Bantu Cari Hunian Berkualitas, Pinhome Rilis Riset Kualitas Udara di Jabodetabek

Jakarta, Gizmologi – Pinhome bekerja sama dengan Nafas Indonesia meluncurkan hasil riset kualitas udara di Jabodetabek pada Rabu (14/9) secara daring melalui platform Zoom. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan webinar bertajuk “Beda lokasi hunian, beda kualitas udaranya. Kok bisa?”. Acara peluncuran dan webinar tersebut dilaksanakan untuk memberikan informasi bermanfaat kepada masyarakat yang hendak mencari hunian ideal.

“Harapannya dengan kolaborasi ini masyarakat dapat lebih mengetahui salah satu faktor yang memengaruhi pemilihan hunian yaitu kualitas udara. Market report ini disusun agar Pinhome dapat memberikan pengetahuan mendalam terkait lokasi hunian yang sehat, terutama berdasarkan kualitas udara lingunkgannya,” ujar Panca Satria, Head of Agent Account Management Pinhome.

Kolaborasi tersebut juga berusaha membangun kesadaran masyarakat terkait ancaman polusi udara di tempat tinggal, khususnya polusi PM2.5. Polusi PM2.5 merupakan gabungan partikel padat yang berada di udara berukuran 2.5 mikron yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor, asap pabrik, rokok, dan pembakaran samapah. Selain itu, PM2.5 berukuran 1/100 ukuran helai rambut sehingga tidak bisa disaring oleh tubuh manusia.

Masyarakat juga dapat memantau kualitas udara di sekitarnya dengan memanfaatkan aplikasi Nafas Insights. “Melalui Nafas Insights, sekarang Anda bisa melihat rangkuman informasi kualitas udara di daerah tempat tinggal Anda setiap minggu. Terdapat insight mingguan di mana pengguna akan mendapatkan rangkuman tingkat polusi PM2.5 selama seminggu terakhir,” terang Piotr Jakubowski, CGO-Co-Founder Nafas Indonesia.

Baca juga: DANA Masuk dalam 20 Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Asia Tenggara Versi Top Publisher Award

Antisipasi Polusi Udara di Rumah ala Pinhome

pinhome
Pelaksanaan webinar dan hasil riset kualitas udara untuk hunian berkualitas di Jabodetabek.

Paparan polusi udara memang tidak bisa dihindari. Namun, sebenarnya masyarakat bisa mengantisipasi udara tidak sehat dan meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah melalui beberapa cara berikut:

  • Menutup jendela atau ventilasi natural ketika kondisi udara memburuk.
  • Tetap berolahraga di dalam ruangan dan mengatur waktu olahraga di luar ruangan.
  • Memakai masker saat berada di luar rumah.
  • Menggunakan air purifier untuk membersihkan udara di ruangan.
  • Membatasi benda beraroma, seperti lilin aromaterapi dan penyegar udara.
Baca Juga :  Semakin Elegan dengan Warna Samsung Galaxy S22 Terbaru

Menurut data riset hasil kolaborasi Pinhome dengan Nafas, terdapat sedikitnya lima wilayah di Jabodetabek yang menjadi referensi untuk mengukur tren kualitas udara. Kelima wilayah tersebut antara lain Depok Beji, Pondok Indah, Bogor Barat, Bekasi – Tambun Selatan, dan Dharmawangsa.

Hasil ini diukur berdasarkan kualitas udara pada aplikasi Nafas. Pemaparan lengkap dari hasil riset dan laporan mengenai wilayah lainnya dapat diunduh melalui tautan berikut: https://www.pinhome.id/blog/kualitas-udara/