OPPO Resmi Kenalkan ColorOS 13, Siap Hadir ke 60 Seri Smartphone & Tablet

Jakarta, Gizmologi – Sejak pertama kali Google memperkenalkan Android 13, sejumlah vendor langsung berlomba beri pengumuman kalau mereka bakal implementasi secara cepat. Salah satunya OPPO, melalui ColorOS 13 yang sudah tersedia dalam versi Beta. Lewat pengumuman resmi, akhirnya ColorOS 13 sudah diperkenalkan dalam bentuk final.

Disebut sebagai ColorOS 13 Global Version, ada cukup banyak peningkatan termasuk secara tampilan antarmuka. Ini merupakan hasil kombinasi dari Material You terbaru milik Google, serta pihak OPPO yang pakai bahasa desain baru—disebut dengan Aquamorphic Design. Lebih hemat baterai, lebih kencang, dan bisa lebih saling terhubung.

Tentunya, pemilik flagship OPPO terbaru bakal menikmati privilese untuk menjajal ColorOS 13 lebih dulu. Namun jangan khawatir—OPPO sudah menyiapkan roadmap terkait kapan pembaruan perangkat lunak ini bakal hadir ke setidaknya 60 ser smartphone dan tablet OPPO. Tidak hanya kelas premium, bahkan sampai OPPO A Series paling terjangkau.

Baca juga: Menjajal Kamera OPPO Reno8 5G, Gunakan Sensor Flagship

ColorOS 13 Lebih Ramah Daya, Khususnya Fitur AOD

ColorOS 13 - AOD

Lewat sebuah rilis yang ditayangkan langsung dari halaman OPPO Newsroom, dijabarkan secara lengkap perubahan yang dibawa melalui ColorOS 13. Ada font baru yang dirancang agar pas untuk semua bahasa, UI yang dibuat lebih mulus nan inklusif, serta animasi yang lebih konsisten. Bagi pengguna smartphone OPPO dengan layar AMOLED, juga bakal mendapat benefit khusus.

Ada opsi AOD baru “Homeland” yang tampilkan skenario hewan liar pada alam, berubah-ubah menyesuaikan suhu. Opsi Bitmoji dan akses Spotify juga akan tersedia, sehingga bisa akses secara cepat. Dan agar 30% lebih hemat daya, AOD pada ColorOS 13 mendukung refresh rate 1Hz pada smartphone OPPO yang pakai panel AMOLED LTPO2.

Baca Juga :  Harga Redmi 10A Resmi Indonesia, Dua Kamera Mulai Rp1,5 Juta!
ColorOS 13

Terkait performa, ada Dynamic Computing Engine yang debut lewat ColorOS 13. Solusi berbasis software satu ini ditujukan untuk menghemat baterai dan mungkinkan aplikasi untuk tetap berjalan di latar, sehingga perpindahan antar aplikasi lebih instan. Ada juga Meeting Assistant, otomatis prioritaskan sambungan internet saat sedang lakukan panggilan video & minimalisir distraksi dari notifikasi.

Mengingat tablet seperti OPPO Pad Air juga baka resmi hadir, OPPO hadirkan fitur Multi-screen Connect ke ColorOS 13. Pengguna nantinya bisa sambungkan smartphone tak hanya ke desktop PC, namun juga tablet OPPO secara nirkabel, mungkinkan perpindahan file antar perangkat.

Punya Fitur Blur Foto & Nama Otomatis dalam Screenshot

ColorOS 13

Bagaimana dengan fitur keamanannya? Turut implementasikan sistem keamanan Android 13, ColorOS 13 bakal hapus teks pada clipboard otomatis setelah periode tertentu, serta tersambung ke Wi-Fi tanpa harus menyertakan data lokasi perangkat secara presisi. Suka ambil tangkapan layar (screenshot)? Ada fitur Auto Pixelate yang sejatinya cukup simpel, namun bakal sangat bermanfaat.

ColorOS 13

Memanfaatkan algoritma khusus, Auto Pixelate bisa mengenali informasi pribadi seperti foto profil dan nama dalam screenshot sebuah chat, dan otomatis memburamkan (berikan efek blur) pada dua info sensitive tersebut hanya dengan satu sentuhan. Lalu kapan Gizmo friends bisa mengunduh ColorOS 13?

Seperti pada gambar di atas, OPPO Find X5 Series bakal mendapatkan ColorOS 13 mulai bulan ini. Lalu ke 33 seri smartphone OPPO lainnya sepanjang tahun 2022, dan lanjut sampai semester pertama 2023 ke lebih banyak seri lainnya. Mulai OPPO Reno5 Series hingga yang terbaru, Find X2 Series, bahkan sampai OPPO A16s yang notabene merupakan perangkat kelas entri.