Open Doors, Platform Ngobrol Besutan Truecaller yang Diklaim Aman

Jakarta, Gizmologi – Setelah 13 tahun membuat aplikasi Truecaller yang cukup populer, True Software Skandinavia AB merilis mengembangkan mainan barunya. Kini perusahaan teknologi asal Swedia tersebut meluncurkan Open Doors, sebuah aplikasi percakapan audio pribadi yang diklaim aman dan terjamin.

Aplikasi yang dalam pengembangannya dikerjakan selama berbulan-bulan ini memungkinkan percakapan global yang aman secara real time dengan kendali komunikasi penuh dalam genggaman pengguna. Perusahaan kini mengarahkan target baru, menciptakan percakapan pribadi yang menyenangkan.

Baca juga: Capai 700 Juta Pengguna, Telegram Kini Hadir Versi Premium Harga Rp79 Ribuan

Nami Zarringhalam, Co-founder True Software Skandinavia AB, mengatakan saat mengembangkan Truecaller selama 13 tahun, pihaknya telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara orang berkomunikasi.

“Aplikasi baru kami, Open Doors, lahir dari pertanyaan sederhana, yaitu bagaimana kami dapat membantu orang membuat koneksi baru tanpa mengganggu? Dan yang ingin kami lakukan adalah menjembatani dunia menggunakan bentuk komunikasi yang paling alami, yakni suara kita,” kata Nami.

Open Doors saat ini sudah bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia, kawasan Asia Tenggara dan berbagai penjuru dunia. Open Doors disebut akan sepenuhnya gratis untuk digunakan dan tersedia secara global di Google Play Store & Apple App Store. Aplikasi ini bekerja dengan mulus di kedua platform smartphone tersebut.

Cara kerja aplikasi Open Doors

Open Doors aplikasi
Screenshot aplikasi Open Doors

Cara kerja Open Doors sangat sederhana. Jika kamu pengguna Truecaller, dapat masuk hanya dengan satu ketukan. Jika bukan pengguna Truecaller, nomor telepon akan diverifikasi menggunakan missed call atau OTP.

Aplikasi ini hanya membutuhkan dua izin, yaitu contacts (agar dapat berbagi Open Doors atau terhubung dengan orang-orang di kontak yang juga memiliki Open Doors) dan phone permission (agar dapat melakukan percakapan audio). Peserta dalam percakapan tidak dapat melihat nomor telepon satu sama lain.

Baca Juga :  Riset Mobile Payment Indonesia: Uang Tunai Merajai, E-Wallet Kian Diminati

Sebagai pengguna Open Doors, pengguna memiliki kendali penuh setiap saat. Misalnya dapat memulai atau menghentikan percakapan sesuka hati. Teman juga dapat bergabung dalam percakapan ketika mereka mendapatkan pemberitahuan atau dengan mengklik tautan yang dibagikan.

Saat mulai membuka aplikasi ini, antarmuka aplikasi akan tersedia dalam bahasa Inggris, India, Spanyol, Latin, dan Prancis, dengan lebih banyak bahasa yang akan ditambahkan kemudian sesuai permintaan pengguna.

Setelah teman bergabung dalam percakapan, teman-teman mereka juga akan diundang. Melalui efek jaringan, pengguna dapat segera bergabung dengan banyak orang. Perlu diingat bahwa percakapan secara real-time dan dimoderasi oleh komunitas, seperti Truecaller. Percakapan tidak direkam di mana pun dan seseorang juga tidak dapat mendengarkan.

Selain itu, beberapa inovasi yang sedang dalam pengembangan oleh tim small beta tester adalah kendali untuk mengatur circle of contacts terdekat (agar orang lain di kontak yang memiliki Open Doors tidak akan selalu mendapatkan pemberitahuan ketika memulai percakapan). Serta kendali untuk bereaksi terhadap apa yang dikatakan orang dan kontrol yang tepat ketika aplikasi memberi tahu tentang percakapan baru.