Palang Merah Indonesia Kini Gunakan GoSend Portal Untuk Kirim Kantong Darah

Jakarta, Gizmologi – Dengan adanya beragam aplikasi seperti platform layanan kesehatan, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan terkait hal tersebut lebih mudah dan praktis. Namun tak hanya itu saja, sejumlah pihak juga ikut bekerja sama untuk tingkatkan kinerja layanan yang saling menguntungkan. Kali ini giliran layanan pengiriman GoSend dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Menjadi salah satu bagian layanan dari platform on-demand Gojek, GoSend tentunya telah menjadi andalan masyarakat untuk berkirim barang. Terutama pada masa bulan Ramadan saat ini, tak sedikit dari kita yang berbagi hampers untuk merayakan momen kebersamaan. Namun hal seperti pengiriman transfuse darah untuk mereka yang membutuhkan juga tentu tak kalah penting.

Sehingga keduanya baru saja menjalin kerja sama dalam pengiriman transfusi darah agar cepat serta aman, melalui layanan GoSend Portal. Penandatanganan kerja sama (MoU) atas hal ini telah dilaksanakan sejak 25 April lalu, secara langsung oleh pihak GoTo dan Ketua Palang Merah Indonesia provinsi DKI Jakarta, H. Rustam Effendi.

Diharap Mampu Penuhi Kebutuhan Palang Merah Indonesia

GoSend x Palang Merah Indonesia

“Tujuan kerja sama dengan PMI adalah memperkuat sinergi untuk pelayanan publik,” jelas Shinto Nugroho, Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik GoTo dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi Selasa (26/4). Ia menambahkan, layanan GoSend yang reliabel dan tersedia 24/7 bakal cocok untuk mengakomodir kebutuhan dari Palang Merah Indonesia.

Pihak Palang Merah Indonesia tentu juga turut mengapresiasi terjalinnya kerja sama kedua pihak. “Kebutuhan darah di DKI Jakarta per hari dapat mencapai 1000 hingga 1200 kantong darah untuk membantu sekitar 180 rumah sakit di Jakarta. Adanya kebijakan PSBB membuat kegiatan donor darah di instansi-instansi menurun bahkan sampai dengan 90% turun pada puncak pandemi,” tambah Rustam.

Baca Juga :  Bisa Dibeli, Ini Empat Fitur Premium Galaxy A23

Untuk itu, penting bagi pihak Palang Merah Indonesia untuk perkuat jalur distribusi, agar bisa mendukung tugas kemanusiaan yakni memenuhi kebutuhan darah kepada masyarakat. Kolaborasi yang dijalin untuk jangka panjang ini diharapkan bisa berikan manfaat holistik kepada publik dan juga pihak Palang Merah Indonesia, demi penuhi kebutuhannya.

Bersamaan dengan diresmikannya kerja sama kedua pihak, pihak Gojek turut meramaikan dengan mengajak 300 mitra driver Gojek, untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Yang kemudian mendapat pembagian takjil dan sembako.

Mitra Driver Diberikan Pelatihan Khusus

GoSend x PMI

Mulai saat ini, pihak Palang Merah Indonesia bisa mendapatkan akses layanan GoSend melalui GoSend Portal—sebuah halaman situs yang terbebas dari perubahan tarif ramai, alias surge price yang biasa kita alami saat sedang hujan atau jam sibuk. Tampilan situs juga dirancang mudah digunakan, dengan fitur penyimpanan alamat tujuan dan rekam jejak pemesanan.

Pemesanan atau order lewat GoSend Portal bisa digunakan untuk pengambilan tas khusus dari Rumah Sakit yang lakukan permintaan ke Palang Merah Indonesia, atau pengantaran darah ke RS yang dituju. Mitra GoSend juga diberikan pelatihan khusus prosedur distribusi, agar kualitas dan keamanan kantong darah terjaga.

Ke depannya para Mitra GoSend juga bakal mendapatkan pelatihan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan dari pihak Palang Merah Indonesia. “Sebagai garda terdepan di ruang publik, kami harap mitra Gojek dapat menjadi perpanjangan tangan dan agen kebaikan yang dapat diandalkan oleh masyarakat,” tutup Shinto.