencang & 80W SuperDart Harga Rp5 Jutaan

Di dalam poni waterdrop tersebut, disematkan sebuah sensor kamera 5MP. Sementara di belakang, terdapat dua sensor kamera dengan resolusi masing-masing 13MP & 2MP. Secara jumlah memang berkurang dari seri C31, namun untuk kualitas masih belum bisa diketahui. Karena smartphone ini hadir membawa chipset dari vendor yang belum pernah terdengar sebelumnya.

Chipset POCO C40 Bukan dari MediaTek & Unisoc

POCO C40

Ya, bukan MediaTek, bukan juga Snapdragon atau Unisoc. Performa POCO C40 dihadirkan lewat chipset JR510 dari JLQ Technology, sebuah perusahaan manufaktur semikonduktor asal Shanghai. Spesifikasinya bisa dibilang mendekati Helio G35, memiliki struktur CPU 8 inti (4 x 2GHz + 4 x 1,5GHz) dan sudah gunakan proses fabrikasi 11nm.

Di Vietnam, POCO C40 hadir dalam satu opsi memori saja, membawa RAM 4GB plus penyimpanan internal sebesar 64GB yang masih bisa diperluas lewat slot kartu microSD. Yang juga tak kalah luas adalah kapasitas baterai POCO C40, yaitu mencapai 6,000 mAh. Tentu bakal membuat smartphone ini bisa bertahan selama lebih dari satu hari.

POCO C40

Tak hanya itu, POCO C40 juga sudah mendukung fast charging hingga 18W, meskipun adaptor charger bawaannya baru mendukung kecepatan 10W saja. Pre-ordernya sudah dimulai di Vietnam hingga 19 Juni mendatang. Harga POCO C40 di sana dibanderol VNC3,490,000, atau sekitar Rp2,1 jutaan. Apakah bakal rilis di Indonesia? Kita tunggu saja ya.