Metaverse Cafe Kreasi Talenta Digital Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Meta mendukung para kreator gaming dan talenta digital untuk membagikan pengalaman imersif melalui metaverse cafe. Dalam tren itu, Indonesia pun ikut berlomba-lomba terjun untuk menjajal dan menciptakan metaverse yang diinginkan dengan menyatukan realitas dan ruang virtual.

Manajer Kemitraan Gaming untuk Meta di Indonesia Stelliana Siswanto mengatakan, Metaverse didefinisikan sebagai ruang virtual yang terasa seperti realitas nyata, tidak hanya diakses lewat layar tapi bisa terasa seperti lingkungan nyata untuk bermain, bekerja, hingga bersosialisasi.

“Evolusi teknologi menuju metaverse akan membantu orang-orang, termasuk kreator gaming untuk selangkah lebih awal merasakan bagaimana metaverse dapat memberikan pengalaman imersif saat berinteraksi dengan komunitas,” kata Stelliana dalam diskusi bersama salah satu kreator gaming Luthfi Halimawan, Sabtu (6/8).

Indonesia pun termasuk menjadi salah satu negara yang mulai melihat metaverse sebagai teknologi yang perlu dikembangkan. “Kita masih dalam tahap awal dalam perjalanan #menujumetaverse, dan kami akan terus mendorong kreator gaming untuk memanfaatkan potensi metaverse dan memberikan dampak ekonomi bagi komunitas.”

Tak terkecuali dari sektor gaming yang menjadi babak baru bagi para gamers. Hal itu karena para pemain game berpotensi merasakan pengalaman baru dan berbeda dari teknologi game masa kini.

“Metaverse akan membuat pengalaman bermain game menjadi tidak biasa dan jauh berbeda dari apa yang saat ini kita rasakan. Pengalaman imersif yang diberikan oleh metaverse akan membuat seolah-olah kita dapat menjadi bagian dari game tersebut,” ujar Luthfi.

Meta hingga 7 Agustus 2022 menghadirkan pengalaman bagi masyarakat di Ibu Kota Jakarta untuk merasakan gerbang dari metaverse lewat Metaverse Cafe di Titik Temu M Bloc Space. Ada sepuluh kreator yang membagikan kisah unik mereka disertai 20 pengalaman Augmented Reality (AR) yang bisa dicoba langsung oleh masyarakat.

Baca Juga :  Jababeka Bakal Hadirkan Correctio Kawasan ala Silicon Valley Indonesia

Baca Juga: Meta Hadirkan Cafe Rasa Metaverse, Turut Siapkan Kreator AR di Indonesia

Pengalaman Imersif di Metaverse Cafe

Adapun efek AR itu dibuat oleh kreator-kreator Spark AR muda yang tergabung dalam program Metavolution, sebuah program bootcamp kolaborasi antara Meta dan Hacktiv8 menyiapkan talenta digital untuk menyambut metaverse.

Meta juga mengungkapkan strategi dalam menyiapkan talenta digital metaverse di Indonesia, dimulai melalui menggalang kreator teknologi Augmented Reality (AR) hingga menyiapkan pameran sebagai gerbang awal menuju era tersebut.

“Kalau kita bicara metaverse saat ini, banyak yang mengira metaverse saat ini sudah ada. Seringkali juga dikaitkan dengan VR (virtual reality). Hal itu tidak salah tapi kurang tepat karena metaverse yang ingin dibangun meta baru akan hadir lima hingga sepuluh tahun dari sekarang,” kata Country Director untuk Meta di Indonesia Pieter Lydian

Untuk itu Meta memandang kreator konten dan kreator Spark AR nantinya akan memainkan peranan besar dalam membentuk metaverse. Di Asia Pasifik sendiri diperkirakan akan menjadi salah satu dari lima pemain besar yang menghadirkan Augmented Reality (AR) imersif di metaverse.

“Kami terus berkolaborasi dengan mitra kami untuk menjalankan program edukasi dan pelatihan untuk membekali para kreator Spark AR muda di Indonesia kemampuan yang lebih baik agar dapat membawa manfaat kepada pelaku bisnis dan komunitas,” ujar Manager Program AR/VR APAC Meta Trimikha Valentius.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News