Perbedaan OPPO Reno7 vs Reno6 yang Perlu Kamu Ketahui

Jakarta, Gizmologi – OPPO Indonesia hadirkan varian OPPO Reno Series baru hampir setiap enam bulan sekali. Dan setiap generasi yang hadir, setidaknya ada lebih dari dua opsi yang bisa dipilih konsumen. Lalu bagaimana bila generasi tahun ini dibandingkan dengan sebelumnya, seperti OPPO Reno7 vs Reno6?

Ya, meskipun kini sudah banyak smartphone 5G yang tersedia di pasaran, OPPO tetap hadirkan penawaran smartphone 4G dengan keunggulan tersendiri. Dan tentunya, tetap lebih terjangkau, sehingga bisa jadi pilihan yang lebih menarik bagi kamu yang tinggal di daerah dengan jaringan 5G yang belum tersedia. Setidaknya dalam beberapa tahun ke depan.

Meski sudah ada yang baru, OPPO masih menjual generasi sebelumnya, yakni OPPO Reno6 Series dengan harga lebih terjangkau. Punya selisih harga sekitar Rp500 ribu, mana yang paling cocok buat Gizmo friends? Berikut lima perbedaan OPPO Reno7 vs Reno6 4G yang perlu kamu ketahui.

Desain

Desain OPPO Reno6

Keduanya sama-sama memiliki desain yang stylish dan tahan lama, memiliki lapisan tahan gores pada bodi belakang, ringan dan tipis. Namun secara karakter, Reno7 vs Reno6 dibuat sangat berbeda. Generasi sebelumnya dirancang dengan lekukan bodi tiga dimensi pada bagian belakang, membuatnya nyaman di permukaan saat digenggam. Hadir dalam warna gradien dengan efek gemerlap yang sedikit samar.

OPPO Reno7 4G

Sementara pada OPPO Reno7 4G, desainnya justru dibuat flat mirip Reno6 5G. Baik bodi belakang, serta bagian bezel samping. Ketebalannya berkurang 0,3mm, dan tetap nyaman dalam genggaman. OPPO berikan aksen lampu khusus pada salah satu lingkaran kamera belakangnya, juga berfungsi sebagai penanda notifikasi. Plus, opsi warna baru yang dibuat seolah terlihat seperti material kulit.

Baca Juga :  iQOO 10 Pro Jadi Smartphone Pertama dengan Fast Charging 200 Watt

Kamera

Secara resolusi, versi sebelumnya memang lebih tinggi. Namun bicara soal kualitas, kamera depan Reno7 vs Reno6 tentu dimenangkan generasi lebih baru. Hal tersebut berkat penggunaan sensor Sony IMX709, yang diciptakan khusus hasil kolaborasi OPPO dengan Sony. Juga digunakan pada sang flagship OPPO Find X5 Pro.

Sensor ini bisa menangkap cahaya lebih banyak dan gunakan jenis RGBW. Sementara pada kamera belakangnya, OPPO Reno7 kehilangan sensor ultra wide-angle dan makro. Digantikan oleh sebuah sensor unik yang awalnya hanya ada di Find X3 Pro, yakni sensor mikroskopik. Bisa menangkap detail sekecil permukaan kulit maupun obyek lainnya.

Chipset

kamera Reno7 z 5g Orbit Light

OPPO Reno6 menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 720G octa-core dengan fabrikasi 8nm. Sementara Reno7 pakai chipset yang lebih baru, yakni Snapdragon 680. Meski angkanya lebih kecil, secara performa masih terasa kurang lebih sama. Tapi ada benefit lain yang bisa didapatkan.

Yakni dengan fabrikasi 6nm, membuat efisiensi dayanya lebih baik. Secara clock speed juga dibuat sedikit lebih tinggi. Ditambah dengan fitur RAM Expansion, kamu bisa memanfaatkan penyimpanan internal yang sangat luas agar proses multitasking lebih lancar.

Memori

Dengan harga yang sedikit lebih mahal, ada perbedaan kapasitas penyimpanan internal pada OPPO Reno7 vs Reno6. Yakni meningkat dua kali lipat di generasi terbaru, dari 128GB menjadi 256GB. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan lebih banyak file secara offline. Plus, tak perlu mengkhawatirkan penggunaan Memory Expansion hingga 5GB virtual RAM sekalipun.

Bila merasa tidak memerlukan memori besar, OPPO Reno6 tentu bisa tetap jadi pilihan terbaik. Lagi pula, keduanya sama-sama mendukung slot kartu microSD. Sebagai alternatif murah untuk menambah kapasitas memori sesuai dengan keperluan.

Baca Juga :  Canon EOS R5 C Diresmikan Bersama Lensa Dual Fisheye Khusus VR

Baterai

50W Flash Charge Reno7 vs Reno6

OPPO Reno6 memiliki baterai 4,300 mAh dengan dukungan 50W fast charging. Sementara di OPPO Reno7, kapasitas baterainya meningkat sedikit lebih besar menjadi 4,500 mAh, namun dengan 33W fast charging. Tinggal pilih deh, baterai lebih irit atau proses isi daya lebih kencang.

Spesifikasi lainnya kurang lebih sama. Sebut saja layar AMOLED 90Hz, sensor lengkap seperti NFC, maupun dukungan ColorOS terbaru. Dari kedua generasi ini, mana yang menurut Gizmo friends lebih layak beli?