Berlisensi Bappeti, Pluang Tawarkan Investasi Emas Digital

Jakarta, Gizmologi – Aplikasi investasi multi-aset, Pluang, kini telah memperoleh izin pedagang fisik emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti). Dengan demikian, Pluang dapat menawarkan aset emas digital berlisensi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi.

Izin pedagang fisik emas digital tersebut keluar melalui keputusan Kepala BAPPEBTI nomor 001//BAPPEBTI/P-ED/01/2022. Izin ini memperbolehkan mitra Pluang untuk menawarkan produk emas pada penggunanya secara aman dan terjamin karena diatur dan diawasi oleh lembaga negara yang berwenang.

“Selain merupakan aset investasi yang baik untuk investor karena harganya yang relatif stabil, berisiko rendah, dan prospek jangka panjangnya yang baik,” ungkap Co-Founder Pluang Claudia Kolonas, dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Sejalan dengan menciptakan sarana berinvestasi yang mudah, aman, dan terjangkau bagi masyarakat, BAPPEBTI telah membentuk payung hukum terkait penyelenggaraan pasar fisik emas digital di bursa berjangka.

Investasi Emas Digital di Pluang

Investasi Emas Digital

Tidak hanya itu, BAPPEBTI juga telah memberikan persetujuan kepada PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan pasar fisik emas digital serta memberikan persetujuan sebagai lembaga kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi pasar fisik emas digital kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dan PT Indonesia Clearing House (ICH).

Hadirnya emas digital memudahkan investor untuk tidak perlu lagi menyimpan logam mulia dalam bentuk fisik. Emas selama ini dinilai sebagai aset sarana lindung nilai dalam menghadapi inflasi dan depresiasi rupiah.

“Di samping itu, masyarakat tidak perlu lagi menyimpan logam mulia dalam bentuk fisik sehingga jauh lebih aman, terhindar dari risiko pencurian, dan tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk biaya penyimpanan,” ungkapnya.

Baca Juga :  iPhone SE 3 Resmi Dijual, Tersedia Promo Cicilan Gratis 1 Bulan

Untuk menyesuaikan pangsa pasar investor ritel, Pluang memberikan fasilitas pembelian emas digital mulai dari 0,01 gram atau setara dengan Rp 10.000. Selain itu pengguna juga bisa mengakses investasi emas digital melalui mitra resmi Pluang di berbagai platform dompet digital, aplikasi investasi hingga e-commerce seperti GoInvestasi dari Gojek, Tokopedia Emas dari Tokopedia, BukaEmas dari Bukalapak, eMas dari DANA.