Earphone TWS Harga Rp300 Ribuan Berkualitas

Selain memperkenalkan Reno8 Series terbarunya, OPPO Indonesia juga hadirkan dua seri earphone TWS baru untuk konsumen. Dari kedua opsi yang ada, kehadiran OPPO Enco Buds 2 cukup membuat saya kaget. Karena harganya yang jauh lebih murah dari generasi sebelumnya.

Setelah menjajal beberapa seri Enco sebelumnya, OPPO memang bisa hadirkan earphone tanpa kabel berkualitas, namun cenderung untuk seri kelas menengah dan flagship-nya saja. Jadi ketika OPPO Enco Buds 2 hadir, saya agak khawatir, “wah, apa ya yang dipangkas?” Kabar baiknya, justru lebih baik dari yang lama.

OPPO Enco Buds 2 adalah earphone TWS yang sederhana, tak memiliki banyak fitur spesial. Tapi fitur esensial seperti mikrofon, kualitas audio, dan daya tahan baterainya cukup sempurna di kelasnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Review OPPO Reno8 5G: Desain Baru, Makin Mendekati Flagship

Desain

OPPO Enco Buds 2

Secara dimensi, tiap earbud memang agak sedikit besar ketika dilihat saat sudah terpasang. Meski sejatinya cukup ringan, hanya 4 gram saja. Untungnya, OPPO Enco Buds 2 terasa nyaman digunakan sepanjang hari, juga tidak mudah lepas meski digunakan sembari beraktivitas—tentu kamu harus memilih ukuran eartip yang pas lebih dulu, karena juga berpengaruh besar terhadap kualitas audio.

Earbud milik OPPO Enco Buds 2 juga sudah punya sertifikasi IPX4, jadi aman untuk olahraga atau sesekali terkena air secara tidak sengaja. Baik charging case dan earbud sama-sama berwarna putih glossy, jadi cukup efektif untuk menyamarkan bekas sidik jari walaupun mengkilap. Yang bisa dianggap sedikit kurang, mungkin desain yang sudah terlihat generik ya.

Tapi ketika menggunakannya, saya cukup paham kenapa OPPO Enco Buds 2 mengusung desain dengan stem seperti ini, karena bisa hasilkan kualitas audio prima dan baterai awet (saya bahas lebih jauh di bawah). Setidaknya, charging case didesain cukup manis dan ramping, jadi mudah dibawa di kantong celana. Tanpa ada tombol, hanya ada port USB-C plus lampu indikator di bagian bawah.

Baca Juga :  Migo Datang ke Serang, Nonton Film Tanpa Kuota, Iklan dan Lambat

Fitur

OPPO Enco Buds 2

Karena harganya terjangkau, saya tidak heran kalau fitur yang ditawarkan oleh OPPO Enco Buds 2 cukup sederhana. Ya, masih sangat wajar kalau perangkat ini belum mendukung active noise cancellation. Jadi untuk meredam suara dari luar, hanya secara pasif saja lewat desain earbud yang disesuaikan—yang kebetulan pas di telinga dan suara dari luar jadi tidak terlalu berisik.

Gunakan standar Bluetooth 5.2, kualitas sambungan tergolong stabil dan prima. Bila disambungkan ke smartphone yang mendukung, bisa mengaktifkan mode gaming yang dapat menurunkan latensi menjadi 94ms. Tidak “sekecil” generasi pertama di 80ms, tapi untuk permainan kasual rasanya sudah lebih dari cukup.

OPPO Enco Buds 2

Bila melihat desain earbud, ada dua lubang kecil yang peletakannya berbeda; satu lebih terlihat dari luar, satu lagi mendekati karet eartip. Artinya, ada dua mikrofon yang kemudian dibantu oleh teknologi AI Deep Noise Cancellation, supaya suara pengguna terdengar jelas tanpa merekam keramaian di sekitar. Saat digunakan untuk bertelepon, memang cukup oke di kelas harganya.

Ketika sedang berada di stasiun bus maupun MRT, saya tidak perlu berbicara ekstra kencang supaya penerima dapat mendengar dengan jelas. Terkait fitur, OPPO Enco Buds 2 masih belum memiliki sensor untuk bisa hentikan atau memulai lagu otomatis ketika masuk atau keluar telinga. Bukan masalah bagi saya, mengingat fitur ini juga saya matikan di Nothing Ear 1.

Pengoperasian

OPPO Enco Buds 2

Tak banyak vendor yang rilis earphone TWS dengan opsi pintasan gestur yang banyak. Entah mengapa, seolah mereka kurang pede bila earbud dapat menerima berbagai macam pintasan berbasis sentuhan jari. Namun tidak pada OPPO Enco Buds 2—sekali lagi mengejutkan saya karena banderol harga yang murah.

Ada banyak opsi kendali gestur yang bisa dikustomisasi. Yang umum seperti dua kali ketuk & tiga kali ketuk? Tentu saja ada. Namun yang tergolong jarang adalah satu kali ketuk untuk play/pause, dan opsi tersebut hadir di OPPO Enco Buds 2. Sentuh dan tahan juga tersedia, secara default aktif untuk mengatur volume.

Baca Juga :  Matrixport: DAO Hadir untuk Atur Cara Organisasi Beroperasi di Web3

Bahkan ketika sedang mengakses kamera, OPPO Enco Buds 2 juga bisa berfungsi sebagai tombol shutter dengan mengetuknya selama dua kali. Namun fitur ini hanya tersedia untuk smartphone OPPO yang sudah jalankan versi ColorOS 11.3 ke atas. Sementara untuk masuk ke mode pairing, perlu sentuh dan tahan kedua earbud bersamaan. Mirip seperti Samsung Galaxy Buds, dan menurut saya cukup praktis.

Kualitas Audio

OPPO Enco Buds 2

Pada halaman produk resminya, OPPO nampak cukup membanggakan kualitas audio yang bisa diberikan lewat OPPO Enco Buds 2. Masing-masing earbud memang diberikan driver dinamis dengan diameter cukup besar, mencapai 10mm dan menggunakan material titanium. Supaya dentuman bass lebih maksimal, ada teknik ekstra yang diterapkan oleh OPPO.

Yakni merancang ruang suara di dalam earbud yang dikombinasikan dengan sirkuit magnetik, diharap dapat berikan bass lebih dalam dan kuat. Ya, saya sebutkan bagian teknis ini, karena keluaran suara dari OPPO Enco Buds 2 memang benar-benar berkualitas dengan dentuman bass yang melimpah. Sangat cocok bagi kamu yang gemar mendengarkan lagu pop atau sejenisnya.

Tenang, vokal masih tidak tenggelam kok, sementara tingkat treble-nya pun cukup. Lewat aplikasi HeyMelody yang tersedia baik Android & iOS, kamu bisa mengubah preset equalizer dari standar ke “Bass Boost” dan “Clear Vocals”, disesuaikan dengan selera maupun jenis konten audio yang didengarkan.

Bila Gizmo friends mencari earphone TWS Rp300 ribuan dengan kualitas audio prima, OPPO Enco Buds 2 bisa jadi salah satu pilihan terbaik saat ini. Cukup mengejutkan mengingat perangkat ini hadir dari vendor yang cukup mainstream—umumnya dikenal dengan harga lebih mahal.

Baterai

OPPO Enco Buds 2

Karena memiliki desain fisik yang lebih besar dari generasi pertama, secara teori, OPPO dapat menyematkan baterai lebih besar karena ada lebih banyak ruang pada earbud OPPO Enco Buds 2. Tiap earbud didukung oleh baterai 40 mAh, yang diklaim bisa digunakan hingga 7 jam mendengarkan musik non-stop. Dalam kenyataannya pun memang tidak jauh dari nilai tersebut.

Baca Juga :  Kampanye Berani Bareng Noice Ajak Para Podcaster Mendukung Kebebasan Bersuara di Ruang Digital

Sementara charging case-nya sendiri punya baterai 460 mAh yang bisa berikan daya total sampai 28 jam. Durasi penggunaan OPPO Enco Buds 2 bisa dibilang di atas rata-rata, baik untuk earphone TWS murah sampai kelas flagship. Absennya fitur ANC maupun mode transparan juga “membantu” pada sektor ini.

Sudah gunakan port USB-C, mengisi daya OPPO Enco Buds 2 membutuhkan waktu cukup lama, yakni mencapai 3 jam. Namun tidak usah khawatir, karena isi daya 10 menit sudah bisa digunakan untuk memutar music selama 60 menit. Setidaknya isi daya 1-2 jam bakal sudah aman untuk penggunaan beberapa hari ke depan. Tak melulu harus sampai penuh.

Kesimpulan

OPPO Enco Buds 2

Saya bisa melihat kalau ke depannya, OPPO Enco Buds 2 bakal jadi salah satu earphone TWS murah paling populer. Harganya terjangkau, kualitas suara dan mikrofon oke, baterainya pun awet. Belum lagi bisa dibeli di mana saja, mengingat jaringan toko ritel OPPO sangat luas di Indonesia.

Memang, belum ada fitur ekstra seperti ANC, dan desainnya agak generik. Tapi tidak semua orang mencari bahkan tahu akan fitur tersebut. Beberapa orang mungkin juga merasa desain yang generik jadi nilai kelebihan, karena mirip seperti seri lain yang lebih mahal. Apa pun alasannya, OPPO Enco Buds 2 sangat layak beli.

Spesifikasi OPPO Enco Buds 2

Speaker: 10mm titanized dynamic driver per earbud
Mic: Dual mics per earbud
Warna: Moonlight
Berat: 4 gram (per earbud), 30 gram (case)
Charging port: USB-C
Baterai: 40 mAh (per earbud), 460 mAh (charging case)
Waktu Charge: 90 menit (earbud), 200 menit (charging case)
Music playback: 7 jam
Total playback: 28 jam
Konektivitas: Bluetooth 5.2, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: IPX4 tahan cipratan air
Fitur: Gaming Mode, AI Deep Noise Cancellation
Harga resmi: Rp399.000


Cek harga perangkat OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA