Peningkatan OPPO Reno8 5G dari Generasi Sebelumnya, Makin Jago Foto Portrait

Jakarta, Gizmologi – Dalam peluncuran total empat seri OPPO Reno8 Series terbaru, ada dua varian yang bakal bisa dibeli oleh konsumen saat ini. Dari kedua varian tersebut, peningkatan OPPO Reno8 5G bisa dibilang cukup signifikan bila dibandingkan generasi sebelumnya, Reno7 5G.

Tak seperti varian 4G, OPPO Reno8 Series 5G tampil dalam desain yang sepenuhnya berbeda—kecuali OPPO Reno8 Z 5G yang perbedaannya hanya minor, begitu pula dengan spesifikasi yang dibawa. Namun semua lini smartphone OPPO terbaru hadir bawa ColorOS terbaru, dan dijanjikan mendapat ColorOS 13 yang bawa perubahan signifikan baik dari segi fitur maupun tampilan.

Baca juga: OPPO Resmi Kenalkan ColorOS 13, Siap Hadir ke 60 Seri Smartphone & Tablet

Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari generasi sebelumnya, apakah peningkatan OPPO Reno8 5G membuatnya lebih layak dipilih sebagai smartphone Rp7-8 jutaan terbaru di semester kedua tahun 2022 ini? Berikut empat peningkatan yang menurut kami paling signifikan.

Dual Flagship Sony Sensor

peningkatan OPPO Reno8 5G

Sebelumnya, OPPO Reno7 5G membawa setup kamera yang cukup berkualitas. Sensor kamera depannya beresolusi 32MP, sementara di belakang, ada sensor utama 64MP Omnivision. Meski bukan rilisan Sony, hasil fotonya berkualitas berkat peningkatan berbasis AI dan algoritma khusus rancangan OPPO sendiri. Lalu bagaimana dengan kamera Reno8 5G?

Bisa dibilang, peningkatan OPPO Reno8 5G yang paling signifikan ada di bagian ini. Di mana OPPO sematkan tak hanya satu, namun dua sensor flagship dari Sony—salah satunya dirilis hasil kolaborasi antar kedua vendor secara eksklusif, untuk hasilkan kualitas swafoto alias selfie terbaik dari kamera depan.

Baca Juga :  BNB Chain Gaet Google Cloud Buat Garap Web3 dan Blockchain

Kamera depan OPPO Reno8 5G mengusung sensor Sony IMX709 dengan mekanisme RGBW, bisa tangkap 60% lebih banyak cahaya dan di saat bersamaan 35% lebih minim noise. Sudut pandangnya juga tergolong lebar, sehingga mudah untuk menangkap pemandangan lebih luas atau foto bersama lebih banyak orang.

Nah, walaupun turun secara resolusi, sensor utama 50MP di belakang kini gunakan Sony IMX766 yang notabene dipakai di smartphone flagship, termasuk Find X5 Pro. Dengan ukuran piksel besar, kualitas foto dan video malam jauh lebih baik. Kedua sensor flagship Sony di Reno8 5G juga mendukung DOL-HDR, alias efek HDR yang berjalan real-time.

80W SuperVOOC Lebih Instan

baterai OPPO Reno8 5G

Dengan kapasitas baterai yang masih sama, smartphone terbaru OPPO yang hadir menjelang akhir tahun 2022 ini bisa terisi hingga penuh dengan waktu yang lebih singkat. Ya, peningkatan OPPO Reno8 5G yang kedua ada pada teknologi fast charging-nya, yakni meningkat dengan 80W SuperVOOC.

Ini adalah teknologi kedua yang lagi-lagi diturunkan dari sang flagship. Total waktu pengisian dayanya jadi berkurang 3 menit, membuatnya bisa terisi hingga 100% tak sampai 30 menit. Yang lebih penting adalah kecepatan dalam menit-menit awal. Di mana Reno8 5G bisa terisi 50% dalam 11 menit saja. Bahkan pengisian 5 menit diklaim cukup digunakan untuk bermain gim selama 2 jam.

Dengan begitu, pengguna tak perlu menunggu terlalu lama, terutama ketika sedang kehabisan baterai dan harus lanjut bepergian untuk aktivitas luar ruangan yang padat. Cukup menunggu kurang lebih 10 menit, dan baterai sudah terisi untuk penggunaan seharian penuh.

Chipset Lebih Kencang

Meski performa OPPO Reno7 5G masih tergolong mumpuni hingga saat ini, OPPO gunakan seri cip MediaTek Dimensity lebih bertenaga untuk Reno8 5G. Yakni seri Dimensity 1300, yang memiliki satu inti “prime-core” Cortex-A78 hingga kecepatan 3GHz. Alias clock speed yang jauh lebih tinggi dibandingkan milik Dimensity 900.

Baca Juga :  Samsung Tech Institute Buka Vokasi Buat Siswa SMK di Indonesia

Seberapa jauh peningkatannya? Hingga 40% untuk kinerja CPU dan 106% untuk kinerja grafis. Tanpa membuat konsumsi daya lebih boros, karena sama-sama menggunakan proses fabrikasi 6nm. Performanya juga bakal lebih terjaga, berkat Super-Conductive VC Liquid Cooling System yang lebih luas hingga 2,5 kali dibandingkan Reno7 5G.

Tak sampai di situ, peningkatan OPPO Reno8 5G dalam sektor performa juga bakal terjamin hingga jangka Panjang, berkat sertifikasi khusus dari TUV dan AI System Booster. Smartphone ini telah berhasil meraih skor A untuk TUV SUD 36-month fluency. Artinya, performa bakal tetap kencang hingga pemakaian tiga tahun ke depan.

Desain Baru, Lebih Ramping

harga OPPO Reno8 5G

Kalau OPPO Reno7 5G tampil dengan desain yang kurang lebih sama sejak Reno4 Series, OPPO Reno8 5G gunakan desain yang secara total dibuat berbeda. Langsung terlihat dari bodi belakangnya, di mana modul kamera memiliki lekukan yang kontinyu, karena gunakan teknik unibody. Plus keempat sisi samping yang dibuat flat.

Walaupun tonjolan kameranya terlihat besar, sejatinya dimensi OPPO Reno8 5G dibuat sedikit lebih tipis, hanya 7,67mm saja. Dipadukan dengan bobot 179 gram, membuatnya mudah dibawa ke mana-mana. Tak perlu case tambahan karena permukaan OPPO Glow yang dirancang tahan gores dan sidik jari.

Itulah empat peningkatan OPPO Reno8 5G yang paling signifikan. Ada sejumlah inovasi yang diturunkan dari sang flagship, sehingga konsumen tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati pengalaman menggunakan sensor kamera flagship atau teknologi pengisian daya cepat.