Harga Rp8 Jutaan Bawa Dua Sensor Flagship

Sejak awal hadir, lini smartphone OPPO Reno memang ditujukan untuk mereka yang ingin hasilkan kualitas portrait terbaik. Tidak terasa kini sudah memasuki generasi kedelapan, dan OPPO Reno8 5G bisa jadi salah satu smartphone OPPO paling populer berikutnya.

Ya, memang ada empat varian Reno8 Series yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Namun dari keempatnya, OPPO Reno8 5G bawa kombinasi spesifikasi yang menarik. Bukan yang paling mahal, tapi membawa sensor kamera depan, kamera belakang, sampai teknologi pengisian daya langsung dari sang flagship.

Dan tentunya, desain yang sepenuhnya baru bakal memikat para konsumen yang tertarik untuk upgrade, atau pindah dari smartphone lawasnya. Meski masih punya sejumlah kekurangan, fitur-fitur esensial yang dihadirkan lewat OPPO Reno8 5G kini semakin berkualitas. Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

OPPO Reno8 5G

Ingin smartphone OPPO dengan tampilan baru tapi tidak punya budget berlebih untuk varian Pro? OPPO Reno8 5G adalah jawabannya. Kalau dua varian lainnya hanya berbeda pada opsi warna, desain bodi belakang smartphone ini tampak berbeda.

Modul kameranya baru dan dibuat cukup besar, dengan lekukan yang menyatu bersama bagian lain alias unibody. Masih gunakan lapisan OPPO Glow, sehingga bisa pancarkan banyak warna, sekaligus tahan gores maupun bekas sidik jari. Tak lagi silver, warna Shimmer Gold yang saya gunakan lebih dominan terlihat warna emasnya, meski masih kalem.

Dibandingkan yang lama, ketebalannya berkurang sedikit menjadi 7,67mm. Sementara bobotnya masih kurang dari 180 gram, dan kombinasi keduanya membuat smartphone ini mudah digenggam, dibawa, sampai dimasukkan ke kantong celana yang cekak sekalipun. Kalau memang ingin proteksi ekstra, saat menggunakan soft case pun tidak terasa terlalu tebal.

Overall, desain baru OPPO Reno8 5G berikan identitas tersendiri. Membuatnya seolah lebih fokus untuk hadirkan kemampuan fotografi terbaik, namun pada saat yang sama, juga terlihat sebagai smartphone premium yang stylish. Sesuai dengan nama varian warnanya.

Layar

Layar OPPO Reno8 5G

Memuaskan mata, meski bukan yang terbaik. Bahkan jika dibandingkan dengan tiga generasi sebelumnya, secara spesifikasi, layar OPPO Reno8 5G tidak memiliki peningkatan yang signifikan. Memang, sudah berkualitas dengan panel AMOLED 90Hz, plus lapisan Gorilla Glass 5.

Dimensi 6,4 inci juga terasa pas alias tidak terlalu besar, dan OPPO memastikan agar penggunanya bisa lakukan streaming hingga resolusi tinggi berkat sertifikasi Widevine L1. Hanya saja saya berharap ada peningkatan, semisal pada refresh rate, atau bezel bawah yang diperkecil.

Layar OPPO Reno8 5G

Sementara untuk sensor sidik jari in-display, masih tetap instan dan akurat, alias sangat mudah digunakan. Dimensi kamera punch-holenya pun tergolong mini, sehingga tak begitu menghalangi konten. OPPO juga pintar untuk membuat tampak depan OPPO Reno8 5G terlihat semakin premium, dengan pilihan always-on display artistik.

Mulai dari desain jam unik, sampai siluet foto portrait yang secara otomatis bisa dibuat langsung dari sistem. Layar OPPO Reno8 5G juga sudah nyaman digunakan di bawah sinar matahari. Ada opsi tingkatkan saturasi video lewat O1 Ultra Vision Engine, plus fitur Adaptive Sleep yang bakal membiarkan layar terus menyala selama pengguna memandang layar, memanfaatkan sensor kamera depan.

Baca Juga :  realme C30 Diresmikan di India, Android Kelas Entri Harga Rp1,4 Jutaan

Kamera

Kamera OPPO Reno8 5G

Selain desain, bagian yang cukup berbeda dan meningkat dibandingkan sebelumnya, ada pada setup kameranya. Secara hardware, OPPO gemborkan penggunaan dua sensor flagship dari Sony. Yakni seri IMX709 di depan, dan IMX766 sebagai sensor utama kamera OPPO Reno8 5G di sisi belakang.

Sensor di depan merupakan rancangan eksklusif dari OPPO dan Sony, sementara di belakang adalah sensor yang cukup umum digunakan di lini flagship, termasuk Find X5 Pro. Keduanya punya ukuran piksel lebih besar, bisa tangkap cahaya lebih banyak, serta mendukung DOL-HDR untuk pengambilan foto dengan rentang dinamis lebar lebih instan.

Kamera OPPO Reno8 5G

Untuk kualitas foto, kedua sisi kamera bisa hasilkan gambar yang memiliki detail tinggi, dengan warna yang sedikit saturated (kecuali sensor ultra-wide yang jadi sedikit pucat dan bluish). Sensor utama OPPO Reno8 5G mampu menangkap momen berkualitas di berbagai skenario, termasuk malam hari, tanpa perlu menunggu sekian detik untuk proses tangkap cahaya.

Sensor kamera depannya pun punya sudut pandang sangat lebar. Dan meski mengaktifkan mode AI Beautification, saat diperbesar, detail wajah dan rambut masih cukup detail (selama tingkatan efeknya tidak berlebihan, ya). Begitu pula saat gunakan mode portrait, separasinya tergolong baik dan tidak memperhalus semua bagian foto.

Untuk melihat sampel foto lengkap dari OPPO Reno8 5G, kamu bisa akses album berikut ini ya.

PKcXZOJgL7HMxllmz5l9sh5H7wtGAo161h68hB0894kN92TrDtOUIyqzq7IhY2ajCyJj OCWXge
Sensor ultra wide-angle, outdoor cahaya berlimpah
DQ pXK1VTd2NaB13m6fHgmKvQzBI9CGIFnbKe3Q6iclFsiCCV4h5O tDHovONVxE2RDK5rQtqZt5cVWoqAXTfoMpjbm3d95cCEqYDd5NVDv 3ODJkOfHPhwUcJRS0ToIlrgJVLZA9k=w2400
Menggunakan sensor utama
2x digital zoom
1w501 pGmh21xLRzk1T9Mqy BDVxK94oqM gTRgTAx0slV9jwn39D421KKGsgp0enqy2ByExZ6PKY JHODpxjmbHfKglD8ni 2Amy
Indoor, sore hari, cahaya sedikit gelap
L1t QMzUnzfdpTHM6mmbSIoSVTHrjAOYYvm6FXXtEDZHFAIj6ltMRPx0EL9XUiwav8Uc8Hwk0JKiN3frNGOx1MD2t2mOog 9uCsdiybgtr hqaGzs5z2ujs84aA357D02J JFE2y cA=w2400
Outdoor sore hari
0i6QrJvwJNFqwG937ze27DwOlLw4 YMmuRSPxgVe aF0XYSDGCCtsgJC35Q8fPFnGZ7ocleGI
Outdoor malam hari, pencahayaan redup, tanpa mode malam
HPeNeXViDNRVLDWXyC0cNfEZK0ApLxjlr8PfPbt7UC85 DABFbNMq2k YvRRUUjvCSunVNuh8W4BRPJIXwyCCosW0ZTF85ps5k3489ekj5HwvYHA JF2Ba3mDyzERiRpuJfqMCVImrQ=w2400
Menggunakan sensor ultra-wide, malam hari, dengan mode malam
WT LDUXY50 9mbyvSVFTEXIvfVizsrlTb1 ddtcof9ktZnV7575wdN0D tuM oHprLanLOmKVEMoz NfTCzX3sqSTz dYhGP52DOjP5YcOa8UvGi wnyRQNOHgMOmV6Lk4SaaXzlus=w2400
Menggunakan mode Bokeh Flare Portrait
znwcBoaRu4X jvEvfPtwR87f8ufGn 8H8pRQrosA0aPkmESSCrjhUhMhMg0zSwqkJ7Ae5f9pQSzjBYAYICGO6o6 VQRnHehQj1 gqaLikjZAPfi6p9LvM2vADQUhZR9h1
Menggunakan mode AI Color Portrait
tLrIuzf2FgL4ASJotEYQ FWrX
Bokeh Flare Portrait, kamera depan

Dengan chipset yang mumpuni, saya berekspektasi agak lebih tinggi pada perekaman video OPPO Reno8 5G. Sayangnya, untuk kamera depan, hanya mendukung resolusi maksimum 1080p 30fps saja, tanpa opsi 4K atau 60fps. Bagaimana dengan kamera belakang? Saat gunakan 4K 30fps, stabilisasi EIS tidak aktif.

Sayangnya, IMX766 pada OPPO Reno8 5G tak dipasangkan bersama OIS. Sehingga bila Gizmo friends inginkan video stabil, harus pada resolusi 1080p saja. Kabar baiknya, OPPO sematkan fitur AI Highlight Video yang efeknya benar-benar terlihat. Secara otomatis berikan efek HDR, atau mode malam, mengikuti kondisi dan skenario pencahayaan.

Bokeh Flare Portrait Video juga tentunya ada di OPPO Reno8 5G. Namun lagi-lagi, resolusinya bakal turun ke 720p. Yah sudah sangat cukup untuk sekadar dibagikan ke media sosial, maupun platform lain selama tidak dilihat dari layar yang super besar. Overall, mode kamera yang lengkap serta sensor berkualitas membuat smartphone ini nyaman untuk abadikan momen harian.

Fitur

OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12, dan versi ColorOS 13 dengan Android terbaru bakal menyusul di waktu mendatang alias sudah dijanjikan. Dibanding generasi sebelumnya, tidak banyak perubahan. Meski memang sudah tergolong lengkap fiturnya.

Mulai dari Omoji, fitur Air Gesture yang sekarang bisa mendukung gestur lebih banyak, sampai Multi Screen Connect yang memungkinkan pengguna OPPO Reno8 5G tampilkan konten di layar PC secara nirkabel. Tak hanya satu, bahkan bisa akses tiga aplikasi pada jendela berbeda sekaligus. Relatif lancar, meski bagian ini sangat bergantung terhadap koneksi internet ya.

Baca Juga :  UU PDP Disahkan, Pemerintah Prancis Mau Biayai Keamanan Siber Indonesia
Multi Screen Connect OPPO Reno8 5G

Untuk sektor audio, saya menyayangkan setup speaker mono yang terasa kurang di kelas harganya. Begitu juga dengan vibration motor yang standar aja, masih kurang presisi untuk diaktifkan ketika mengetik dari keyboard virtual. Tidak ada slot kartu microSD, tetapi saya tidak khawatir berkat penyimpanan internal 256GB yang lebih dari cukup.

Performa

Antutu OPPO Reno8 5G

Chipset yang digunakan pada OPPO Reno8 5G tergolong baru dan bertenaga, yakni MediaTek Dimensity 1300 yang rilis April lalu. Seperti cip flagship rilisan Qualcomm, terdapat satu inti “ultra-core”, yakni Cortex-A78 sampai 3GHz, dipasangkan dengan “super-core” dan “efficiency-core” lainnya, supaya konsumsi daya bisa lebih tepat. Ditambah proses fabrikasi modern 6nm.

Secara default, RAM 8GB pada OPPO Reno8 5G sudah “ditambah” kapasitas ekstra 3GB lewat fitur RAM Expansion. Dan dalam pengaturan begini saja, performanya memang terbilang ngebut baik buka tutup aplikasi maupun multitasking. Rasanya tidak perlu untuk memaksimalkan fitur ekspansi RAM sampai 5GB, namun opsi tersebut ada bila memang diperlukan.

RAM Expansion OPPO Reno8 5G

Saya juga salut dengan sistem pendingin smartphone ini, yang meski tipis, tak lantas membuatnya lebih cepat panas. Saya rasa berkat penggunaan material bodi yang pas, sistem pendingin yang memang dibuat lebih baik, serta optimalisasi chipset. Sedikit hawa panas hanya terasa pada bodi belakang atas, di sebelah modul kamera.

Untuk main gim pun oke, meski judul gim berat sekalipun. Hanya saja tidak semua judul “mengizinkan” sang chipset untuk menjalankan mode refresh rate tertinggi, alias terbatas di 60fps. Namun saya bisa melihat OPPO Reno8 5G sebagai smartphone gaming yang kompetitif, berkat performanya yang baik, bodinya yang ringan, serta sektor baterai yang juga impresif.

Baterai

80w SuperVOOC OPPO Reno8 5G

Dibandingkan dengan yang sebelumnya, kapasitas baterai OPPO Reno8 5G memang masih sama, yakni 4,500 mAh. Padahal dimensinya sedikit lebih tipis, dan punya kecepatan pengisian daya lebih kencang. Dan dengan chipset yang juga lebih kencang, daya tahan untuk harian masih tergolong sama seperti dulu, dalam artian positif.

Lepas charger sejak pukul 9 pagi, baterai OPPO Reno8 5G masih bisa bertahan sampai keesokan paginya. Sudah termasuk dengan penggunaan akses medsos cukup intensif plus kamera (mengingat sensor utamanya berkualitas, jadi otomatis lebih sering ambil foto/video). Fitur sleep standby optimization yang secara default nyala membantu supaya smartphone tak kehabisan baterai meski ditinggal tidur semalaman.

Paginya, otomatis langsung isi daya lewat 80W SuperVOOC, diturunkan langsung dari flagship terbaru OPPO. Tak secepat klaimnya, memang, tapi setidaknya saya bisa capai penambahan kurang lebih 40% dalam waktu 10 menit. Kalau 30 menit, sudah melebihi 90%, dan membutuhkan ekstra 10 menit lagi sampai penuh.

Kalau sudah terbiasa pakai teknologi SuperVOOC di Reno8 Series 5G, sulit untuk kembali ke teknologi isi daya konvensional. Benar-benar mengubah kebiasaan, dan sangat mendukung kegiatan aktif para penggunanya. Cukup habiskan waktu beberapa menit saja untuk daya yang awet satu hari kemudian.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Reno8 5G

Istilahnya, kalau mau dicari kekurangannya, kamu bisa sebutkan cukup banyak dari spesifikasi smartphone ini. Tidak ada IP rating, kamera tanpa OIS, speaker mono, layar yang belum 120Hz dan lainnya. Namun apakah lantas membuat OPPO Reno8 5G tidak layak beli? Tidak begitu.

Baca Juga :  Logitech Lift, Mouse Vertikal Ergonomis Harga Rp1,2 Jutaan

Seperti yang saya sebutkan di awal, fitur-fitur esensialnya kini semakin ditingkatkan. Kualitas foto dan video portrait lebih baik dari yang sudah baik, pengisian daya makin instan dari yang sebelumnya sudah cepat, performa kencang, dan desain baru yang menyegarkan. Beberapa di antaranya adalah fitur flagship, diturunkan ke sebuah smartphone seharga hampir Rp8 juta.

Lagi lagi, bergantung dari kebutuhan Gizmo friends. Bila dirasa peningkatan fiturnya bakal mempengaruhi penggunaan smartphone sehari-hari (dan merasa kekurangannya merupakan hal minor), tidak salah kalau OPPO Reno8 5G jadi pilihan smartphone 5G kelas menengah ke atas terbaik saat ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G - APS
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
OPPO Reno8 5G

Released
15 Agustus, 2022

Status
Available

Price
Rp7.999.000

Platform


Chipset
MediaTek Dimensity 1300 5G (6 nm)

CPU
Octa-core (1×3.0 GHz Cortex-A78 & 3×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU
Mali-G77 MC9

RAM (Memory)
8GB (+5GB RAM Expansion)

Storage
256GB

External Storage

Operating System
Android 12

User Interface
ColorOS 12.1

Design


Dimensions
160 x 73.4 x 7.67 mm

Weight
179 gram

Design Features
OPPO Glow, Unibody Design
Warna: Shimmer Black, Shimmer Gold

Battery
4.500 mAh
80W SuperVOOC
50% in 11 mins

Display


Screen Type
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Size and Resolution
6.4″, full HD+ 2400×1080 pixels (409 ppi)

Touch Screen
Capacitive Touchscreen

Features
Single punch hole camera
90Hz refresh rate
180Hz touch sampling rate
SGS Eye Care
Gorilla Glass 5
O1 Ultra Vision Engine

Network


Network Frequency
GSM / HSPA / LTE / 5G

SIM
Dual-SIM

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
50MP Sony IMX766, f/1.8, 23mm (wide), 1/1.56-inch, 1.0µm, multi-directional PDAF 8 MP, f/2.2, 16mm, 112˚ (ultrawide), 1/4.0-inch, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro)

Front
32MP f/2.4

Flash
Yes

Video
Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 4K/30fps; [email protected]/30fps; [email protected]/30fps

Camera Features
AI Highlight Video
Live HDR Video
Ultra Night Video
Ultra Steady Video 3.0
Ultra Dark Mode
AI Color Portrait Mode
Bokeh Flare Portrait
Portrait Beautification Video
Monochrome Video
Slow Motion : [email protected], [email protected], [email protected], and [email protected]

Connectivity


Wi-fi
WLAN 2.4G / WLAN 5.1G / WLAN 5.8G, WLAN Display

Bluetooth
5.3, A2DP LE, aptX HD

USB
2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
– Three finger translate with Google
– Gaming shortcut mode
– Bullet screen message

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5

Messaging
SMS, MMS, Online

Sensors
Fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum