Perbedaan OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G, Punya Sensor Kamera Depan Flagship

Jakarta, Gizmologi – Sebentar lagi, OPPO Reno8 Series bakal dijual secara resmi untuk masyarakat Tanah Air. Bakal ada empat varian yang hadir, alias lebih banyak dari sebelumnya. Kali ini, kita akan melihat perbedaan OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G, opsi paling terjangkau dalam tiap generasi.

Ya, setidaknya bakal ada empat varian OPPO Reno8 Series yang diluncurkan awal pekan depan. Masing-masing adalah Reno8 Pro 5G, Reno8 5G, Reno8 Z 5G dan Reno8 4G. Belum termasuk produk IoT yang juga bakal hadir dalam waktu bersamaan-salah satunya adalah tablet OPPO pertama yang bakal hadir resmi ke Indonesia.

Baca juga: OPPO Adakan Kampanye 77 Portrait Anak Bangsa, Diambil Menggunakan Reno8 Series

Tablet tersebut merupakan OPPO Pad Air, membawa tampilan yang stylish dan salah satu chipset terbaru dari Qualcomm. Lalu bagaimana dengan penawaran terbaru dan varian termurah untuk smartphone OPPO pekan depan? Berikut komparasi antara OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G yang perlu Gizmo friends ketahui, sebelum memutuskan untuk membeli.

Desain Sama, Opsi Warna Berbeda

Harga OPPO Reno7 4G
OPPO Reno7 4G

Bisa dilihat secara bersebelahan, OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G memang terlihat sangat mirip. Baik dari segi dimensi, lekukan bodinya, sampai modul kamera belakangnya. Sama-sama memiliki profil tipis khas smartphone OPPO. Dan tak hanya tampil cantik, sekaligus dirancang lebih tahan gores dan tahan sidik jari berkat permukaan OPPO Glow.

Sama-sama hadir dalam opsi warna hitam yang terlihat mirip, opsi warna kedua pada masing-masing OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G dibuat berbeda. Kalau yang sebelumnya Sunset Orange, kali ini OPPO Reno8 4G tampil lebih cerah dengan warna Dawnlight Gold. Apa yang membuatnya menarik?

Baca Juga :  Hogwarts Legacy Ditunda Hingga Awal Tahun 2023
OPPO Reno8 4G vs Reno7 - 001
OPPO Reno8 4G Dawnlight Gold

Walaupun bisa tampilkan warna gradasi yang cukup kaya, OPPO Reno8 4G Dawnlight Gold tak sama dengan Reno7 Z 5G maupun Reno7 5G yang juga punya warna gradasi serupa. Saat tidak terpancar matahari, keseluruhan bodinya lebih terlihat seperti warna emas yang tidak terlalu dominan. Atau sedikit kebiruan dalam cahaya lampu indoor. Cerah, namun saat yang bersamaan juga cukup kalem dilihat.

Ketebalannya masih sama-sama 7,49mm. Sedangkan untuk berat, naik 1 gram pada OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G, mungkin berkat proses finishing yang berbeda sehingga membutuhkan lapisan tambahan untuk sempurnakan layer gradasi warna bodi belakangnya.

Spesifikasi OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G

OPPO Reno8 4G vs Reno7 - 001

Di atas kertas, bisa dibilang tidak ada perbedaan spesifikasi antara OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G. Mulai dari setup layar depan, ketiga sensor kamera belakang, sampai kapasitas baterai teknologi pengisian daya yang dibawanya. Namun pada sebuah acara yang digelar beberapa waktu lalu, Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia menginformasikan perbedaan tidak tertulis.

Dalam acara media launch OPPO Reno8 Series yang digelar di OPPO Gallery Gandaria City (11/8), ia mengatakan kalau baik OPPO Reno8 4G & Reno8 Z 5G memiliki peningkatan pada dimensi sistem pendingin fisik. Artinya, hardware tersebut bisa lebih efektif menjaga suhu perangkat, yang berpengaruh terhadap performa selama penggunaan sampai bermain gim.

OPPO juga terus bekerja sama secara mendalam dengan Qualcomm untuk maksimalkan kinerja chipsetnya—dalam hal ini cip Snapdragon 680 yang ada pada Reno8 4G. Sehingga meski secara spesifikasi OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G, bisa jadi ada peningkatan performa secara menyeluruh, meski belum diketahui seberapa signifikan.

Baik OPPO Reno8 4G vs Reno7 4G sama-sama mengusung sensor kamera flagship pada bagian depan, yakni Sony IMX709 Ultra-Sensing hasil kerja sama OPPO dengan Sony. Sensor tersebut sama seperti yang ada pada seri Find X5 Pro, memiliki sudut pandang lebar dan bisa menangkap cahaya jauh lebih banyak berkat jenis RGBW.

Baca Juga :  Google dkk Akhirnya Terdaftar PSE Kominfo

OPPO Reno8 4G juga didukung dengan layar 6,4 inci AMOLED 90Hz, plus penyimpanan internal lega sebesar 256GB. Sementara untuk ukuran baterainya sendiri mencapai 4,500 mAh, dan sudah bisa diisi daya secara instan lewat 33W SuperVOOC. Lantas berapa harga OPPO Reno8 4G dengan spesifikasi yang mirip? Kita nantikan 15 Agustus mendatang.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News