Pindah Data WhatsApp Kini Bisa dari Android ke iPhone, Begini Caranya!

Jakarta, Gizmologi – Tidak seperti Telegram yang semuanya tersimpan ke dalam cloud milik internal, WhatsApp andalkan penyedia cloud yang berbeda di perangkat Android dan iPhone. Alhasil, ketika harus melakukan proses pindah data WhatsApp lintas platform, prosesnya jadi sedikit sulit—meski kini sudah tak lagi begitu.

Aware dengan isu tersebut, pihak Meta selaku pemilik WhatsApp dan Facebook telah berikan sejumlah alternatif cara khusus agar penggunanya tak kehilangan data obrolan ketika ingin berpindah dari smartphone iPhone ke Android. Dan kini solusi terbaru dihadirkan untuk sebaliknya, alias dari pengguna Android yang ingin memindahkan data WhatsApp ke iPhone.

Sebelumnya, pihak WhatsApp pertama kali bekerja sama dengan Samsung. Fitur pindah data WhatsApp pun eksklusif di smartphone flagship Samsung saja dalam beberapa bulan terakhir, memungkinkan pengguna Galaxy S22 Series dan seri lainnya mendapatkan histori obrolan dari iPhone. Tak lama kemudian, Google Pixel menyusul, dan WhatsApp bakal gulirkan fitur ini untuk semua smartphone yang jalankan Android 12.

Baca juga: Kapasitas Grup WhatsApp Ditambah sampai 512 Pengguna

Hadirkan Opsi Transfer Obrolan WhatsApp yang Aman

Pindah Data WhatsApp - Mark Zuckerberg

Informasi terkait munculnya cara pindah data WhatsApp terbaru ini disampaikan langsung oleh sang CEO dari Meta, Mark Zuckerberg. Lewat unggahan di akun pribadinya, ia menyampaikan bila cara baru tersebut berikan kemampuan penggunanya untuk secara aman memindahkan data histori obrolan, foto, video, hingga pesan suara sembari tetap terenkripsi end-to-end.

Seperti yang kita ketahui, sebelum ada cara pindah data WhatsApp resmi, pengguna WhatsApp yang mau pindahan bisa memanfaatkan layanan dari penyedia pihak ketiga. Sebut saja dr.fone, sudah sejak dulu beri kemampuan tersebut. Hanya saja, biaya lisensinya tergolong mahal. Belum lagi tingkat kesuksesan pemindahannya yang masih belum 100% bisa berjalan lancar.

Baca Juga :  Manajemen Sistem Aplikasi Absensi Online, Mana yang Terbaik?

“Ini adalah fitur yang paling banyak diminta (oleh pengguna). Kami telah meluncurkan kemampuan untuk pindah data WhatsApp dari iPhone ke Android tahun lalu, dan kini menambahkan dari Android ke iPhone,” tutup Mark. Bila Gizmo friends penasaran dan ingin menjajalnya, ada beberapa hal yang harus diketahui lebih dulu.

Cara Pindah Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Pindah Data WhatsApp 002

Sebelumnya, proses pindah data WhatsApp dari Android ke iPhone kurang lebih sama seperti yang dihadirkan ke smartphone Samsung. Dengan kata lain, perangkat iPhone yang akan digunakan, harus dalam kondisi “baru”. Sehingga kamu harus melakukan proses reset alias hapus semua data terlebih dahulu, sampai muncul tampilan proses setup awal layaknya menyalakan iPhone baru.

Bila sudah, yang perlu dilakukan di smartphone Android adalah dengan mengunduh aplikasi Move to iOS. Jika sudah, cukup jalankan proses yang ada, memilih opsi untuk pindah data WhatsApp, lalu sambungkan ke iPhone dengan cara scan QR code. Kemudian proses pindah data bakal berjalan dalam beberapa waktu, bergantung dari banyaknya data.

Ketika selesai, buka iPhone yang baru saja dipindahkan datanya, akses aplikasi WhatsApp, dan lakukan proses login seperti biasa. Setelah itu, data WhatsApp seharusnya akan otomatis muncul. Info lain yang juga harus diketahui, proses pindah data WhatsApp ini tak bisa gabungkan histori chat lama yang ada di iPhone tersebut.