OPPO Reno8 Z 5G Rilis Duluan di Thailand, Hadir Bawa Peningkatan Minor

Thailand, Gizmologi – OPPO Indonesia memang tengah mempersiapkan generasi terbaru dari OPPO Reno8 Series, secara perlahan tunjukkan fitur-fitur keunggulannya. Namun berbeda dengan di Thailand, OPPO Reno8 Z 5G justru sudah diresmikan. Dan sama seperti sebelumnya, jadi alternatif lebih terjangkau yang mendukung jaringan 5G.

Bila ditilik dari situs resminya, OPPO Thailand sediakan tiga varian berbeda dan seluruhnya mendukung jaringan 5G. Selain OPPO Reno8 Z 5G, juga ada Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G. Sampai saat ini, OPPO Indonesia pun belum menginformasikan berapa varian dan yang sama saja yang bakal hadir resmi. Apakah bakal ada versi 4G atau tidak.

Baca juga: Dilengkapi MariSilicon X, OPPO Reno8 Pro Tingkatkan Kemampuan Potret Malam Hari

Sebagai suksesor dari Reno7 Z 5G, OPPO Reno8 Z 5G tak bawa banyak perbedaan. Bahkan secara spesifikasi di atas kertas, terbilang masih sama persis untuk kombinasi hardware yang dibawa. Perbedaan yang terlihat ada pada bagian desainnya—terutama di bagian modul kamera belakang, serta varian warna yang diperkenalkan.

Punya Desain Kamera Sedikit Berbeda

OPPO Reno8 Z 5G

Kalau Reno8 5G & Pro 5G tampil dengan modul kamera yang menyembul dari sisi samping kiri atas bodi belakang, desain kamera belakang OPPO Reno8 Z 5G kombinasikan desain lama dan baru. Area di sekitar kamera diberikan finishing warna sedikit berbeda, dan kini lebih utuh dari ujung kiri dan atas.

Salah satu nilai jual utamanya juga tetap dibawa, yakni Dual Orbit Lights yang dapat menggantikan lampu LED smartphone lawas untuk pemberitahuan notifikasi. OPPO Reno8 Z 5G hadir dalam warna baru, Dawnlight Gold yang kombinasikan warna emas dan gradien. Disebutkan kalau material kaca belakangnya punya ketebalan 0,5mm, dengan tebal bodi 7,6mm dan bobot 181 gram.

Baca Juga :  Kacamata Baru Google Glasses Mendukung Augmented Reality

Seperti biasa, smartphone OPPO selalu diuji kualitas hardware-nya sebelum benar-benar dilepaskan ke publik. Termasuk OPPO Reno8 Z 5G yang telah berhasil lolos uji drop test 28 ribu kali, tombol power 500 ribu kali, sampai penggunaan dua pekan dalam suhu yang ekstrim. Sayangnya tanpa sertifikasi IP rating seperti pada OPPO A Series.

Harga OPPO Reno8 Z 5G Lebih Murah

OPPO Reno8 Z 5G

Lalu bagaimana dengan aspek hardware? Layar OPPO Reno8 Z 5G punya dimensi 6,43 inci dengan panel AMOLED 60Hz, ditemani sebuah kamera punch-hole 16MP dan in-display fingerprint sensor. Sudah mendukung streaming dalam resolusi HD dari platform populer, serta Eye Care Display agar lebih nyaman di mata.

Begitu juga pada sektor kamera, performa dan baterai, semuanya masih sama. OPPO Reno8 Z 5G ditenagai cip Snapdragon 695 5G dengan RAM 8GB, penyimpanan internal 128GB, baterai 5,000 mAh yang mendukung fast charging 33W. Setup kamera belakangnya pun sama-sama ada tiga sensor yang ditemani dengan sebuah lampu LED.

OPPO Reno8 Z 5G

Selain sensor utama 64MP, yang kedua di sebelahnya hanyalah 2MP depth sensor, plus satu sensor kecil untuk menangkap momen sedekat 4cm alias makro. Yang baru hanyalah versi ColorOS yang dibawa dari pabrikan, yakni sudah versi 12.1 berbasis Android 12. Tentunya, pengguna OPPO Reno7 Z 5G juga bakal mendapat pembaruan yang sama.

OPPO Thailand sendiri membuka pre-order pada 14 Agustus mendatang. Harga OPPO Reno8 Z 5G dibanderol THB12,990, atau sekitar Rp5,4 jutaan. Sementara di Indonesia sendiri, OPPO Reno7 Z 5G dijual di Rp5,999 juta.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News