Meta Mulai Jualan Pakaian Virtual Buatan Prada, Balenciaga, hingga Thorn Browne

Jakarta, Gizmologi – Meta mengembangkan bisnisnya ke dunia fashion dengan meluncurkan fashion marketplace digital pertamanya. Lewat jejaring sosialnya itu, Meta mulai menjual produk pakaian virtual rancangan desainer kelas dunia seperti Prada, Balenciaga, hingga Thorn Browne.

Nantinya pakaian virtual ini bisa dikenakan sebagai avatar di Metaverse. Kerja sama ini merupakan langkah untuk meningkatkan kualitas produk di toko digital.

“Fashion pada akhirnya adalah bentuk senin dan ekspresi diri,” ujar CEO Meta, Mark Zuckerberg saat mengumumkan platform digital tersebut, Sabtu (18/6/2022).

Dikutip dari Reuters, produk- produk mode virtual itu akan dijual dengan kisaran harga USD 2.99 hingga USD 8.99 atau setara Rp44.000 hingga Rp133.000. Harga itu tentu jauh lebih murah dari pakaian asli yang di dunia nyata oleh para jenama global tersebut.

Misalnya seperti Tas kulit burung unta Matinee dari Prada yang dijual dengan harga USD 10.700 atau setara Rp158 juta kini bisa didapatkan dengan harga yang sangat rendah. Menurut Mark Zuckeberg, kehadiran penjualan produk fesyen virtual itu dapat menjadi salah satu cara untuk membangun potensi pasar virtual lebih terbuka dan menjual lebih banyak pakaian digital.

Baca Juga: Meta Perkenalkan Sistem Keamanan Data Pengguna Lewat Privacy100

Brand Fashion dan Pakaian Virtual di Meta

Pakaian Virtual

Avatar merupakan salah satu cara Meta untuk menghubungkan identitas pengguna di Facebook, Instagram, dan layanan lainnya, karena semakin mengikat platform bersama dan mengarahkan untuk membangun “metaverse” yang mendalam dari dunia digital.

Dengan kerjasama tersebut juga nantinya ketiga brand tersebut akan bergabung dengan Meta untuk menjual avatar yang fashionable. Cara itu dinilai bisa membuat pengguna lebih mudah untuk berhubungan dan berkumpul kapanpun.

Baca Juga :  Susul LINE Today, Layanan LINE OpenChat Indonesia Tutup 20 Juli

Perusahaan memungkinkan penggunanya yang memiliki perangkat Virtual Reality (VR) untuk menggunakan avatar itu bermain game, mengikuti kelas olahraga, bahkan berpartisipasi dalam panggilan konferensi.

Pakaian digital yang akan dijual nantinya akan tersedia di Facebook, Instagram, dan juga Messenger. Avatar VR besutan Meta diketahui telah mengalami banyak peningkatan, misalnya seperti tahun lalu avatar diciptakan lebih ekspresif dan kini tersedia dalam versi tiga dimensi.