OPPO Reno8 Rilis Global, Sambangi India Lebih Dulu

India, Gizmologi – Setelah beberapa pekan lalu diresmikan di negara asalnya, kini OPPO Reno8 5G Series akhirnya merambah ke negara di luar China, alias diperkenalkan secara global. Pertama di India, dua varian yang diresmikan bisa dibilang berbeda, baik secara spesifikasi maupun penamaannya.

OPPO India hadirkan OPPO Reno8 dengan spesifikasi yang sedikit ditingkatkan dari varian di negara asal, sementara Reno8 Pro adalah varian yang sama seperti Reno8 Pro Plus. Ya, memang sudah biasa bagi vendor asal Shenzhen satu ini untuk hadirkan produk dengan nama dan spesifikasi berbeda di setiap negara. Bisa jadi, akan berbeda lagi saat sambangi Indonesia.

Keduanya memiliki tampilan yang identik tentunya, di mana OPPO Reno8 membawa desain baru dengan modul kamera belakang lebih besar dan terlihat menyatu dengan bodinya. OPPO Reno8 Pro gunakan material kaca Gorilla Glass pada bagian tersebut. Dan karena jadi yang lebih mahal, setidaknya ada tiga perbedaan yang membuatnya lebih superior dari Reno8 standar.

Baca juga: Nggak Cuma Desain Keren, Sejumlah Fitur OPPO A57 Serba “Yang Pertama”

Perbedaan Reno8 & Reno8 Pro 5G di India

OPPO Reno8

Yang pertama adalah bagian layar, di mana Reno8 Pro mengusung panel flat 6,7 inci AMOLED 120Hz dengan sertifikasi HDR10+. OPPO bekerja sama dengan PUBG supaya perangkat ini mendukung mode 90Hz, plus sebuah fitur bernama Background Update di mana pengguna bisa mengunduh pembaruan di latar belakang, sembari akses aplikasi lain.

Sementara layar Reno8 versi vanilla sedikit lebih kecil di 6,4 inci, punya refresh rate 90Hz dan tanpa dukungan HDR10+. Perbedaan berikutnya ada pada chipset, di mana Reno8 Pro jalankan cip Dimensity 8100-Max yang lebih efisien daya, dibandingkan Dimensity 1300 milik varian standar. Keduanya sama-sama punya varian 8+256GB.

Baca Juga :  Kominfo Siap Bangun Pusat Data Nasional di Batam
OPPO Reno8 Pro

Setup kamera OPPO Reno8 Series global dibuat hampir identik. Kamera depannya gunakan sensor Sony IMX709 RGBW dengan autofokus dan sudut lebar 90 derajat. Di belakang, sensor utamanya gunakan Sony IMX766, dipasangkan bersama sensor ultra-wide 8MP dan makro 2MP. Namun khusus Reno8 Pro, ada ISP MariSilicon X yang bisa proses foto dan video lebih baik.

Walaupun versi vanilla hadir tanpa ISP khusus yang pertama kali digunakan di Find X5 Pro, keduanya sama-sama tampil membawa keunggulan Portrait Expert. Pengguna bakal bisa memanfaatkan mode Ultra Clear Night Portrait, alias hasilkan foto portrait lebih baik di malam hari.

Sama-sama Mendukung 80W SuperVOOC

OPPO Reno8 Pro

Kesamaan dari dua smartphone terbaru OPPO adalah kapasitas baterainya. Ya, walaupun dimensi layar berbeda, baterai OPPO Reno8 Series global sama-sama berkapasitas 4,500 mAh, dan mendukung fast charging 80W SuperVOOC. Mengisi hingga 50% diklaim membutuhkan waktu 11 menit saja. Sementara untuk para gamer, cukup isi daya 5 menit untuk bermain selama dua jam.

OPPO juga sematkan teknologi Battery Health Engine, untuk memastikan masa degradasi baterai lebih lama hingga 1600 kali proses isi daya. Dengan begitu, perangkat bakal tetap dalam kondisi prima setidaknya hingga pemakaian jangka waktu empat tahun.

Hadir resmi di India, OPPO Reno8 5G dibanderol INR29,999 atau sekitar Rp5,6 jutaan, dan mulai tersedia 25 Juli mendatang. Sementara untuk Reno8 Pro 5G, sudah lebih dulu tersedia mulai hari ini, dijual seharga INR45,999 (Rp8,6 jutaan).