Cara Percantik Wajah di Foto Lama Pakai OPPO Reno7, Tanpa Aplikasi Tambahan!

Jakarta, Gizmologi – OPPO Reno7 Series hadir sejak awal tahun ini, membawa spesifikasi yang disesuaikan dengan keperluan masyarakat Tanah Air. Meski begitu, ketiganya tetap membawa keunggulan utama yang sama. Yakni dapat menghasilkan foto portrait terbaik, hasil dari penyempurnaan hardware maupun software.

Tak dapat dipungkiri, kemampuan kecerdasan buatan atau AI dari OPPO Reno7 Series mampu tingkatkan penampilan wajah obyek yang ditangkap. Baik laki-laki, perempuan, termasuk segala usia, bisa dibuat lebih baik berkat algoritma yang sudah dikembangkan sejak awal OPPO rilis smartphone khusus selfie. Lewat pengembangan ColorOS 12 terbaru, OPPO hadirkan sebuah kemampuan menarik.

Kalau penerapan AI dari foto yang akan diambil dari smartphone sudah biasa, bagaimana kalau kamu bisa berikan efek Portrait Retouching yang sama ke foto lama yang sudah kamu miliki sebelumnya? Fitur ini disediakan untuk pengguna OPPO Reno7, bisa diakses secara mudah, bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Baca juga: 5 Alasan OPPO A57 Cocok Buat Streaming Serial TV

Edit Langsung Lewat Fitur Retouch

OPPO Reno7 4G

Walaupun OPPO Reno7 Series dibekali penyimpanan internal yang cukup lega, kamu tak perlu unduh aplikasi tambahan hanya untuk bikin foto portrait lebih cantik, ganteng, atau cakep. Tak hanya tangkapan gambar dari kamera OPPO Reno7, kamu juga bisa tingkatkan tampilan wajah dari sebuah foto yang kamu ambil 10 tahun lalu, misalnya. Caranya?

Pastikan foto tersebut sudah kamu unduh atau simpan sebelumnya. Jika sudah, buka foto tersebut dari aplikasi album foto bawaan, kemudian pilih tombol “Edit”. Gulirkan ke kanan, dan kamu akan menemukan sebuah tombol bernama “Retouch”. Inilah fitur spesial yang seolah disembunyikan OPPO dan diintegrasikan langsung di dalam sistem.

Baca Juga :  Tokomall Rilis Project NFT Wormhole W-Unit
percantik wajah foto OPPO Reno7 - 003
Dari kiri ke kanan, urutan tampak foto sebelum, dengan mode otomatis, dan dengan mode peningkatan wajah hampir maksimal.

Di dalamnya, kamu bisa atur warna kulit, tekstur alias kehalusan wajah, ukuran mata maupun kontur pipi, sampai menyembunyikan jerawat yang ada di wajah. Tingkatannya pun dibuat presisi dari skala nol hingga 100, sehingga kamu bisa berikan masing-masing efek secukupnya, tanpa membuat foto terlihat seperti kurang natural.

Walaupun gunakan opsi 100 sekalipun, sejatinya foto bakal terlihat natural. Berkat AI yang sudah benar-benar matang, software secara cerdas berikan efek yang sesuai. Misalnya, saat wajah dicerahkan, pencahayaan di belakang dan sekitar wajah juga ikut ditingkatkan supaya lebih merata.

Bisa Dicoba di Seri OPPO Lainnya

percantik wajah foto OPPO Reno7 - 003

Fitur Retouching hanyalah satu dari sekian banyak fitur canggih yang dimiliki OPPO Reno7 Series, langsung dari aplikasi galeri foto bawaan. Ada fitur lain yang Gizmo friends perlu coba lebih jauh, seperti AI Palettes yang bisa replikasi filter ala Adobe Lightroom, maupun fitur eraser untuk menghapus obyek yang tidak diinginkan, tanpa perlu andal menggunakan Photoshop.

Fitur yang telah disebutkan di atas dibawa melalui ColorOS 12 terbaru saat ini. Kalau Gizmo friends memiliki smartphone OPPO seri lain yang juga mendapatkan pembaruan ke ColorOS 12, langsung saja lakukan proses update supaya bisa menjajal fitur-fitur baru ini. Beritahu kami kalau kamu juga punya fitur ini di smartphone OPPO lain selain Reno7 Series ya!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News